Internet telah mengalami kemajuan yang pesat. Hanya dalam kurun 20 tahun saja, Facebook dan Twitter sudah bisa merubah cara dunia berbisnis. Dari yang tradisional menjadi internet-based. Selain itu, website menjadi elemen penting yang harus ada dalam sebuah bisnis karena fungsinya sebagai toko virtual yang merepresentasikan produk/jasa Anda.

Saat ini, penghasilan dapat diperoleh dari ads maupun pop ups, dan penggunaan teknologi seperti search engine, FTP dan Java menjadi faktor yang dipertimbangkan dalam ‘mendirikan’ sebuah usaha dalam bentuk website.

wordpress-winning-meme

Via WPshrug

Kini, ada banyak aplikasi open source yang digunakan untuk membuat berbagai jenis website. Salah satunya adalah WordPress.

Lalu jenis website apa saja yang bisa Anda buat di WordPress?

1. Website Pribadi atau Blog

WordPress awalnya hanyalah jenis website yang diperuntukkan bagi website pribadi atau blog. Namun seiring berkembangnya dunia online, WordPress berubah menjadi CMS favorit para blogger. Selain kepopulerannya yang menandingi Drupal, fitur di WP sangat customizable dan user-friendly terutama bagi para blogger pemula. Fakta ini belum cukup meyakinkan? WP adalah CMS yang paling banyak digunakan di seluruh dunia! Saat ini, ada 60 juta website yang memakai WP sebagai CMS.

2. Website Bisnis

WordPress adalah platform yang dapat digunakan untuk jenis website yang bisa mempromosikan bisnis Anda. Selain fitur yang banyak untuk keperluan bisnis, WordPress sangat cocok untuk website bisnis menengah kebawah yang membutuhkan website sederhana. Anda tak perlu menggunakan jasa web programmer untuk membuat template karena semua telah tersedia secara gratis beserta plugin-nya.

design

Via Pixabay

Banyak pula website developer yang membuatkan website untuk bisnis dengan WordPress sehingga kelak, si pemilik dapat dengan mudah memasukkan konten sendiri tanpa harus pusing dengan html coding.

3. E-Commerce

Website e-Commerce adalah jenis website yang digunakan untuk jual beli. Beberapa contoh website e-Commerce di Indonesia adalah Lazada, Tokopedia dan lain sebagainya. WordPress menjadi solusi yang ideal bagi para pebisnis yang ingin memiliki e-commerce website.

Ada banyak plugins seperti WooCommerce, Easy Digital Downloads dan masih banyak lagi untuk merubah website WordPress Anda ke dalam bentuk E-commerce. Selain itu, Anda juga dapat memasukkan berbagai fitur pembayaran, pengiriman, hingga inventory di dalam WordPress. Bagi para developer, WordPress dapat menerima traffic yang berjumlah besar serta layout website yang rumit sekalipun. Belum lagi kemampuan SEO-nya lewat plugins seperti Yoast SEO.

4. Website Admin

Keunggulan website WordPress adalah kemampuannya menjadi fitur ‘belakang layar’ untuk keperluan website Anda. WP sebagai admin area memungkinkan user untuk mengupload konten, mengupdate lowongan kerja perusahaan dengan template professional.

5. Direktori Bisnis

Direktori bisnis bisa bermacam-macam jenisnya, ada yang untuk tempat wisata, kuliner, tempat belanja, maupun review produk dan jasa. WordPress memiliki banyak tema untuk jenis website direktori bisnis. Menggabungkan gambar dan daftar listing akan lebih mudah menarik perhatian dan ada banyak plugins WP yang bisa di kustomisasi.

WP-Business-Directory

Via WPtemplate

 

6. Website Tanya Jawab

Website tanya jawab seperti Yahoo Answers atau Quora, juga bisa dibuat di WordPress. Jenis website tanya jawab ini dapat mengkombinasikan berbagai tools sehingga Anda dapat membangung sebuah komunitas online sesuai dengan niche yang diinginkan.

7. Website Non-Profit

WordPress memiliki banyak fitur gratis yang cocok bagi organisasi non-profit, misalnya web hosting, template design, hingga plugins.

Bagi perusahaan yang mengutamakan donasi, aktifitas kemanusiaan maupun keagamaan – WordPress menawarkan berbagai fungsi yang tidak mengharuskan Anda membayar sepeserpun. Dengan berbagai plugins, form pendaftaran sukarelawan, rekening donasi dan metode transfer juga dapat ditentukan sendiri oleh si pembuat.

