13 Jenis Website WordPress Serta Fungsinya untuk Bisnis

jenis jenis website
Source: Freepik

Tahukah Anda, terdapat berbagai jenis jenis website WordPress dengan pemanfaatan yang berbeda.

Mulai dari website bisnis, blog pribadi, ecommerce, dan lain sebagainya.

Struktur serta tampilan dari setiap kategori website juga berbeda tergantung pada fungsinya.

Dalam artikel ini kita akan membahas secara lengkap mengenai jenis jenis website yang bisa dibuat melalui platform WordPress.

Bagi Anda yang penasaran, yuk simak artikel berikut sampai habis!

13 Jenis Jenis Website

WordPress merupakan sebuah platform CMS pembuatan website dengan fitur yang sangat lengkap.

Anda bisa membuat website untuk berbagai kategori dengan cara pengoperasian yang mudah bahkan untuk pemula sekali pun.

Apa saja ya kira-kira kategori website yang bisa Anda buat melalui WordPress? Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan berikut ini:

1. Website Pribadi Atau Blog

Kategori website yang pertama adalah website pribadi atau blog.

Umumnya, website pribadi atau blog berisi konten-konten yang bersifat personal.

jenis jenis website
Source: wppourlesnuls.com

Contoh website pribadi antara lain seperti, blog travelling, situs vlog, blog fashion, atau berbagai blog lain yang menampilkan konten seputar aktivitas keseharian seseorang.

Fungsi website pribadi adalah sebagai media hiburan dari pemiliknya, dan juga sebagai media personal branding agar mendapat respons positif dari para audiens.

Umumnya, orang-orang yang memanfaatkan website pribadi adalah mereka para pebisnis atau public figure yang membutuhkan sorotan publik.

2. Website Bisnis Atau Perusahaan

Website berbasis WordPress merupakan platform yang dapat Anda gunakan untuk berbagai keperluan salah satunya bisnis dan perusahaan.

Selain fiturnya lengkap, website WordPress juga sangat cocok untuk keperluan bisnis karena bujet pembuatannya nya yang murah.

jenis jenis website
Source: telkomsel.com

Anda tak perlu menggunakan jasa web programmer untuk membuat template website, karena semua telah tersedia secara gratis beserta plugin-nya.

Tak hanya itu, WordPress juga menyediakan fitur dengan pengoperasian yang user friendly, sehingga sangat mudah untuk dipahami oleh para pengguna.

3. Jenis Website E-Commerce Atau Toko Online

Ecommerce atau toko online adalah jenis website yang digunakan untuk keperluan transaksi jual beli.

Beberapa contoh website e-commerce yang sudah sangat populer di Indonesia antara lain, Lazada, Tokopedia, Shoppe, dan sebagainya.

Di era digital seperti sekarang ini, sebuah bisnis rasanya wajib memiliki website profesional dalam bentuk ecommerce untuk mempermudah konsumen ketika ingin melakukan pembelian produk.

WordPress bisa menjadi solusi yang ideal bagi Anda para pebisnis yang ingin memiliki website e-commerce sendiri.

jenis jenis website
Source: sribu.com

Ada banyak plugins yang bisa Anda gunakan untuk membuat website toko online seperti plugins WooCommerce, Easy Digital Downloads, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Anda juga dapat memasukkan berbagai fitur pembayaran, pengiriman, hingga inventory di dalam website tersebut.

Bahkan, tersedia juga plugin optimasi seperti Yoast SEO yang siap membantu mengoptimalkan website Anda dalam mesin pencari.

(Bagi Anda yang sedang mencari jasa pembuatan website murah berkualitas, dapatkan penawaran terbaiknya hanya di Sribu).

4. Website Admin

Berikutnya, kategori website yang bisa Anda buat melalui WordPres adalah website admin.

Salah satu keunggulan dari website berbasis WordPress adalah kemampuannya dalam menyediakan fitur ‘belakang layar’ untuk keperluan situs administrasi, dan pengelolaan situs.

jenis jenis website
Source: yukcoding.com

Website admin memungkinkan Anda untuk mengupload konten, mengupdate lowongan kerja perusahaan, bahkan membuat promosi produk dengan bantuan template professional.

