GIMP (Gnu Image Manipulation Program) adalah Raja. Ya, aplikasi perangkat lunak ini bisa dikatakan sebagai raja editing gambar di platform Linux. Sama halnya dengan Photoshop. Namun aplikasi ini 100% gratis. GIMP telah banyak dimiliki oleh para developer, dan dan angka penggunanya pun melesat hebat. Kekuatannya terdiri dari plugin yang berfokus pada web developer dan fotografe. Mereka adalah pengguna utama GIMP.

GIMP Nah, buat kamu yang hobby banget edit foto, ada baiknya untuk mengoleksi plugin terbaik yang akan Sribu bagikan ini. Semoga artikel ini bisa membantumu untuk mendapatkan informasi sebelum kamu memilih di antara mereka. Selamat membaca Sribuddies :)

 

1. Anti-aliasing

1

Plugin ini bisa menjadi solusi untuk mengaburkan warna di sepanjang tangga dan untuk melunakkan tepi bergerigi. Plugin anti-aliasing melakukannya dengan tepat.

 

2. GIMP Adaptive Contrast Enhancement

22

Plugin dapat didownload di sini. Paket ini tersedia di bawah lisensi publik GNU, dan benar-benar gratis. Ini tersedia dalam tiga versi. Pertama adalah plugin untuk program GIMP. Yang kedua datang sebagai program yang berdiri sendiri dengan interface yang ramah, dan tutorial yang luas. Dan yang ketiga datang juga sebagai program yang berdiri sendiri, sebagai baris perintah.

” Bentuk dasar peningkatan kontras dari banyak warna dimulai dengan konversi gambar ke skala abu-abu, seperti dengan mengambil kadar pencahayaan. Peningkatan skala abu-abu diterapkan pada gambar ini. Kemudian, kadar skala abu-abu baru dan lama pada setiap titik digunakan dalam transformasi warna pixel. Keputusan desainnya adalah bagaimana mengkonversi ke skala abu-abu dan bagaimana menggunakan kadar abu-abu untuk mengubah warna. Ada banyak pilihan yang berbeda “.

 

3. Refract and Reflect

3

Plugin ini adalah alat yang sempurna untuk mensimulasikan tetes air, dan dapat digunakan dalam banyak hal dengan cara yang sangat keren.

 

4. Pandora

4

Pandora adalah plugin yang bagus untuk fotografer yang berniat untuk membuat foto panorama . Developer bahkan menulis tutorial 6 fase untuk membantumu. Memuat semua gambar sebagai layer, menghapus lapisan latar belakang, menjalankan Pandora, mengatur tumpang tindih dan arah, menyesuaikan posisi setiap gambar, serta menyesuaikan Layer Masks. Tentu saja, itu juga dijelaskan dan bisa didownload di sini.

 

5. Lomo

5

Banyak aplikasi edit foto pada Android yang memiliki pilihan nuansa Lomo. Karena hasilnya seperti pada kamera profesional. Namun kamu juga bisa mendapatkannya di GIMP. Plugin Lomo ini adalah versi modifikasi dari plugin GIMP Lomo yang terdahulu, dan dapat diunduh secara gratis di sini. Versi ini juga bekerja dengan GIMP versi 2.4. Hal ini didasarkan pada plugin Lomo asli oleh developer Francois Le Lay, tapi beliau belum memperbarui sejak tahun 2005. Donncha O Caoimh, developer yang memiliki sedikit trik ini untuk kamu ” Berhati-hatilah, jika mengubah ukuran gambar, pastikan kamu meng-klik kanan pada layer Vignette dan klik “Layer to image size ” sebelum mengubah ukuran. Jika tidak hal-hal aneh akan terjadi! “.

 

6. GIMP Publishr

GIMP Publishr menerbitkan foto ke Picasa, Flickr atau langsung dari dalam GIMP. Plugin ini dapat diunduh secara gratis di sini.

 

7. FX Foundry

yaaaa

FX Foundry dapat didownload secara gratis di sini. Perhatikan bahwa paket ini berisi lebih dari 100 script yang diperbarui untuk GIMP versi 2,6. FX Foundry dianggap salah satu yang paling populer dan paling banyak dicari. Segera download plugin ini, karena kamu tidak pernah tahu sampai kapan itu akan tersedia secara gratis.

 

Berikut tadi adalah daftar 7 plugin GIMP terbaik. Sribu harap, kamu akan menyukainya. Photoshop memang memiliki banyak kehebatan, seperti memanipulasi foto, mengubah latar belakang dll. Namun, GIMP juga memiliki banyak keistimewaan yang akan kamu temukan. Jika kamu memiliki tips dan trik yang ingin dibagikan dengan kami, mengenai plugin GIMP, kami akan sangat terbuka untuk menerimanya.


Riska

Riska

Ibu rumah tangga yang hobi menulis, terutama prosa. Telah lama berkecimpung di dunia teater dan aktif menulis hingga sekarang. Karya masih tersimpan rapi di file komputer pribadi dan rencana akan di publish beberapa waktu kemudian. Gemar musikalisasi puisi dan juga memasak. Hot coklat swiss, empal gepuk dan makanan khas Sulawesi yang jadi andalanku.