OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Mempertahankan bisnis skala menengah secara fundamental berbeda dari mempertahankan usaha kecil.

Startups harus dikelola oleh orang yang ulet, karena hanya disokong sumber daya yang terbatas, dan hanya bisa menyewa beberapa pekerja untuk tugas “darurat” saja. Jika tim dalam sebuah bisnis melakukan pekerjaannya dengan baik, bisnis akan tumbuh. Namun pada titik tertentu, ketika ingin tumbuh menjadi bisnis menengah, startup harus berinvestasi dalam satu tim dengan keahlian khusus dan manajerial yang berbeda. Tapi ini bisa jadi rumit.

Berikut adalah empat tanda-tanda umum yang startup Anda telah mencapai titik membanggakan, dan pahami apa yang harus dilakukan selanjutnya.

grow startup 5

1. Masalah menjadi lebih rumit.

Ketika ingin membesarkan startup, pendiri sering mencari orang yang bisa “multi-task“ dan kompeten dalam berbagai tugas. Memang awalnya mungkin terdengar hebat ketika memiliki peluang dalam berbagai perdagangan, namun pada akhirnya, seorang pemilik bisnis akan perlu untuk mempekerjakan orang-orang dengan spesialisasi tertentu agar dapat membawa bisnis ke tingkat lebih lanjut.

grow startup 2

2. Manajer bukanlah pemimpin.

Kebanyakan manajer di usaha kecil senang untuk melakukan apa yang CEO perintahkan. Tetapi pada titik kritis, CEO tidak akan lagi memiliki banyak waktu atau energi untuk memecahkan masalah bisnis. Ini adalah saatnya CEO membutuhkan manajer yang dapat memimpin diri sendiri.

grow startup 3

3. Para eksekutif bisnis tidak memiliki keterampilan yang tepat.

Dalam startup, cukup dengan menyenangkan CEO dan segalanya akan berjalan lancar. Tapi perusahaan kelas menengah memiliki tim kepemimpinan yang mungkin tiga sampai lima tingkat. Jika eksekutif Anda tidak tahu bagaimana manajemen tim yang baik, atau tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus yang saat ini dibutuhkan perusahaan, pertumbuhan perusahaan dapat tertunda.

grow startup 1

4. Tim tidak berpikir jangka panjang.

Para eksekutif di bisnis baru menikmati untuk bekerja turun ke lapangan. Mereka suka untuk mengeksekusi, dan semua orang terlibat. Tapi semakin besar bisnis, semakin memerlukan perencanaan yang lebih matang, antisipasi, strategi dan pemahaman tentang pasar (atau pasar di masa depan). Beberapa eksekutif tidak menyukai proses bisnis yang lebih rumit ini, bagi mereka ini melelahkan dan terlalu birokratis.

Dalam membangun startup, seorang pemilik tidak akan bisa berjuang sendiri. Anda tentu membutuhkan sebuah tim, dan tim yang ikut berjuang pada awal terbentuknya bisnis, adalah orang yang berpotensi menjadi manajer di masa depan. Perencanaan yang tepat dengan anggota tim akan membuat bisnis mampu bersaing dengan pemain lama. Kembangkanlah bisnis Anda di saat yang tepat, dan jangan sampai Anda terlambat mengetahui perkembangan bisnis Anda.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.