sutopo

Untuk para pelaku bisnis modal kecil, website pribadi adalah cara yang  tepat untuk menceritakan tentang bisnis Anda. Ini dapat membantu menunjukkan nilai, menunjukkan kepribadian, dan bahkan meluapkan bakat dan gairah Anda pada cara yang berbeda dari Instagram atau Pinterest. Hal ini juga dapat membantu mengelola reputasi secara online, dan membuat orang tertarik mencari tahu siapa Anda di Google. Pikirkanlah website sebagai sesuatu yang mirip dengan kartu nama digital, dimana orang-orang yang baru Anda kenal dapat mencari tahu tentang Anda. Berikut adalah 4 cara membuat website gratis.

1.  Tumblr

tumblrLayanan yang baru-baru ini diakuisisi Yahoo ini memungkinkan untuk membuat web dengan mudah, sederhana, dan menyediakan berbagai tema. Kelemahan Tumblr adalah Anda tidak memiliki banyak pilihan cara dalam menampilkan konten. Tetapi jika Anda tidak terlalu memilih atau hanya menyukai tampilan tema Tumblr, akan dimanjakan oleh kemudahan pengaturan dan penggunaan dashboard yang simple yang mudah dipahami. Bergabung dengan Tumblr, berarti Anda juga menjadi bagian dari komunitas yang lebih besar, yang membuat pengguna lebih mudah berbagi dan mengomentari posting konten orang lain di Tumblr. Jika Anda tahu orang-orang di Tumblr, ini bisa jadi nilai tambah yang besar.

Posting atau browsing Tumblr melalui web atau aplikasi iPhone atau Android.

Kompleksitas: sangat mudah

Biaya: Tumblr sepenuhnya gratis, dengan iklan

2.  Weebly

orbit-image-1Merancang situs Anda di Weebly semudah menaruh elemen yang Anda inginkan di halaman web. Cukup pilih tema dan website baru Anda selesai. Weebly memberikan keseimbangan yang baik antara penggunaan dan penyesuaian pilihan, memberikan kebebasan membuat situs tanpa macet dalam menjalankan sebuah website. Hal lain yang menarik adalah weebly tidak menambahkan iklan ke konten Anda, jadi tidak akan ada iklan sekalipun pada layanan gratis mereka.

Posting foto, video, atau teks dari website atau aplikasi Weebly untuk iPhone atau Android.

Kompleksitas: Mudah

Biaya: Layanan dasar gratis dan tanpa iklan, tetapi Weebly memberi tambahan biaya untuk fitur-fitur yang canggih.

3.  Jimdo

Jimdo_frontpageMirip dengan Weebly, Jimdo adalah layanan super mudah untuk membuat dan mengelola website sendiri. Jimdo menawarkan tema dan pilihan untuk kustomisasi yang berbeda dari Weebly, tapi dua layanan itu kurang lebih setara. Apa yang membuat Jimdo lebih unggul adalah di sisi kemudahan menangani e-commerce, jadi jika Anda berpikir tentang cara membuat website gratis untuk bisnis kecil, Jimdo akan memberikan kemudahan penggunaan serta cara untuk menjual barang langsung dari website.

Kompleksitas: mudah

Biaya: Layanan dasar gratis dengan iklan, tapi Jimdo menawarkan sejumlah fitur tambahan dengan biaya.

4.  WordPress

WordPress_MP6_dashboardKebanyakan website besar yang Anda baca (termasuk blog.sribu.com sendiri) dijalankan dengan platform WordPress, yang menyediakan seperangkat peralatan blogging. Dan dengan WordPress, Anda tidak perlu khawatir tentang kompleksitas memiliki web host atau server sendiri: WordPress akan melakukan semua pekerjaan itu untuk Anda. WordPress memiliki lebih dari 200 tema untuk dipilih atau Anda dapat menyesuaikan desain sendiri.

WordPress tidak begitu cocok untuk pemula, karena membutuhkan tingkat kemampuan teknis untuk mempelajarinya. Anda bisa terjebak pada fitur-fitur canggihnya, terutama kemampuan upload video berresolusi tinggi dengan cepat, karena perlu beberapa langkah sebelum bisa mendapatkan tampilan sesuai keinginan. Namun, WordPress ini bisa dibilang paling serbaguna, platform yang benar-benar dapat disesuaikan, sehingga Anda dapat membuat desain website sendiri.

Tersedia juga dalam aplikasi iPhone, Blackberry, Android, atau Windows Phone.

Kompleksitas: sedang hingga sulit, tergantung seberapa banyak penyesuaian.

Biaya: gratis untuk layanan dasar, tapi untuk fitur tambahan dikenakan biaya.

Cara membuat website gratis lainnya adalah dengan situs sederhana seperti Wix, yang sangat baik terutama untuk pengguna uber, dan Zerply, yang merupakan alat yang hebat untuk peningkatan resume.

Sekarang Anda sudah memiliki beberapa cara membuat website gratis, sehingga sudah tidak ada alasan lagi untuk bingung membuat website. Website bisa jadi penting untuk menunjang bisnis khususnya.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah pernah menggunakan website untuk meningkatkan bisnis Anda sebelumnya? Yuk bagi pengalaman Anda melalui kolom komentar di bawah ini.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.