Blog word.

Halo creative thinkers! We meet again in our blog. Kali ini saya akan membahas tentang cara membuat blog. Oke.. pertama-tama, apa itu blog? Sebagian dari Anda, saya yakin sudah tahu apakah blog itu. Jika belum, baiklah, saatnya Anda membaca lebih serius lagi. Blog berasal dari kata Web dan Log (WEBLOG) yang berarti catatan online (yang berada di web). Pengertian yang lebih lengkap, blog adalah situs web yang berisi tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang diupdate (diperbaharui) secara teratur dan dapat diakses secara online baik untuk umum maupun pribadi. Silakan lihat blog kami secara lengkap. Bagaimana? Apakah sudah ada gambaran? Atau mungkin Anda mulai tertarik untuk tertarik? Silakan ikuti artikel cara membuat blog ini.

blogging

Extra : Blog kami secara lengkap

 

1) PUTUSKAN APA YANG AKAN ANDA TULIS PADA BLOG ANDA

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih topik blog. Apakah ada sesuatu yang Anda sukai atau benar-benar menarik perhatian Anda? Jika ada, kemudian mulailah sebuah blog tentang hal itu. Jika Anda menyukai segala sesuatu tentang gadget, pilihlah topik itu agar memudahkan Anda untuk mulai menulis. Tidak masuk akal jika Anda memulai sebuah blog tentang sesuatu yang Anda tidak tertarik, maka dari itu, akan jauh lebih mudah jika menulis artikel dan memposting tentang topik yang Anda sukai.

Bahkan akan lebih baik ketika Anda telah tertarik pada bidang atau industri tertentu untuk waktu yang lama, karena Anda sudah ahli. Namun, jika Anda tidak punya ide yang topik yang ingin Anda tulis, pikirkan tentang hobi Anda atau hanya mulai blogging tentang kegiatan sehari-hari Anda, suatu kenangan yang Anda tidak mungkin lupa.

einstein_thinking

 

2) PUTUSKAN PLATFORM BLOGGING YANG AKAN DIGUNAKAN

Pertama-tama, sebagian besar blog di internet dibuat menggunakan platform blogging WordPress. Bahkan, WordPress telah didownload lebih dari 72 juta kali dan digunakan oleh banyak blog dan website populer. Inilah mengapa saya pikir menggunakan WordPress adalah cara terbaik untuk memulai blog Anda. Anda dapat memilih berbagai layout yang berbeda dan tema gratis. Anda dapat dengan mudah menulis posting blog dan menambahkan gambar/foto ke blog Anda, dan juga Anda dapat mengkategorikan posting blog Anda dan membuat menu kustom. Dengan begitu orang bisa komentar dan berbagi blog dengan Anda.

social-networking-logos

Gratis atau Tidak..

Ya, Anda dapat membuat blog di blogger.com atau tumblr.com, tetapi ini tidak benar-benar gratis. Mengapa?Inilah alasannya.. Anda tidak bisa mendapatkan domain Anda sendiri.  Sebaliknya, Anda akan mendapatkan sub-domain. Tetapi jika Anda telah memutuskan untuk memulai sebuah blog di blogger.com (misalnya), maka akan terlihat seperti startbloggingonline.blogger.com – sedikit aneh, bukan?

Blog Anda kekurangan berbagai themes / layout dan plugin. Dengan kata lain, blog Anda akan terlihat benar-benar kosong dan membosankan. Jika Anda ingin tema tambahan atau plugin untuk menyesuaikan blog Anda, Anda harus membayar  mahal untuk itu.

Anda sering tidak mengontrol blog Anda. Bahkan jika blog Anda berada di host situs lain, sehingga Anda bukan pemilik dari properti ini. Jika moderator memutuskan bahwa blog Anda tidak cocok dengan kebijakan mereka (sangat sering terjadi), mereka akan menghapus blog Anda tanpa peringatan apapun. Singkatnya, semua kerja keras Anda dan waktu yang dihabiskan di blog akan lenyap dalam hitungan detik.

