socmed 3

Jika digunakan dengan benar, sosial media dapat meningkatkan hasil pencarian di search engine seperti Google. Selain itu socail media bisa menjadi media layanan pelanggan, berhubungan dengan mitra bisnis baru, dan membangun keterlibatan konsumen. Berikut adalah tiga cara yang harus dilakukan pengusaha untuk terlibat dengan pelanggan dan membangun basis pelanggan yang lebih luas pada setiap jaringan sosial media.

1. Jawab pertanyaan dari pelanggan dan klien.

Twitter dan Facebook telah menjadi platform layanan pelanggan sosial media yang paling baik saat ini. Pada awalnya, akan terasa menakutkan untuk menjawab pertanyaan di media publik; karena Anda merasa harus menggunakan bahasa yang formal dan jawaban yang sempurna.

Tanggapan yang paling efektif dan dapat diterima dengan baik adalah yang tepat waktu dan bisa menghilangkan rasa penasaran. Perhatikan akun Facebook atau Twitter jika barangkali ada pesan dengan mention akun Anda. Juga memperhatikan ketika seseorang menyebutkan perusahaan atau industri di Tweet dengan hashtag.

socmed 4

Banyak pelanggan tidak mengirim pesan kepada Anda secara langsung, tetapi mereka hanya akan memberi tag tentang keluhan pada Anda. Siapapun di Twitter dapat mencari topik yang disebutkan melalui hashtag. Jika hal tersebut tidak ditanggapi, Anda bisa kehilangan kesempatan untuk memperbaiki layanan. Dengan sedikit usaha, Anda dapat membangun reputasi sebagai seseorang yang menghargai layanan pelanggan dan bekerja keras untuk menjawab pertanyaan konsumen.

2. Gunakan fitur “Like” di dinding Facebook Anda.

Bagaimanapun juga Facebook masih menjadi pilihan utama sosial media untuk bisnis. Semakin banyak orang “like” Anda di Facebook, maka reputasi akan semakin baik. Kebanyakan platform media sosial memiliki opsi untuk membagi serta tombol yang punya fungsi sama dengan “like” di FB. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan Like di FB.

socmed 1

Di Facebook, Anda dapat memilih untuk “Like” posting atau berbagi. Jika seseorang memuji merek Anda di Twitter, klik “Favorite” atau “Retweet”. Google+ memungkinkan Anda untuk “+1″ pada posting dan di LinkedIn terdapat tombol “Like”.

Sebagai alternatif, Anda bisa mengomentari posting atau tweet. Katakan ungkapan seperti, “Terima kasih atas dukungan Anda!” Atau, “Terima kasih! Kami menghargai feedback Anda”. Itu menunjukkan bahwa Anda menghargai opini dan tanggapan mereka. Cobalah untuk terlibat dengan setiap pelanggan.

3. Tunjukkan rasa terima kasih ketika seseorang berbagi konten Anda.

Setiap kali seseorang retweet salah satu posting atau berbagi blog terbaru Anda, kirimkan segera pesan untuk berterima kasih kepada mereka.

Etika berperilaku dalam hubungan sosial media seperti halnya berhubungan dalam kehidupan nyata. Jika seorang kenalan membantu menjual barang Anda, tentu sudah sepantasnya berterima kasih padanya. Hal yang sama berlaku ketika seorang pelanggan melakukan kebaikan untuk Anda di Facebook atau Twitter.

socmed 2

Sebagai contoh, jika seseorang di Twitter berbagi posting blog baru-baru ini kepada para followernya, tweet dia untuk mengucapkan terima kasih. Jika ia secara teratur posting konten yang relevan dengan audiens Anda, retweet atau bagikan posting itu dengan follower Anda.

Itulah 3 aturan social media yang mudah untuk diaplikasikan. Sosial media adalah alat yang ampuh jika digunakan dengan baik oleh para pengusaha. Ingat selalu bahwa social media adalah jembatan yang menghubungkan bisnis Anda dan pelanggan secara langsung sehingga interaksi yang terjadi bisa menunjang kelangsungan bisnis Anda.

Apakah Anda memiliki tips lain? Jangan sungkan untuk berbagi. Silahkan tulis pendapat Anda pada kolom di bawah ini.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.