Hal cukup menarik untuk disadari bahwa setiap pekerjaan memerlukan inspirasi hebat di dalamnya. Inspirasi dimana yang akan memotivasi kita untuk menjadi yang lebih hebat lagi. Sebagai contoh inspirasi desain infographic dan inspirasi cover buku untuk kamu yang bekerja dengan bidang tersebut. Sebagai seorang desainer berbakat, apakah kalian memiliki sebuah inspirasi khusus? Sribu yakin, kalian semua memilikinya. Biasanya ini bisa datang dari mana saja. Misalkan saja dari buku, biasanya ini mengenai prinsip-prinsip paling penting.

buku

Hari ini Sribu telah mengumpulkan daftar 8 buku kepercayaan para desainer yang harus dibaca. Beberapa dari mereka memang sudah terbilang tua, namun ada juga yang baru, tetapi mereka semua memiliki hal-hal yang sangat penting yang perlu kita ingat ketika merancang sesuatu. Jika kalian mendengar tentang buku-buku ini tetapi tidak pernah punya waktu untuk membacanya, luangkan waktu sedikit karena itu sangat berharga. Jika kalian pernah mendengar tentang mereka, luangkan waktu untuk mempelajari lebih lanjut tentang masing-masing buku dan pilih salah satu (atau lebih) untuk dibaca.

 

1. Universal Principles of Design by William Lidwell

1

Tentang buku : Universal Principles of Design adalah lintas referensi disiplin pertama dari desain. Kaya dengan ilustrasi, buku ini merupakan penjelasan yang jelas dari konsep desain dengan contoh-contoh visual yang diterapkan dalam praktek. 100 konsep desain didefinisikan dan diilustrasikan bagi pembaca untuk memperluas pengetahuan mereka.

Tentang Penulis : William Lidwell adalah chief research dan development officer di Applied Management Sciences Institute. Dia menulis, berbicara, dan berkonsultasi mengenai topik desain dan penulis beberapa buku termasuk buku desain terlaris Universal Principles of Design, yang telah diterjemahkan ke dalam 16 bahasa.

Pendapat Kami : ini adalah buku referensi besar, dengan gambar dan penjelasan yang membantumu memahami banyak konsep dan ide.

 

2. The Design of Everyday Things by Donald A. Norman

2

Tentang Buku : Pertama, bisnis berkualitas sebagai kunci keunggulan kompetitif. Donald A. Norman, mantan Direktur di Institute for Cognitive Science at the University of California, mengungkapkan desain cerdas adalah perbatasan kompetitif baru. The Design of Everyday Things adalah primer yang kuat tentang bagaimana dan mengapa beberapa produk yang memuaskan pelanggan dan yang hanya membuat mereka frustrasi.

Tentang Penulis : Seseorang yang selalu mengawasi beberapa kejadian yang biasa terjadi kepada seseorang.

Pendapat Kami : Klasik namun sangat baik untuk memeriksa beberapa contoh yang bagus dari desain yang baik dan buruk dan memahami bagaimana merancang hal-hal yang akan manusia gunakan (dan memahami bagaimana menggunakannya).

 

3. Don’t Make Me Think: A Common Sense Approach to Web Usability, 2nd Edition by Steve Krug

3

Tentang Buku : Lima tahun dan lebih dari 100.000 eksemplar setelah pertama kali diterbitkan, sulit untuk membayangkan seorang desainer yang bekerja pada desain web namun belum pernah membaca buku ini. Dalam edisi kedua ini, Steve Krug menambahkan tiga bab baru dalam gaya yang sama seperti aslinya : sangat bagus dan menghibur, namun sarat dengan wawasan dan saran praktis untuk pemula. Jangan heran jika buku ini benar-benar mengubah caramu berpikir tentang desain web.

Tentang Penulis : Steve Krug adalah konsultan yang memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun sebagai advokat untuk perusahaan seperti Apple, Netscape , AOL , Lexus , dan lain-lain. Sebagian didasarkan pada keberhasilan edisi pertama. Dia telah menjadi pembicara yang sangat dicari.

Pendapat Kami : Contoh yang benar-benar menarik. Buku super yang mudah diikuti dan akan membuatmu memahami banyak tentang akibat kegagalan website.

 

4. 100 Things Every Designer Needs to Know About People (Voices That Matter) by Susan Weinschenk

4

Tentang Buku : Buku ini dirancang untuk memperoleh respon dari orang-orang. Mereka ingin orang-orang membelinya, membaca lebih lanjut, atau mengambil tindakan. Merancang tanpa memahami seluk beluk desain adalah seperti menjelajahi kota baru tanpa peta : hasilnya akan serampangan, membingungkan, dan tidak efisien. Buku ini menggabungkan ilmu pengetahuan nyata dan penelitian dengan contoh-contoh praktis untuk memberikan panduan setiap kebutuhan para desainer. Dengan itu, kamu akan dapat merancang lebih intuitif dan menarik.

