Membangun sebuah bisnis dengan brand yang terkenal memang tidaklah mudah. Anda perlu melakukan company branding dengan strategi khusus agar bisnis tersebut dikenal oleh konsumen. Pada dasarnya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam membangun company branding, namun jika sekali Anda melakukan kesalahan, maka brand image yang terbentuk akan sulit untuk dirubah. Alih-alih ingin mendapatkan brand image yang baik, justru persepsi negatif yang akan Anda dapatkan. Oleh karena itu hindari 7 hal ini ketika membangun company branding :

  1. Mendefinisikan Bisnis Tanpa Kejujuran

Ketika customer mengetahui bahwa apa yang Anda katakan tidak sesuai dengan apa yang sebenarnya Anda miliki, maka kepercayaan mereka terhadap bisnis Anda akan menurun secara drastis. Menjalankan bisnis dengan reputasi dan persepsi yang buruk di mata customer ibarat bom waktu yang akan menghancurkan bisnis Anda. Oleh karena itu sebaiknya Anda berhati-hati dalam mendefinisikan Bisnis Anda. Definisikan bisnis secara jujur dan transparan kepada customer demi meningkatkan brand image dan kepercayaan mereka.

truth

Via Giphy

 

  1. Meniru Branding Perusahaan Lain

Customer tidak akan tertarik dengan produk Anda ketika branding yang Anda lakukan meniru branding perusahaan lain. Jika ini terjadi maka mereka akan membandingkan Anda dengan para kompetitor, sehingga Anda sebagai pendatang baru akan kesulitan dalam bersaing. Untuk menghindarinya, Anda perlu melakukan research terlebih dahulu sebelum memasarkan produk Anda dan buatlah inovasi yang membuat bisnis Anda terlihat berbeda. Ketahui pula apa yang boleh dan tidak boleh ditiru dari suatu brand terkenal.

original

Via Tumblr

 

  1. Fokus Bersaing Dengan Kompetitor

Anda pasti mengetahui bahwa sebagian bisnis berfokus pada customer dan sebagian sisanya fokus untuk mengalahkan kompetitor. Untuk contohnya lihatlah bisnis marketplace, banyak sekali produk serupa yang dijual disana. Tapi siapakah yang terbukti unggul? Mereka yang memiliki inovasi dan fokus pada customer lah yang akan menguasai pasar. Jadi sebaiknya Anda melakukan company branding dengan cara yang sama seperti mereka. Lakukan analisis terlebih dahulu terhadap kompetitor Anda, kemudian buatlah inovasi baru untuk bisnis Anda. You can’t win by being better; you can only win by being different.

better

Via Giphy

 

  1. Melupakan Company Branding Secara Offline

Melakukan company branding secara online memang terbukti ampuh di era digital seperti ini. Akan tetapi company branding secara offline juga masih terbilang efektif dan akan membantu anda dalam membangun koneksi yang kuat dengan para customer. Sebagai contohnya Anda dapat bekerja sama dengan beberapa organisasi, komunitas maupun badan amal untuk membuat suatu campaign agar tercipta brand image yang baik.

campaigns

Via Giphy

 

  1. Mengabaikan Lingkungan Sekitar

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa manusia lainnya. Dalam melakukan branding pun memiliki esensi yang sama. Anda tidak bisa melakukan company branding tanpa bantuan dari pihak lainnya. Anda perlu memperhatikan eksternal party yang berada di lingkungan sekitar seperti misalnya pemerintah, lingkungan sosial, ekonomi, politik dan juga faktor teknologi.

don't care

Via Giphy

 

  1. Branding Produk Dengan Visualisasi Biasa

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, inovasi adalah kunci utama dalam melakukan company branding. Oleh karena itu ketika menggambarkan identitas bisnis Anda diperlukan branding produk yang bisa menarik minat customer. Salah satu caranya adalah dengan membuat desain logo dan kemasan produk yang sangat menarik dan terlihat tidak biasa.

Jika Anda merasa desain bukanlah bidang expertise Anda, gunakan jasa freelancer / desainer yang ahli untuk membantu Anda mendesain logo dan kemasan produk yang sangat menarik dan inovatif.

attractive

Via Missmalini

 

  1. Tidak Memanfaatkan Sosial Media Secara Maksimal

Selain sebagai media branding produk maupun branding perusahaan, ternyata Sosial media bisa juga dijadikan sebagai media komunikasi dengan para customer. Tanyakan pada mereka apa yang menjadi permasalahan saat ini dan dengarkanlah keluhan mereka. Sebaiknya Anda menjawab komentar, pertanyaan dan permasalahan mereka dengan cepat dan secara transparan.

9a90

Via Says

 

Itulah 7 hal yang harus Anda hindari ketika membangun company branding. Dengan menghindarinya, maka Anda dapat melakukan company branding secara profesional. Alhasil brand image yang Anda bangun pun akan menghasilkan persepsi baik di-mata customer dan pada akhirnya mereka akan memberikan kepercayaan yang tinggi terhadap keberadaan bisnis Anda.


Antaresa Mayuda

Antaresa Mayuda

Copywriter, Content Marketer dan Translator. Saya memiliki latar belakang pendidikan yang sangat jauh dari dunia tulis menulis, tetapi bagi saya menulis sudah menjadi bagian hidup, saya sangat menikmatinya.