Desain kaos menjadi salah satu outlet yang paling populer untuk materi iklan. Sering kali kita melihat begitu desain kaos yang super keren. Itu cukup menarik bukan? Nah, apakah kamu seorang ilustrator, desainer grafis, yang memiliki desain kaos dengan konsep yang cukup keren?

Kaos-Oblong-Polos

Coba berpikir berulang kali jika ingin menciptakan konsep desain menarik pada kaos. Apa saja yang perlu kamu lakukan untuk mewujudkan desain kaos yang memberi kesan menakjubkan? Bagaimana dengan 10 tips berikut?

 

01. Luangkan waktu dan mengeksplorasi konsep

1

Buatlah sketsa, eksplorasi lingkungan sekitar, buat beberapa variasi, melakukan proses brainstorming penuh. Kemudian ulangi lagi dan lakukan lagi. Jika telah datang sebuah ide menarik, lakukan eksplorasi dengan ide lain untuk menciptakan konsep yang lebih baik.

 

02. Bayangkan desain menempel pada kaos

84f9d5af6ef6f57769e12cf3e3232798

Jangan takut untuk membuat percobaan, jika kamu selesai membayangkan sebuah desain, tuangkan segera pada selembar kertas dan temple pada kaos. Kamu dapat melakukan survey terhadap teman, bagaimana kesan desain dan mintalah masukan mereka.

 

03. Gunakan juga konsep detail dan sederhana

thinkbig

Setiap orang menghargai kemampuan menggambar yang besar dan memperhatikan hal kecil dan detail. Tidak ada yang lebih baik daripada melihat karya yang benar-benar baik dan dieksekusi pada kaos, yang dapat kamu pelajari selama berjam-jam. Dengan cara ini beberapa desain yang paling klasik telah berubah menjadi lebih sederhana.

 

04. Pertimbangkan target pasar

Searching for a Niche Group - Magnifying Glass

Mempertimbangkan pasar adalah salah satu yang penting. Apakah kamu membuat desain kaos untuk laki-laki atau perempuan, muda atau tua? Pada akhirnya, kamu membuat rancangan produk, dan menginginkan orang lain memakainya bukan? Lakukan peninjauan terhadap target pasar kamu. Bagaimana desain yang mereka sukai, warna apa saja yang mendominasi mereka dan seperti apa model kaos yang menjadi favorit mereka. Itu akan mempermudah kamu untuk memasarkan kaos kamu.

 

05. Sertakan kesan lucu

kaos lucu

Sebagian orang menyukai kesan lucu. Selain segar, konsep desain ini juga tidak membosankan. Kamu tentu ingin setiap orang berbahagia memakai kaosmu kan? Pilih tulisan dan gambar yang cerdas sebelum akhirnya kamu memproduksinya.

 

06. Semua tentang warna!

warna

Gunakan warna kaos efektif dan mencoba memilih warna komplementer. Jika kamu menggunakan Adobe Illustrator, nyalakan Global Colours. Ini akan menghemat begitu banyak waktu. Kamu juga dapat menggunakan Halftones untuk membuat sebagian besar warna yang bisa kamu gunakan.

 

07. Siapkan karya seni dengan benar

7

Gunakan Pantone Colours ketika menyablon, karena printer biasanya support untuk ini. Akan lebih baik lagi jika kamu menguraikan teks dan memperluas setiap stroke yang mungkin kamu miliki. Ada banyak tutorial yang baik di luar sana tergantung pada apakah kamu menggunakan Illustrator atau Photoshop.

 

08. Sumber printer yang baik

direct-to-garment

Jadi desainmu telah selesai dan berjalan dengan tepat, namun ingat, kualitas gambar akan tergantung pada printer. Berat, ukuran, pilihan label, biaya,  dan semua mempengaruhi produk akhir. Printer merupakan media utama untuk mencetak hasil karya desain kaos mu. Namun, jika kamu memilih sablon, pilih kualitas tinta nomor 1 agar tidak mudah luntur.

 

09. Mempelajari ilmu desain kaos

5

Untuk memiliki pemahaman yang baik tentang apa pun, kamu perlu mempelajari dan memahami konteks itu. Desain kaos juga memiliki elemen penting yang bisa dipelajari. Pastikan kamu tahu seluk beluk yang mempelajari ilmu ini dahulu sebelum terjun langsung.

 

10. Miliki ide cemerlang

5840821032_8fca0c2461_z

Terinspirasi oleh apa yang sedang tren tetapi jangan hanya menyalinnya. Cukup melihatnya sebagai sumber inspirasi. Misalnya saja kamu mencintai kamera, pilih desain dengan penggambaran lensa atau kamera di dalamnya dengan melihat inspirasi yang telah ada dan mengubahnya kedalam beberapa sudut pandang yang berbeda.

 

Mengubah cara berpikir menjadi lebih kreatif dalam menciptakan karya desain kaos berdampak sangat baik pada hasilnya nanti. Berikan juga kesan unik, karena desain kaos unik bisa menjadi strategi marketing.


Riska

Riska

Ibu rumah tangga yang hobi menulis, terutama prosa. Telah lama berkecimpung di dunia teater dan aktif menulis hingga sekarang. Karya masih tersimpan rapi di file komputer pribadi dan rencana akan di publish beberapa waktu kemudian. Gemar musikalisasi puisi dan juga memasak. Hot coklat swiss, empal gepuk dan makanan khas Sulawesi yang jadi andalanku.