Time-to-Start (1)

Kita semua tentu tahu bahwa membuat perusahaan sendiri akan membutuhkan kerja yang sangat keras. Mungkin Anda cukup puas dengan posisi saat ini, namun di saat yang bersamaan Anda juga memimpikan untuk memulai usaha sendiri.

Berikut ini adalah 20 tanda-tanda bahwa Anda siap memulai bisnis:

1. Anda selalu berpikir. Pengusaha tidak pernah berhenti berpikir. Ini mungkin bisa menjadi anugerah sekaligus menjadi kutukan bagi Anda. Jika Anda terus menerus merasakan perilaku ini, mungkin sudah saatnya bagi Anda untuk  melakukan sesuatu agar dapat merubah ide menjadi tindakan. Salah satunya Anda bisa mencoba untuk memulai sebuah bisnis.

2. Tidak bergantung pada siapapun. Hal ini bukan berarti Anda tidak pernah meminta bantuan kepada siapapun. Namun, Anda sudah sampai pada tahap sebagai pemecah masalah yang dapat mencari penyelesaian masalah Anda sendiri. Tidak ada salahnya untuk mendirikan usaha Anda sendiri untuk mengasah kemampuan Anda dalam memecahkan masalah.

3. Anda termotivasi dengan baik. Untuk melakukan sesuatu, Anda tidak perlu mencari motivasi dari luar diri Anda karena Anda sudah mengetahui dengan pasti hal apa saja yang harus dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Tentu saja kemampuan ini cocok untuk digunakan dalam memulai bisnis baru.

4. Anda yakin dapat membangun perusahaan yang lebih baik. Mungkin Anda pernah berpikir seperti ini. Anda bisa membuktikannya dengan mencoba sendiri untuk membangun perusahaan.

5. Anda merasa perlu membuktikan visi. Ketika Anda memiliki sebuah ide untuk berbisnis, mungkin tidak semua orang menyetujui ide tersebut karena ide tersebut dianggap mustahil untuk dilaksanakan. Anda bisa mencoba untuk mewujudkan ide bisnis tersebut dan membuktikan kepada mereka yang menganggap hal tersebut adalah mustahil.

6. Anda selalu ingin jadi bos sendiri. Anda tidak suka disuruh-suruh, diberi perintah dan dibawah kontrol bos? Mungkin ini sudah saatnya bagi Anda untuk memulai usaha sendiri.

dicas-de-conteudo-facebook

7. Lingkungan Anda langka pekerjaan. Pada saat kondisi ekonomi di sekitar Anda masih belum pulih karena minimnya lapangan pekerjaan yang disediakan mungkin bisa menjadi motivasi bagi Anda untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri pada bidang yang Anda kuasai. Sehingga Anda tidak perlu menunggu hingga lapangan pekerjaan tersedia dan juga membantu orang-orang di sekitar Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

8. Anda mampu mengambil risiko. Jika Anda sampai saat ini masih single dan tidak memiliki tanggungan, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengambil resiko dan mencoba tantangan untuk mengembangkan bisnis Anda sendiri.

9. Memiliki etos kerja luar biasa. Jika Anda memiliki etos kerja yang tinggi dan tidak keberatan menggunakan 12 jam sehari selama hari dalam seminggu untuk bekerja, maka Anda boleh mencoba untuk memulai bisnis Anda sendiri dan memberikan perhatian penuh kedalamnya.

10. Kebanyakan proyek mengandalkan kontraktor. Mungkin Anda seringkali melihat bos Anda menggunakan tenaga kerja dari luar atau pun kontraktor untuk menyelesaikan pekerjaannya. Anda mungkin bisa berpikir untuk memulai bisnis Anda dengan menawarkan jasa yang sama.

11. Anda benci bekerja untuk orang lain. Jika Anda tidak suka menerima perintah, membenci bos dan semua permintaannya, Anda boleh mulai merencanakan strategi untuk segera keluar dari kantor dan merencanakan untuk membuat bisnis sendiri.