Selain itu, website admin juga sangat berguna bagi Anda yang ingin memaksimalkan potensi blog sebagai sarana komunikasi dan promosi bisnis.

Melalui website admin, seluruh aktivitas serta operasional bisnis di internet dapat Anda kelola dengan sekali klik lewat satu dashboard utama.

5. website Tanya Jawab

Jenis Website tanya jawab seperti Yahoo Answers dan Quora, juga bisa Anda buat melalui platform WordPress.

fungsi website
Source: quora.com

Kategori website tanya jawab ini dapat mengkombinasikan berbagai tools, sehingga cocok Anda gunakan untuk membangung komunitas online sesuai dengan niche yang diinginkan.

Umumnya, penggunaan website tanya jawab adalah sebagai sarana informasi dan bertukar pikiran dari para penggunanya.

Bahkan, tren situs tanya jawab merupakan cikal bakal hadirnya situs-situs jual beli dalam bentuk e-commerce.

6. Jenis Website Portofolio

Tingkat fleksibilitas WordPress yang tinggi membuatnya cocok digunakan untuk berbagai kategori website termasuk hasil portofolio.

Bagi Anda yang belum tahu, website portofolio adalah situs web yang berisi kumpulan hasil kerja yang pernah dibuat oleh seseorang.

Fungsinya, adalah sebagai bukti hasil karya yang ditampilkan untuk berbagai keperluan seperti koleksi, bisnis, hingga untuk melamar pekerjaan.

fungsi website
Source: sribu.com

Apakah Anda seorang graphic designer atau freelance writer?

Anda bisa membuat website portofolio yang kreatif menggunakan WordPress untuk memajang hasil karya serta resume.

Selain itu, pada website tersebut Anda dapat menambahkan fitur lain seperti gallery, sliders, serta menata tampilan layout website agar terlihat rapi dan profesional. 

7. Website Komunitas Online

Komunitas online merupakan kategori website yang berfungsi sebagai media komunikasi suatu kelompok atau organisasi tertentu.

Biasanya, website ini digunakan untuk bertukar pendapat, sharing ilmu, dan membahas hal penting lain yang menyangkut kebutuhan komunitas.

plugin seo wordpres terbaik
Source: adisumaryadi.com

Meskipun saat ini penggunaannya telah jarang, namun website komunitas adalah salah satu wadah yang efektif untuk media pembelajaran, dan pertukaran informasi.

8. Website Bagi-Bagi Kupon

Ingin memperoleh komisi dari cuma-cuma di internet? Bisa!

Melalui WordPress, Anda dapat membagikan kupon yang diperuntukkan bagi situs lain agar mereka bisa mempromosikan produk dan bisnis mereka melalui website Anda.

Website kupon umumnya menampilkan catalog promosi dari berbagai mitra bisnis sekaligus tarif diskon dan masa berlaku kupon tersebut.

plugin seo wordpres terbaik
Source: kabarmedan.com

Dalam situs ini, pengunjung dapat membeli serta memberikan ulasan produk agar menjadi feedback bagi para mitra bisnis yang bersangkutan.

Karena dilakukan dalam website Anda, maka pihak mitra harus memberikan royalti sebagai bentuk rasa terima kasih karena telah menggunakan website Anda sebagai media promosi dan jualan.

9. Jenis Website Lelang

Website auction atau lelang ini memungkinkan para pengunjung untuk melakukan penawaran harga (bidding) sekaligus bertransaksi.

Situs eBay merupakan salah satu website lelang yang sudah sangat populer sejak dulu.

Pada dasarnya, kategori website ini hampir serupa fungsinya dengan e-commerce atau toko online.

apa itu wordpress
Source: lelang.go.id

Namun, karena tujuan utamanya adalah untuk keperluan lelang, maka produk yang dijual pun mayoritas barang bekas atau second.