Anda tidak dapat mendapatkan uang melalui blogging. Namun, Anda BISA menghasilkan uang dengan blogging, bahkan sudah banyak yang telah membuktikan. Namun, jika Anda pernah memutuskan untuk mendapatkan uang dengan blog Anda, Anda tidak dapat melakukannya pada blog gratis. Karena blog gratis akan memustahilkan keinginan Anda yang ini. Jika Anda tetap akan menggunakan blog gratis, maka bersiaplah kehilangan 50% dari penghasilan Anda. Atau, Anda mungkin harus pelajari strategi promosi bisnis denga blog dulu.

nomoney

Sebuah blog self-host di domain Anda sendiri (yourblog.com) adalah jauh pilihan yang lebih baik. Ini memberi Anda hak untuk mengontrol penuh atas blog Anda dan Anda akan terlihat lebih profesional. Ini juga merupakan pilihan yang cocok untuk orang yang ingin bermain blog dalam jangka panjang, akan sangat baik jika Anda memanfaatkan hal itu. Menjadi seorang blogger, dan mendapatkan uang dari blog Anda.

Biaya apa sajakah untuk memulai self host di domain pribadi Anda?

Tidak banyak. Anda hanya akan membutuhkan domain yang akan menelan biaya sekitar 120.000  per tahun  (layanan yang menghubungkan blog Anda ke internet) hosting berkisar sekitar 24.000-85.000 untuk 5 bulan. Dengan ringkasan sekitar 350.000-an per tahun. Hal yang baik tentang diri-host blog adalah bahwa Anda tidak harus berkomitmen. Jika Anda merasa bahwa blogging sebenarnya bukan secangkir teh Anda, Anda dapat membatalkan kapan saja dan layanan ini memberikan garansi 90 hari uang kembali. Dijamin.

self-host

3) MEMILIH DOMAIN & HOSTING, DAN MEMANFAATKAN WORDPRESS BLOG PADA DOMAIN ANDA SENDIRI

Jika Anda memutuskan bermain blog dengan blog self-host di domain Anda sendiri, maka itu adalah pilihan cerdas. Mencari nama domain yang besar dapat memakan waktu cukup lama, tapi itu sangat worth it. Saya sarankan Anda memilih sesuatu yang bermerek dan mudah diingat. Katakan saja jika Anda berencana untuk memulai sebuah blog fashion. www.fashionblog2013.org or www.all-about-latest-fashion-trends.com bukan nama yang bagus. Mengapa demikian?

Orang lain tidak dapat mengingat domain ketika mereka ingin kembali ke blog Anda, mereka cenderung melupakan nama domain Anda. Ini jauh lebih baik untuk memilih sesuatu yang mudah diingat, seperti www.fashionologie.com, www.vivalafashion.com atau sesuatu yang serupa. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan nama Anda, misalnya: www.RiskaAndria.com

Singkatnya, nama domain Anda harus:

Menarik
Mudah Diingat
Unik

Dimanakah Saya Bisa Mendapatkan Nama dan Hosting Blog?

Saya biasanya menyarankan orang-orang untuk mendapatkan domain dan hosting dari tempat yang sama, dengan cara itu Anda akan menghemat uang dan waktu.

Salah satu yang paling dapat diandalkan adalah Web Hosting Hub. Layanan mereka cukup murah dibandingkan dengan yang lain dan mereka terkenal karena dukungan pelanggan besar mereka melalui email dan telepon. Web Hosting Hub sangat baik juga untuk pemula, karena mereka memiliki “1-Click-Blog-Instalasi” fitur yang difokuskan pada blog WordPress dan website. Anda cukup klik beberapa tombol dan self-hosted blog Anda di domain Anda sudah siap.

Jika Anda memutuskan untuk melaju dengan sebuah perusahaan hosting yang berbeda maka pastikan mereka menawarkan unlimited bandwidth dan unlimited disc space. Itu akan membantu Anda untuk menghindari masalah di kemudian hari.

Anda memiliki dua pilihan untuk menginstal blog Anda ke domain Anda sendiri:

A) Dengan “One-Click-Installation” menggunakan WebHostingHub (Anda akan mendapatkan domain dari sana juga).
B) Secara Manual.

One-Click-Installation lebih baik untuk pemula atau mereka yang berusaha untuk membuat blog pertama mereka.