8. Website Portfolio

Tingkat fleksibilitas WordPress cukup tinggi untuk dibuat dalam berbagai macam website termasuk portfolio. Anda seorang graphic designer atau freelance writer? Anda dapat membuat online portfolio yang kreatif dengan WordPress untuk memajang hasil karya serta resume Anda. Anda dapat menambahkan gallery, sliders, serta menata tampilan website agar terlihat rapi dan professional.

portfolio

Via Prnewspro

9. Komunitas Online

WordPress dapat digunakan untuk membuat jenis website yang ditujukan untuk komunitas tertentu. Ada fitur bbPress forum serta fitur-fitur social network yang dapat digabungkan dengan plugins seperti BuddyPress.

10. Website Bagi-Bagi Kupon

Ingin memperoleh komisi dari website lain? Bisa! Lewat WordPress, Anda dapat membuat Coupon website yang diperuntukkan bagi website lain agar mereka dapat mempromosikan produk andalannya lewat website Anda.

online retailers

Via Flubit

Jenis website kupon menampilkan catalog promosi dari berbagai vendor sekaligus tarif diskon dan masa berlaku kupon tersebut. Pengunjung juga dapat merating setiap promosinya agar menjadi feedback bagi para vendor tersebut.

11. Website Lelang

eBay merupakan salah satu tipe website lelang yang sangat populer. Jenis website auction/lelang ini memungkinkan pengunjung untuk menawarkan harga (bidding) sekaligus bertransaksi lewat website tersebut. Dengan website WordPress, Anda dapat menentukan mata uang, metode pembayaran, review, dan keperluan spesifik lain untuk website lelang.

12. Website Multilingual

Ingin memiliki website dengan dua bahasa atau lebih? WordPress menyediakan fitur untuk menampilkan berbagai bahasa dalam website Anda.

multilingual

Via Pinterest

13. Website Wiki

Jenis website Wiki merupakan website knowledge-base dimana para pembaca ingin tahu lebih banyak tentang sebuah topik. Dengan website WordPress, Anda dapat menciptakan website wiki yang informatif. Selain itu, website ini juga dapat di edit oleh semua user sehingga mereka dapat menambahkan atau mengoreksi konten.

14. Website Podcast

Podcast adalah hasil rekaman asli video atau audio yang hampir mirip dengan radio yang di kontennya di-update per episode oleh pemiliknya. Konten podcast bisa dinikmati oleh semua user di seluruh dunia secara gratis. Saat ini, ada banyak podcaster yang menggunakan WordPress sebagai website podcasting. WordPress dapat menjadi wadah yang mengorganisir podcast sekaligus menyediakan audio support, blogging dan berbagai tools lain.

15. Website Affiliate

Afiliasi cukup penting untuk sebuah bisnis. Ada banyak tipe website afiliasi yang menawarkan konten promosi, membandingkan harga, maupun me-review produk. Website afiliasi adalah media perantara antara vendor dan konsumen.

kupon-deals-wordpress-theme

Via WPexplorer

Jadi, ketika konsumen melakukan pembelian atau me-review salah satu brand yang tercantum di website Anda, Anda dapat memperoleh komisi.  Lewat Plugins dan marketing tools-nya, WordPress sangat cocok untuk membuat website affiliate karena dapat mengintegrasikan ads dengan mudah.

16. Website Fotografi

Baik fotografer amatir maupun professional, WordPress memiliki fitur gallery yang dapat di kustomisasi sehingga sesuai dengan tampilan yang diinginkan. Mulai dari judul album, mengkategorikan album, resize image hingga menjual hasil jepretan, WordPress menyediakan semua fitur yang dibutuhkan oleh seorang fotografer untuk memamerkan karyanya.

17. Website Pendidikan

WordPress telah dipakai untuk berbagai sektor termasuk pendidikan. Ribuan sekolah dan universitas di Amerika menggunakan WordPress untuk menciptakan website sekolah mereka.

EDU-Educational-Courses-College-WP-Theme

Via Freshdesignweb

18. Website Pribadi

Ingin punya virtual diary yang hanya dapat diakses oleh Anda seorang? WordPress menyediakan mode private online journal yang memungkinkan pengguna mengatur setting-an website sehingga tidak dapat di-view secara umum.

19. Website Keluarga

WordPress punya fitur media dan management yang cocok untuk jenis website keluarga. Banyak pasangan yang menikah, mendedikasikan sebuah website untuk mengupdate aktivitas mereka dan keluarga kecilnya. Selain itu, fitur-fitur yang user-friendly memungkinkan anak-anak dapat bernavigasi dengan mudah.

WordPress memberikan kemudahan untuk membuat tipe website apa saja karena mendukung penuh SEO dan penggunaan CMS yang intuitif dan mudah.


Anita

Anita

I am very passionate about online media and content writing. Feel free to discuss projects with me at [email protected]