video mar 3

Video marketing adalah salah satu bentuk strategi marketing online yang paling sering diabaikan. Banyak pemilik bisnis yang tahu tentang manfaat dari metode ini, tapi menolak untuk mencobanya. Sementara yang lain merasa strategi marketing ini sulit dilakukan dan tidak efektif. Namun, membuat video tidak serumit kedengarannya. Dengan anggaran yang minim, bisnis apapun dapat menghasilkan video berkualitas untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda membuat video marketing :

1. Posting di YouTube

Ketika ingin mulai video marketing, tempat pertama yang paling layak untuk memulai adalah YouTube, situs sharing video paling populer milik Google. Yang perlu Anda lakukan adalah set up saluran YouTube untuk brand Anda dan kemudian mulai posting video. Pastikan saluran tersebut di-branding secara tepat menggunakan desain logo , warna yang teratur, atau nama merek Anda. Tulis deskripsi menarik mencakup kata kunci yang relevan dengan industri Anda. Jika video Anda dioptimalkan dengan benar, mereka akan memperoleh peringkat yang baik di pencarian Google dan juga akan meningkatkan peringkat situs Anda.

video mar 4

2. Tulis judul yang dahsyat

Judul tidak hanya penting untuk halaman situs Anda, tetapi juga untuk video Anda. Sebuah judul yang dahsyat tidak hanya akan menarik perhatian penonton Anda, tetapi juga akan meningkatkan peringkat video Anda. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk memikirkan judul yang deskriptif serta kreatif. Pastikan judul mencakup frase kata kunci yang relevan untuk muncul di bagian depan mesin pencari. Anda juga dapat mempertimbangkan memasukkan nomor telepon Anda dalam judul. Hal ini akan memungkinkan pelanggan untuk menghubungi Anda bahkan tanpa harus menonton video.

3. Transcribe video Anda

Salah satu cara terbaik untuk mengoptimalkan video Anda adalah dengan mentranskripsikannya. Anda bisa menstranskripsikan video menggunakan jasa transkripsi ataupun melakukannya sendiri. Setelah transkripsi selesai, Anda dapat meng-upload di YouTube sebagai file transkripsi. Selain itu, Anda dapat menambahkan kutipan dari transkripsi dalam deskripsi video marketing Anda. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk meletakkan transkripsi ke dalam posting blog atau website lain.

video mar 1

4. Sertakan link ke situs Anda

Setelah menonton video Anda, orang-orang akan membutuhkan rincian lebih lanjut sebelum mereka membeli produk atau jasa. Oleh karena itu sangat penting untuk menyertakan link ke situs atau halaman arahan dalam deskripsi video Anda. Hal ini dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan. Selain itu, mengarahkan traffic ke situs Anda juga kemungkinan akan meningkatkan peringkat di search engine. Jangan lupa untuk menambahkan kutipan deskripsi Anda. Kutipan harus mencantumkan nama bisnis Anda, nomor telepon dan alamat seperti yang ditampilkan dalam semua profil Anda di media online lainnya.

5. Backlink ke video Anda

Backlink sama pentingnya untuk video karena mereka dibuat untuk halaman web. Membuat backlink ke video Anda dapat menjadi strategi yang sangat efektif untuk meningkatkan peringkat di search engine. Oleh karena itu, setiap kali Anda menulis posting blog dan artikel, pastikan untuk memasukkan link ke video yang relevan. Namun, fokus Anda tidak harus pada kuantitas tetapi kualitas. Pastikan link anda muncul di situs yang kredibel dan berperingkat baik. Selain itu, ingatlah untuk berbagi link ke video Anda dalam berbagai jaringan media sosial.

video mar 2

6. Self-host video Anda

Selain hosting video di YouTube, Anda bisa mempertimbangkan hosting secara langsung di situs bisnis Anda sendiri. Anda bisa menggunakan jasa desain website agar peletakan video Anda jadi lebih efektif. Ketika video Anda muncul dalam hasil search engine, link akan mengarahkan pengguna ke situs Anda, bukan YouTube. Self-hosting video akan memungkinkan Anda untuk menarik pengunjung lebih efektif dengan memberikan informasi yang relevan. Karena tidak ada video lain yang bersaing untuk menarik perhatian mereka, lebih mudah untuk mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan.

Strategi marketing online sangatlah beragam, tapi jika Anda ingin mencoba sesuatu yang unik dan mungkin Anda juga hobi mengabadikan momen berharga di video, maka saatnya memulai video marketing. Dengan tips-tips di atas, Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan dari video Anda.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.