Tentang Penulis : Susan Weinschenk memiliki gelar Ph.D. Psikologi, dan karir 30 tahun dalam menerapkan psikologi untuk desain teknologi. Dia telah menulis beberapa buku tentang desain yang berpusat pada pengguna. Bukunya 2008, Neuro Web Design: What makes them click?, diterbitkan oleh New Riders, menerapkan penelitian neuroscience dengan desain situs web. Seorang pembicara populer dan presenter ini memiliki panggilan akrab ” The Brain Lady “. Dia adalah Chief of User Experience Strategy, Americas, di Human Factors International, dan menjalankan sebuah blog populer : Whatmakesthemclick.net.

Pendapat Kami Mendengarkan segala hal baik buku ini lalu membacanya. Akan memperkaya ilmu desain kamu.

 

5. HTML and CSS: Design and Build Websites by Jon Duckett

5

Tentang Buku : Setiap hari, semakin banyak orang ingin belajar ilmu HTML dan CSS. Sementara, banyak buku yang mengajarkan tentang HTML dan CSS dan hanya ditulis untuk mereka yang ingin menjadi programmer, itulah sebabnya mengapa buku ini mengambil pendekatan yang baru.

Tentang Penulis : Jon Duckett telah membantu perusahaan menciptakan solusi digital yang inovatif selama lebih dari 15 tahun.

Pendapat Kami : Semakin banyak kamu membaca tentang ilmu yang sedang dipelajari, semakin mudah juga kamu menguasainya.

 

6. The Elements of Typographic Style by Robert Bringhurst

6

Tentang Buku : Seorang penyair terkenal Robert Bringhurst membawa kejelasan untuk seni tipografi dengan panduan gaya ahli. Menggabungkan praktek, teori, dan sejarah, edisi ini sepenuhnya telah diperbarui, dengan eksplorasi menyeluruh dari inovasi terbaru dalam teknologi font yang cerdas, dan yang harus dimiliki untuk seniman grafis, editor, atau siapa saja yang bekerja dengan halaman yang dicetak menggunakan digital atau metode tradisional.

Tentang Penulis : Penyair kelahiran Amerika, desainer buku, sejarawan dan ahli bahasa.

Pendapat Kami : karena kamu ingin mempelajari lebih lanjut tentang tipografi, pasti perlu membaca yang satu ini.

 

7. The Grid – A Modular System For The Design And Production Of Newpapers, Magazines, And Books by Allen Hurlburt

7

Tentang Buku : Dari sejarah awal kekerabatan manusia dengan alam telah membimbingnya menuju rasa proporsi dalam membentuk dunianya. Sama seperti matematika dimulai dengan pengukuran objek dalam hubungan yang harmonis satu sama lain dan ruang yang mereka duduki. Keterkaitan sistem matematika dan desain dapat ditelusuri. Ilmu pengetahuan dan seni telah sering menemukan common denominator dalam mencari bentuk yang sempurna sepanjang sejarah.

Tentang penulis : Allen Hurlburt menjejakkan kakinya pada banyak proyek desain untuk solusi struktural mereka, membuat beberapa rincian komprehensif untuk para desainer.

Pendapat Kami : Sangat mengesankan bagaimana buku pertama yang diterbitkan pada tahun 1978 masih menjadi referensi besar. Menjadi seorang desainer atau tidak, jika kamu ingin memahami dasar-dasar grid, ini adalah buku terbaik yang perlu dicoba.

 

8. The Laws of Simplicity by John Maeda

8

Tentang Buku : Akhirnya, kita belajar tentang kesederhanaan. Kita memberontak terhadap teknologi yang terlalu rumit, pemutar DVD dengan terlalu banyak menu. Dalam Hukum Kesederhanaan, John Maeda menawarkan sepuluh hukum untuk menyeimbangkan kesederhanaan dan kompleksitas dalam bisnis, teknologi, dan pedoman desain untuk mendapatkan yang lebih.

Tentang Penulis : Desainer grafis, seniman visual, dan ilmuwan komputer John Maeda adalah presiden Rhode Island School of Design dan pendiri SIMPLICITY Consortium di MIT Media Lab. Karyanya telah dipamerkan di Tokyo, New York, London dan Paris dan dalam koleksi permanen Museum Smithsonian Institution’s Cooper-Hewitt National Design, San Fransisco Museum of Modern Art dan Museum of Modern Art di New York City. Dia adalah penerima banyak penghargaan termasuk Smithsonian Institution National Design Award di Amerika Serikat, Raymond Loewy Foundation Prize di Jerman, dan Mainichi Design Prize di Japan.

Pendapat Kami : Buku terakhir yang menjadi pedoman para desainer ini juga akan menjadi wajib dibaca.

 

Inspirasi dari buku telah banyak desainer pelajari, namun daftar tadi mungkin juga sangat berpengaruh bagi sebagian orang. Tidak akan ada salahnya apabila kamu memperkaya ilmu dengan membaca. Buka wawasan dan perlebar ilmu dengan membaca, agar kamu sukses menjadi desainer handal.


Riska

Riska

Ibu rumah tangga yang hobi menulis, terutama prosa. Telah lama berkecimpung di dunia teater dan aktif menulis hingga sekarang. Karya masih tersimpan rapi di file komputer pribadi dan rencana akan di publish beberapa waktu kemudian. Gemar musikalisasi puisi dan juga memasak. Hot coklat swiss, empal gepuk dan makanan khas Sulawesi yang jadi andalanku.

  • Muhammad Zaenuri

    kalo beli buku2 di atas dmn ya?
    mksih :)