Untuk menginstal blog Anda secara manual ke setiap host, Anda perlu mengetahui persyaratan sebagai berikut:
PHP 4.2 atau lebih
MySQL 4.0 atau lebih besar
Setidaknya 1GB ruang disk

Jika host Anda memenuhi persyaratan, buka dan download WordPress dari – http://wordpress.org/download

Setelah itu selesai, Anda perlu meng-unzip file ke folder baru di desktop Anda. Pastikan Anda melakukannya dengan benar. Jika salah, maka instalasi blog Anda akan gagal.

Setelah itu Anda perlu mencari file (dalam folder di mana Anda meng-ekstrak WordPress.zip Anda) bernama “wp-config-sample.php”. Setelah Anda menemukannya, Anda harus menghapus sampel dan mengubah nama sebagai “wp-config.php”

Setelah itu buka file tersebut dengan Wordpad (atau Notepad) dan mengubah baris berikut:

define (‘DB_NAME’, ‘database_name_here’);
define (‘DB_USER’, ‘username_here’);
define (‘DB_PASSWORD’, ‘password_here’);
define (‘DB_HOST’, ‘localhost’); – Dalam kebanyakan kasus, Anda tidak perlu mengubah ini. Jadi pada awalnya Anda dapat meninggalkannya.

Jika Anda tidak tahu nama database, username dan password mintalah customer host Anda untuk memberitahu Anda. Setelah Anda mengedit file, tekan menu “Save”.

Sekarang Anda perlu menghubungkan ke account FTP hosting Anda. Anda akan memerlukan klien FTP (misalnya, FileZilla). Sekali lagi, Anda perlu untuk mendapatkan username dan password dari perusahaan hosting Anda. Jika Anda meng-upload file ke direktori root maka blog Anda akan dapat diakses dari www.yourdomain.com. Jika Anda meng-upload file ke folder tertentu (misalnya myblog), blog Anda akan dapat diakses dari www.yourdomain.com/myblog.

Pastikan Anda tidak memiliki “index” file lain (html., Htm.) Karena hal ini dapat mengganggu proses instalasi secara keseluruhan. Anda hanya dapat memiliki index.php, yang merupakan bagian dari WordPress.

Sederhana kan?

Jangan menyerah dulu, Anda hampir selesai. Sekarang buka web browser dan ketik URL berikut : www diikuti dengan nama blog Anda lalu ketik .com/wp-admin/install.php (semua tanpa spasi)
Setelah itu isi formulir (password, username dan nama blog) dan klik menu “Install WordPress”. Nah sudah siap deh sekarang.
…. dan sekali Anda telah menyelesaikan instalasi

TULIS POST PERTAMA ANDA, PILIH TEMA BARU DAN PROMOSIKAN BLOG ANDA

Jika Anda belum pernah menggunakan WordPress sebelumnya, Anda mungkin ingin mempelajari beberapa dasar-dasar berikut..

howtostartablogtutorial61

 

Berikut adalah beberapa fitur yang mungkin perlu Anda ketahui setelah instalasi. Tentu saja, Anda dapat menjelajahi WordPress sendiri. Kesan mudah akan terlihat pada pandangan pertama. It’s easy.

Post and Page : Di sini Anda dapat menambahkan pesan baru atau halaman ke blog Anda. Jika Anda ingin menulis posting blog pertama Anda, periksa sidebar kiri dan pilih “Post” -> “Add New”.

Appearance -> Themes : Di sini Anda dapat mengubah desain dan tata letak. Cukup mencari tema yang berbeda dan klik “Install”.

Settings -> General: Anda dapat mengubah nama blog Anda, tagline, dan alamat e-mail.

Plugins : Plugin adalah fitur kecil yang menambahkan alat tambahan untuk blog Anda, untuk pendaftaran contoh buletin, elemen desain, form kontak dll Cukup klik pada “Add New” untuk mencari plugin yang menarik dan berguna.

Semoga pembahasan tentang cara membuat blog ini bermanfaat bagi Anda. Jangan ragu untuk berbagi dengan kami. Masukan Anda akan sangat berarti untuk kami.

 


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G