Awas! 9 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Menurunkan Produktivitas

Setiap karyawan atau siapapun yang bekerja tentu menginginkan pekerjaannya dapat diselesaikan tepat waktu dengan hasil akhir yang sangat memuaskan, namun terkadang ada beberapa kebiasaan buruk yang justru bisa menghalangi Anda dalam mencapai target kerja yang diinginkan.

Berikut ini adalah 9 kebiasaan buruk yang akan menurunkan tingkat produktivitas kerja Anda.

  1. Bangun Kesiangan

Bayangkan apa yang terjadi jika Anda bangun kesiangan? Konsentrasi Anda akan pecah, pikiran menjadi tidak fit dan tidak tenang karena memikirkan bagaimana caranya agar tidak terlambat. Dan pada akhirnya ketika sudah tiba di kantor, Anda menjadi tidak fokus dalam memulai pekerjaan yang akhirnya akan membuat Anda tidak produktif.

Sebuah pepatah mengatakan bahwa, “Early to bed and early to rise makes a man healthy, wealthy and wise”. Dari situ bisa diartikan jika Anda tidak ingin bangun kesiangan dan tidak ingin kehilangan konsentrasi, maka biasakanlah untuk tidur lebih cepat dari biasanya.

bangun kesiangan

Via Giphy

 

  1. Melewatkan Sarapan

Riset mengenai Sarapan yang dilakukan oleh peneliti IPB menunjukan bahwa kinerja karyawan yang selalu melewatkan sarapan akan lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang terbiasa sarapan. Oleh karena itu mungkin selembar roti dan susu bisa memberikan sedikit energi yang cukup untuk meningkatkan konsentrasi dan produktivitas kerja Anda.

pic2

Via Giphy

 

  1. Menyelesaikan Pekerjaan Yang Mudah terlebih Dahulu

Menurut buku The Willpower Instinct, dijelaskan bahwa otak manusia akan lebih mudah mengerjakan tugas yang sulit terlebih dahulu. Terutama di pagi hari ketika otak masih dalam keadaan segar. Oleh karena itu cobalah untuk mengerjakan tugas besar terlebih dahulu pada pagi hari, sedangkan tugas-tugas ringan dapat Anda kerjakan selepas makan siang sehinga produktivitas kerja Anda dapat meningkat.

Work Done

Via Tumblr

 

  1. Terlalu Sering Mengecek Email

Kebiasaan buruk yang satu ini akan sangat mempengaruhi produktivitas Anda! Biasanya hal pertama yang dilakukan sebelum bekerja adalah mengecek email terlebih dahulu. Namun selain membuang waktu, terlalu sering mengecek email juga dapat merusak konsentrasi dalam bekerja. Beberapa tips dari HubSpot mungkin bisa membantu Anda untuk mengorganisir pesan masuk pada Gmail Anda.

Email Check

Via Giphy

 

  1. Mengutamakan Sosial Media

Sekali Anda mengecek sosial media maka akan berbuntut pada hal lainnya mulai dari kepo akun teman, cek ini, cek itu dan sebagainya. Sehingga pada akhirnya waktu Anda akan terbuang sia-sia dan konsentrasi pun terganggu akibat dampak dari sosial media. Jika Anda ingin menghilangkan kebiasaan ini, mulailah dengan menghapus toolbar sosial media pada browser PC Anda dan sebisa mungkin matikan koneksi internet pada smartphone Anda.

Social Media

Via SocMedSean

 

  1. Tidak Bisa Jauh Dari Handphone

Mereka yang terlalu sering memeriksa handphone cenderung untuk memiliki produktivitas kerja yang kurang maksimal. Tentu saja hal ini akan sangat menggagu kinerja karyawan yang bersangkutan sehingga harus segera dihindari. Caranya yaitu dengan menonaktifkan handphone ketika sedang serius bekerja, atau bisa juga dengan mengaktifkannya dalam silent mode.

Phone Addict

Via Giphy

 

  1. Terlalu banyak Snack, Kopi, dan Toilet

Tren saat ini menunjukan bahwa perusahaan startup sedang berlomba-lomba untuk membangun kantor keren yang dilengkapi dengan pantry berisi aneka snack gratis serta coffee machine. Oleh karena itu, tak heran jika karyawan akan selalu bolak-balik mengambil makanan di tengah jam kerja. Selain itu toilet juga berperan penting dalam mengurangi waktu produktivitas kerja karyawan. Menahan pipis memang tidak baik bagi kesehatan. Tetapi untuk menghindari hal tersebut cobalah untuk tidak telalu banyak meminum air dingin. Terutama untuk kaum wanita karena fakta menunjukan bahwa wanita lebih sulit untuk menahan pipis jika dibandingkan dengan pria.

kebiasaan buruk

Via Giphy

 

  1. Tidak Beranjak Dari Meja Ketika Jam Makan Siang

Menurut NPR, selain menjadi anti sosial, ternyata memilih makan siang di atas meja kerja dapat mengurangi kemampuan berpikir, menghambat kreativitas, menurunkan produktivitas kerja, dan dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Cara terbaik untuk mengisi waktu istirahat adalah dengan memilih makan di luar seperti kantin, cafetaria, restaurant, food court, atau dimanapun.

kebiasaan buruk

Via Tumblr

 

  1. Melakukan Multitasking

Fakta menunjukkan bahwa hanya 2% manusia yang mampu melakukan multitasking dengan baik. Sedangkan untuk 98% lainnya, justru akan menurunkan  produktifitas sebanyak 40% dan cenderung akan lebih banyak melakukan kesalahan dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan multitasking sebanyak 50%.

Langkah awal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan multitasking adalah dengan menonaktifkan notifikasi yang ada di laptop Anda dan menjauhkan ponsel dari meja kerja.

kebiasaan buruk

Via HubSpot

 

Dengan membenahi diri dari 9 kebiasaan buruk di atas, Anda akan dapat meningkatkan produktivitas kerja dan kinerja Anda selama di kantor. Memang tidak mudah untuk membebaskan diri dari kebiasaan yang cenderung kita lakukan setiap harinya. Namun, meningkatkan kesadaran Anda akan contoh-contoh kebiasaan tersebut akan membantu Anda menjadi sebuah individu yang produktif.