10. Website Podcast

Podcast adalah jenis konten yang berbentuk rekaman asli video atau audio berisi perbincangan tertentu dan terupdate per episode oleh pemiliknya.

Mungkin umumnya Anda lebih sering menyaksikan podcast di platform video YouTube.

Namun tahukah Anda, konten podcast ternyata bisa dinikmati secara gratis melalui sebuah website.

apa itu wordpress
Source: sitebuilderreport.com

Saat ini bahkan ada banyak sekali podcaster dan konten kreator yang menggunakan platform WordPress sebagai media untuk membuat website podcasting.

WordPress sangat efektif sebagai wadah yang mengorganisir situs podcast karena menyediakan berbagai fitur canggih seperti, audio support, blogging, dan berbagai tools optimasi lain.

11. Website Affiliate

Afiliasi cukup penting untuk sebuah bisnis, bahkan saat ini telah banyak website afiliasi yang menawarkan konten promosi, perbandingan harga, hingga melakukan review produk.

Bagi Anda yang belum tahu, website afiliasi adalah media penghubung antara pebisnis dan konsumen.

Melalui website affiliate, konsumen bisa mengetahui kualitas suatu produk dari berbagai sudut pandang.

apa itu plugin
Source: influencermarketinghub.com

Umumnya, situs ini memiliki judul konten yang berisi rekomendasi terhadap produk tertentu, atau ulasan positif dari konsumen yang telah membeli suatu produk (testimoni).

12. Jenis Website Fotografi

Hampir sama seperti jenis website portofolio, website fotografi memiliki tampilan yang berupa kumpulan hasil karya dalam bentuk gambar.

Namun, bedanya website ini digunakan untuk keperluan pameran, atau sekedar untuk meluangkan hobi di dunia fotografi.

apa itu plugin
Source: pixolum

Selain itu, website fotografi juga bisa dimanfaatkan sebagai media berjualan hasil foto di internet.

Salah satu contoh website fotografi yang menjual berbagai hasil foto dengan harga tinggi adalah situs seperti Freepik, Pexels, Pinterest, dan lain sebagainya.

13. Website Pendidikan

Seiring perkembangan teknologi, seluruh aspek kehidupan juga ikut mengalami perubahan, dan salah satunya adalah dunia pendidikan.

Saat ini, instansi pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga bangku perkuliahan mayoritas telah memiliki website sendiri sebagai media informasi dan sarana pembelajaran.

cms wordpress adalah
Source: wordpress.org

Pemanfaatan website dalam dunia pendidikan ini sebetulnya sudah terjadi sejak era 2000an lalu.

Namun, penggunaannya baru benar-benar maksimal pada awal periode milineal atau tepatnya sekitar tahun 2012.

Bahkan hingga saat ini, website telah menjadi salah satu platform media online terbaik yang berisi informasi akademis, serta materi pembelajaran siswa.

Jenis Website Mana Yang Akan Anda Buat?

Itulah penjelasan lengkap tentang jenis-jenis website WordPress beserta fungsinya.

WordPress merupakan sebuah platform yang memberi kemudahan bagi penggunanya untuk membuat berbagai kategori website.

Bahkan, fitur yang tersedia juga sangat canggih dan siap membantu Anda untuk mengelola serta mengoptimalkan situs web.

Bicara tentang website, tentu erat kaitannya dengan optimasi kata kunci (SEO).

Nah, bagi Anda yang sedang mencari jasa SEO profesional untuk mengoptimalkan website bisnis, dapatkan sekarang juga hanya di Sribu.

Sebagai penutup, silakan subscribe ke blog Sribu untuk mendapatkan informasi artikel terbaru seputar dunia website dan digital marketing.

Jangan lupa follow instagram Sribu untuk mendapat update terbaru mengenai ilmu bisnis.

Semoga bermanfaat!

Giap Luwena
Sebagai seorang Penulis dan Blog Content Editor, saya berharap tulisan saya dapat membuka potensi baca bagi masyarakat Indonesia agar lebih memiliki pengetahuan terutama seputar dunia bisnis, pengembangan website, dan digital marketing