12. Anda tidak tahan berada di kantor. Jika Anda merasa dibatasi di tempat kerja saat ini, buatlah diri Anda bebas. Dengan membuat bisnis sendiri, Anda juga dapat membuat peraturan Anda sendiri. Lengkap dengan sistem kerja yang Anda inginkan.

start-a-business

13. Anda kreatif. Jika Anda merasa bosan karena ide-ide kreatif Anda disia-siakan, maka ini mungkin sudah saatnya untuk keluar dan mengekspresikan diri dengan membuat bisnis yang selalu Anda bayangkan.

14. Anda perlu menginspirasi. Apakah Anda adalah orang yang seringkali dicari orang lain ketika merasa kesulitan dan putus asa? Mungkin Anda adalah orang yang dianggap dapat memberi inspirasi untuk orang lain. Anda dapat membuat bisnis Anda sendiri dengan memberikan informasi, jalan keluar dan juga memotivasi orang lain.

15. Tidak masalah dengan multitasking. Ada orang yang dapat mengangani beberapa tugas sekaligus. Jika Anda salah satu dari orang-orang yang mampu bertahan di bawah tekanan dengan melakukan multitasking, maka ini merupakan tanda bahwa Anda juga mampu untuk memulai bisnis baru.

16. Anda berpikir, “Jika tidak sekarang, kapan lagi?” Jika Anda memiliki pola pikir seperti ini, tentu saja Anda merupakan orang yang cocok untuk memulai bisnis Anda sendiri karena menunda tidak akan bisa membuat Anda maju. Mulai bergerak dan wujudkan ide bisnis itu sekarang!

17. Anda berhubungan baik dengan orang-orang. Jika Anda merasa ingin sekali keluar dan bertemu serta berkenalan dengan orang baru namun posisi Anda tidak memungkinkan, itu berarti Anda adalah orang yang suka membangun hubungan dengan orang lain. Memulai bisnis sendiri pasti dapat menjadi solusi yang tepat agar Anda dapat melakukan itu semua

owner of a cafe showing open sign

18. Dilahirkan sebagai pemimpin. Memiliki ide bagus adalah hal yang baik. Apalagi jika Anda mampu mengkomunikasikan ide tersebut dan meyakinkan orang lain untuk mewujudkan ide tersebut. Tentu itu adalah sebuah kemampuan yang luar biasa!  Jika Anda memiliki kemampuan memimpin untuk mengumpulkan orang-orang dan memotivasi mereka, Anda boleh mulai mempertimbangkan untuk merintis bisnis pribadi.

19. Mampu menggunakan cara cerdas Anda. Jika Anda salah satu dari orang-orang unik dengan cara cerdas serta kemampuan professional, maka mungkin lebih baik Anda menempatkan bakat-bakat untuk bekerja pada sesuatu yang membuat Anda benar-benar bersemangat.

20. Anda siap untuk bebas. Mungkin Anda sudah memiliki bisnis sendiri dan berusaha untuk menutupinya dari teman kantor sehingga hal tersebut mengganggu batin Anda. Mengapa Anda tidak melepaskan pekerjaan Anda di kantor? Dengan melepaskannya segera, Anda akan merasa lega dan terkejut dengan kebahagiaan yang akan Anda rasakan.

Merasakan tanda-tanda di atas? Mungkin satu atau beberapa tanda tersebut sudah cukup untuk meyakinkan diri Anda untuk memulai bisnis sendiri. Segeralah memulai dan jadilah sesuai yang Anda inginkan selama ini! Untuk membantu memasarkan bisnis, manfaatkan jasa pembuatan desain brosur, kartu nama, atau pun desain website yang profesional.


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G

  • arfani

    saya sekarang bekerja di perusahaan property ternama di makassar sebagai penangguan jawap peroyek,saya pingin sekali punya usaha peternakan unggas

    • Y.G.P

      Ayo kerjasama ratakan pasar indonesia!!