penjualan 4

Jika bisnis terlihat berjalan lambat yang Anda perlu melakukan penjualan secepatnya agar bisnis dapat segera tumbuh. Berikut adalah lima strategi penjualan yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan dengan cepat.

1. Berhubungan kembali dengan pelanggan lama

Hubungi kembali pelanggan lama untuk melihat apakah ada sesuatu yang dapat ditawarkan pada mereka. Mungkin pelanggan Anda perlu membeli kembali sebuah produk. Anda bias menawarkan promosi khusus seperti pengiriman gratis untuk mendorong penjualan. Sering kali pelanggan akan merespon: “Saya sangat senang Anda menelepon – saya sudah menantinya!”

Jika Anda menawarkan layanan, kemudian mampu mengambil hati pelangan, maka mereka akan memberi informasi lebih tentang apa yang mereka butuhkan sekarang dan di masa depan. Cobalah ajak pelanggan berbincang dan tanyakan apakah ada sesuatu yang mereka butuhkan. Sekalipun tidak ada penjualan langsung dari perbincangan tadi, Anda telah membangun trust kepada pelanggan. Dimasa depan jika pelanggan membutuhkan sesuatu Anda dalam posisi teratas untuk melakukan penjualan.

Bonus tip: Mintalah saran atau kritik dari pelanggan yang sudah ada. Contoh, tanyakan langsung: “Apakah Anda tahu bisnis (atau orang) yang mungkin membutuhkan layanan (atau produk) saya ini?”

penjualan 2

2. Hubungi pesaing Anda

Mungkin yang satu ini mungkin cukup membuat bingung, kenapa harus membiarkan pesaing tahu tentang kita? Kenyataannya adalah bahwa kadang ketika salah satu bisnis berjalan lambat, bisnis lain dalam industri yang sama bisa lebih buruk. Bahkan, mereka mungkin menjalankan bisnis lebih dari yang dapat mereka tangani dan akan menghargai seseorang yang bersedia menjadi partner. Mendekati bisnis yang sama dan membiarkan mereka tahu tentang Anda, justru dapat melayani setiap pelanggan yang ada dengan win-win solution. Bahkan dapat meningkatkan strategi penjualan Anda.

penjualan 3

3. Membangun jaringan

Strategi penjualan lainnya adalah membangun jaringan. Menghadiri acara yang dihadiri orang-orang tepat dalam bisnis dan dapat membidik target pasar Anda adalah awal yang baik. Membuat diri Anda dikenal, sehingga memungkinkan untuk bertemu dengan orang yang membutuhkan apa yang Anda jual.

Ini dapat dilakukan melalui media sosial juga. Inilah yang disebut media sosial untuk strategi pemasaran. Mulai berpartisipasi dalam kelompok online. Jaringan adalah tentang berhubungan dengan orang-orang dan dapat terjadi di mana saja, tidak hanya pada acara networking formal. Menghadiri pesta, acara online atau arisan bisa menjadi tempat yang tepat.

4. Melakukan panggilan telepon acak

Banyak orang merasa ngeri ketika telepon acak ini disarankan, tetapi ini merupakan strategi penjualan yang masih diminati. Pertama, mengidentifikasi orang dan bisnis yang mungkin membutuhkan layanan yang Anda berikan, dan kemudian telepon dan katakan: “Saya mempunyai layanan (atau produk) yang tepat untuk Anda.”

Cobalah buat beberapa panggilan dan lihat hasilnya. Menelepon lebih baik daripada email dalam hal ini, tetapi email lebih baik daripada tidak. Carilah nomer telepon yang tepat sehingga Anda mendapatkan orang yang tepat.

5. Cobalah bentuk iklan yang baru

Sebuah iklan dapat meningkatkan kesadaran produk dan jasa Anda yang ditawarkan. Bentuk iklan yang berbeda bisa membuat kampanye iklan Anda lebih sukses dari sebelumnya. Cobalah sesuatu yang baru, karena mungkin saja membawa peruntungan baru. Iklan online memberikan banyak pilihan baru, dari iklan banner, Google Adwords dan iklan Facebook.

penjualan 5

Iklan tradisional dan promosi masih bisa efektif, sehingga pertimbangkan untuk mengambil iklan di koran atau promosi melalui surat jika Anda mencoba untuk menarik pasar lokal. Anda mungkin membutuhkan lebih dari satu iklan agar efektif, tapi tentu layak diuji coba iklan di Facebook jika pelanggan potensial Anda menghabiskan waktu di sana.

Strategi penjualan selalu mengalami perkembangan, karena kehidupan orang-orang juga selalu berkembang. Apa pun strategi yang Anda terapkan sekarang, kembangkanlah! Kemudian keajaiban bisnis akan terjadi, dan penjualan akan semakin naik.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.