Kesalahan Fatal Dalam Desain Website Bisnis Online

Website perusahaan merupakan representasi dan pintu gerbang dari bisnis anda.  Ratusan bahkan ribuan orang akan melihat sebuah website dan mendapatkan solusi.  Apa yang mereka lihat disana dan bagaimana mereka berinteraksi akan menentukan kesuksesan atau kegagalan sebuah website dan bukannya tak mungkin bisnis online anda.

Berikut adalah beberapa kesalahan yang sering dialami oleh website bisnis tak peduli apakah bisnis anda besar, menengah atau kecil.

1. Desain Website Yang Tak Jelas

bad-web-design

Visitor atau pengunjung website bisnis anda harus mengetahui apa sebetulnya isi dari website anda. Tujuan dari website bisnis anda harus jelas dan seharusnya tak ada hal-hal yang membingungkan visitor.  Sebaiknya anda meletakkan logo perusahaan anda di bagian atas dan jika anda memiliki tagline maka seharusnya bisa langsung terlihat oleh visitor.  Dalam hal ini desain website anda amatlah berpengaruh untuk merepresentasikan apa sebetulnya maksud dari website bisnis online anda.

2. Desain Website Yang Menyulitkan

bad-design-2

Jika visitor sudah mengetahui sebetulnya apa yang menjadi isi website anda maka kesalahan yang sering terjadi adalah desain website yang menyulitkan. Sebaiknya desain website anda memudahkan visitor dengan navigasi yang jelas dan simpel.

3. Desain Website Yang Tak Melibatkan Social Media

78cbafa1_nofb

Social media saat ini menjadi salah satu aspek penting dalam kehidupan banyak orang.  Anda harus memastikan bahwa desain website anda memiliki koneksi ke social media seperti halnya twitter, facebook dan yang lainnya. Sebaiknya dalam desain website anda visitor bisa melihat kehadiran icon-icon social media.

4. Desain Website Yang Hanya Bagus Untuk Satu Browser

Walaupun kebanyakan pengunjung website masuk ke website melalui browser internet explorer namun bukan berarti anda harus mengabaikan tampilan desain website anda di browser lainnya. Browser lainnya seperti mozilla firefox, google chrome dan apple safari juga signifikan dalam menyumbang traffic. Pastikan tampilan desain website anda menarik untuk semua browser.

5. Desain Website Yang Terlalu Ramai

138-1024x584

Sebaiknya anda memiliki desain website yang clean dan memiliki beberapa open space yang terlihat bersih.  Sebuah studi menunjukkan bahwa orang akan lebih tertarik pada website yang mengikuti prinsip-prinsip dasar desain.  Sebaiknya jauhi desain website yang terlalu ramai dan membingunkan.

6. Desain Website Yang Mengabaikan Pengguna Mobile

Sekitar 35 persen pengunjung website berasal dari mobile application. Seringkali kita mengunjungi sebuah website dari aplikasi smartphone dan desain website yang semula bagus di notebook nampak berantakan di perangkat mobile. Hal ini seharusnya dihindari dan anda sebaiknya membuat desain website anda tampil bagus juga untuk aplikasi mobile.

7. Desain Website Yang Lambat dan Berat

Video merupakan hal yang menarik dalam sebuah website. Jika website anda membutuhkan video untuk ditampilkan maka anda bisa melakukannya. Namun jika anda hanya ikut-ikutan saja memasukkan video kedalam desain website anda dan itu membuat website anda menjadi berat dan lambat maka jangan lakukan itu.

8. Desain website yang terlalu mahal

Anda membayar amat mahal untuk pengerjaan sebuah desain website padahal anda bisa mendapatkannya di tempat lain yang lebih budget friendly. Jika anda membayar terlalu mahal untuk desain website mutakhir padahal anda tak membutuhkannya maka anda sebaiknya mencari layanan desain website lain yang menyediakan desain website dengan kualitas bagus dan harga terjangkau.

9. Desain website yang tidak diupdate

Visitor begitupula dengan search engine menyukai website yang memiliki content yang terus diupdate. Jangan biarkan website anda tanpa update sama sekali karena ini akan terlihat bahwa bisnis anda tak profesional. Lakukan update content secara reguler di website anda.

10. Desain Website Yang Tak Memiliki Interaksi

Desain website yang baik haruslah memiliki interaksi untuk visitornya karena tentunya anda ingin mereka terlibat di website anda dan akhirnya menghasilkan sales. Buatlah user comment, adakan kontes dan hal-hal lainnya yang melibatkan visitor.

11. Desain Website Yang Tak Merepresentasikan Brand Anda

Penting untuk memiliki desain website yang merepresentasikan brand anda. anda harus memastikan bahwa website anda harus merefleksikan dan menyampaikan pesan mengenai bisnis anda.

12. Desain Website dengan resolusi rendah

Anda harus memastikan bahwa desain website anda dan seluruh gambar di website anda beresolusi tinggi. Dengan menggunakan gambar resolusi rendah maka akan membuat website terlihat tak profesional.

13. Desain Website Yang Tak Memiliki Mailing List

Pilihan untuk mailing list dalam desain website amat perlu karena dari sini anda bisa tetap terhubung dengan visitor anda yang nantinya bisa menjadi customer anda.  Anda bisa menggunakan beberapa service seperti auto responder email service seperti halnya constant contact, aweber atau get response.

Jadi, perhatikan kesalahan-kesalahan fatal dalam dunia desain website diatas supaya Anda dapat menghindarinya. Ada kebutuhan desain website berkualitas? Lihat detailnya disini.


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G

  • Wah postingannya bisa di catet, point-pointnya masuk akal mas bro…

    • Silahkan saja 🙂 Ke depannya bakalan ada banyak tambahan tips menarik lagi seputar dunia bisnis dan korelasinya dengan desain.

  • Terimakasih atas artikelnya, sy barusan bikin website jogjacoffee.com, mohon saran…krn sy sbagai pemula.
    Terimakasih

  • mahal atau enggak itu relative lah, dan pengunjung maupun search engine ga bakal tau harga desain website kita kok.. 😀

    • ricomakahanap

      thank you komennya brp @ azamuddin. ditunggu ya post2 berikutnya 😀

  • maksih infonya. langsung disimpan tuk pembelajaran kedepannya

    • ricomakahanap

      @ Pencerah, sama2 bro. ditunggu ya update2 berikutnya di post sribu.com 😀

  • menurutku sih, sesuai pengalaman ini menangani klien” besar..baik government maupun swasta terlebih lagi client luar.. poin “Desain Website Yang Merepresentasikan Brand Anda” menjadi Aspek paling penting dalam project web desain. karena desain yang “WOW” aja ngk cukup, dan desain yang harga “Fantastis” juga tidak menjamin desain web yang “AHA” ^^

    • @facebook-1574651798:disqus : Opini yang bagus Pak Rufus, web desain yang baik diharuskan dapat men-deliver message kepada user dan meningkatkan brand awareness akan perusahaan tersebut.

      • kata depan sebelum nama “Rufus” itu sesuatu..
        langsung berasa hilang 10th umur hidup ini ^^ *yang muda yang semangat* kuq ini 😀