Sebuah website dikatakan baik bila sudah memiliki prinsip desain website berikut ini:

Navigasi yang mudah, pemilihan warna yang pas, animasi secukupnya, layout yang sederhana, konten relevan dan mudah dibagikan, elemen desain yang menunjang branding, serta tampilan keseluruhan yang sedap dipandang.

Berikut adalah daftar 10 desain website yang buruk karena tidak memiliki prinsip diatas!

1. Uglytub.com

Uglytub

Website ini berniat untuk memberikan layanan untuk merombak kamar mandi dan dapur Anda menjadi lebih ‘cling’. Tapi sesuai dengan namanya, website ini tidak menggambarkan sesuatu yang bagus. Selain kualitas image yang rendah, kesalahan desain website ini adalah menggunakan font yang digunakan terlalu kecil. Desain website ini semakin buruk karena pemilihan kombinasi warna yang kurang cocok.

2. JamiLin.com

jamilin

Website milik Jami Lin ini membahas seputar astrologi, spiritual dan kesehatan. Namun sayangnya, website ini terlihat sangat ‘tidak sehat’ karena image, video dan link saling bertumpukan penuh sesak. Desain website ini cukup ribet sehingga menyulitkan navigasi pengunjungnya. Terlalu banyak menu dalam satu halaman membuat fokus pengunjung terganggu.

3. MrBottles.com

MrBottles

MrBottles adalah galeri botol antik sekaligus wadah berkumpulnya kolektor botol antik. Image yang digunakan berkualitas rendah dan tidak menunjukkan keantikan benda-benda tersebut. Pemilihan gambar yang kurang tepat bisa mengurangi jumlah pengunjung yang kembali ke website anda. Selain pertimbangan kualitas, desain website MrBottle juga belum mewakili konsep desain yang menarik.

quality meme

Via Meiert

4. Wholsesalemeatscoventry.co.uk

Wholsesalemeatscoventry

Wholsesalemeatscoventry sebenarnya memiliki desain website yang cukup informatif namun penempatan menu serta pilihan warna yang kontras membuat kontennya agak sulit dibaca. Para pengunjung juga harus berpikir dahulu sebelum menyadari apa yang dijual oleh website ini. Website ini bisa seharusnya bisa lebih dioptimalkan lagi dari segi konten dan desain agar bisa lebih menunjang branding dan penjualannya.

5. GatesnFences.com

GatesnFences

Website ini menawarkan berbagai jenis pagar dan pintu gerbang dengan custom design. Kekurangan desain website ini terletak pada banyaknya konten dan image yang terlalu kecil. Dari segi layout, website ini tidak memiliki page break. Semua pagar hasil buatannya ditampilkan tanpa dikategorikan dengan baik.

6. BolenReport.com

BolenReport

Bolen Report bermaksud ingin membuat desain website-nya seinformatif mungkin. Akan tetapi kurangnya image dan banyaknya menu di sidebar bisa membingungkan pengunjung. Padahal, website ini memiliki pemilihan warna background dan font yang sudah cukup baik. Hanya saja, Bolen Report gagal meringkas konten dengan baik dan menu yang ditampilkan juga terlalu panjang.

7. 007museum.com

007Museum

Jika Anda membuka website museum 007 ini, akan terasa jauh dari kesan James Bond yang karismatik, tampan dan elegan. Justru tampilan desain websitenya jauh dari karakter itu karena penempatan image dan video yang semrawut serta hyperlink yang tersebar dimana-mana. Percayalah, Anda akan sulit menemukan apa yang mau dicari!

i don't understand meme

Via Relatably

007Museum menjadi contoh desain website yang buruk karena tampilan yang disuguhkan tidak konsisten dan tidak sesuai dengan branding yang ditampilkan oleh James Bond itu sendiri.

8. Arngren.net

Arngren

Website ini menjual bermacam barang elektronik mulai dari drone hingga ATV. Saking banyaknya jenis dan tipe barang yang dijual, desain website-nya dibuat seperti katalog/brosur dengan thumbnail produk yang kecil mulai dari atas sampai bawah. Pengunjung pasti akan mengerutkan dahi ketika harus bekerja keras mencari barang yang diinginkan. Desain web ini memiliki banyak elemen dan kehilangan visual attractiveness.

9. PennyJuice.com

pennyjuice

PennyJuice memakai semua warna dominan dan cerah dalam satu halaman. Dan yang lebih buruk lagi, ketika Anda membuka website ini, Anda akan kebingungan – apa sebenarnya tujuan website ini dibuat. Untuk mengetahui apa itu PennyJuice, pengunjung harus scroll ke paling bawah dan menemukan ‘What is Pennyjuice’ dalam ukuran font yang sangat kecil.

exactly color

Via Pinterest

Teknik pemilihan warna untuk corporate logo maupun website cukup menentukan sampai tidaknya pesan yang dibuat oleh brand tersebut. Contohnya, logo Facebook dan Paypal berwarna dominan biru. Ternyata, secara psikologis, warna biru memiliki makna aman dan terpercaya. Survei yang dilakukan oleh KissMetrics juga membuktikan bahwa hampir 50% dari responden pria dan wanita memilih biru sebagai warna favorit mereka.

10. Rudgwicksteamshow.co.uk

Rudgwicksteamshow

Desain website Rudgwick Steam Show menggabungkan GIF, warna kontras serta gambar yang semrawut. Yang lebih buruk, website ini sibuk menampilkan kegiatannya sehingga lupa memberikan konten informatif pada pengunjungnya.

Desain website ini cukup menyakitkan mata karena image yang menumpuk, GIFs yang mengganggu serta navigasi yang jauh dari kata simple. Pengunjung akan sangat mudah untuk membenci tampilan website seperti ini dan tidak kembali lagi.

Desain website merupakan packaging dari barang yang akan ditawarkan. Packaging yang kurang menarik bisa mengurangi ‘selera’ untuk membeli atau berkunjung kembali. Website yang menarik dan sesuai prinsip desain dapat membantu menyampaikan pesan brand Anda ke konsumen dengan lebih baik.


Anita

Anita

I am very passionate about online media and content writing. Feel free to discuss projects with me at [email protected]