1107_small-business_650x455

Pemilik bisnis kecil dihadapkan dengan tantangan yang unik ketika mencari pangsa pasar. Sebagian besar pengusaha kecil tidak memiliki berbagai media canggih utuk mengelola operasional dari jarak jauh; mereka membantu pelanggan, mengawasi persediaan, meninjau keuangan, dan melatih karyawan setiap hari. Kebutuhan untuk ikut terlibat setiap hari dalam bisnis kecil dapat membuat pemilik sulit untuk fokus pada membangun strategi – padahal strategi merupakan komponen penting dalam mencari pangsa pasar bisnis Anda.

Empat tips ini akan membantu Anda memiliki kesempatan untuk berpikir strategis sehingga Anda tidak melupakan gambaran besar mengenai pekerjaan Anda mengarah ke tujuan utama.

Tips 1: Tentukan Visi Anda

Vision Road Sign with dramatic blue sky and clouds.

Semua strategi harus mengacu pada visi utama perusahaan Anda. Apa misi bisnis Anda? Apa nilai-nilai Anda? Siapa yang Anda layani? Apa yang membuat berbeda dari pesaing Anda? Mengejar tujuan yang sejalan dengan pertanyaan ini akan membantu mengembangkan strategi untuk meningkatkan penjualan bisnis kecil Anda.

Tips 2: Luangkan Waktu untuk Menikmati Langit Biru

Luangkan waktu rutin untuk menghabiskan waktu memandang indahnya alam. Ini adalah waktu yang berharga di mana Anda bisa melepas kepenatan selama satu jam dan mendapatkan inspirasi bisnis yang hebat. Jangan biarkan segala beban bisnis mematikan ide-ide yang Anda miliki. Berikan waktu untuk istirahat dan biarkan kreativitas Anda berkembang.

Tip 3: Gunakan Ide untuk Mulai Beraksi

bigstock-Time-For-Action-In-D-Letters-44076451-666x375

Setelah selesai mencari inspirasi, saatnya untuk kembali ke posisi Anda dan meninjau ide-ide Anda. Identifikasi mana yang layak dalam jangka pendek, layak dalam jangka panjang, dan mana yang tidak mungkin dikembangkan. Kemudian, ambil daftar yang jangka pendek lebih dulu dan membuat rencana untuk menindak lanjuti ide-ide tadi.

Tip 4: Jadilah Akuntabel

Seperti halnya tujuan utama lainnya, hal ini membantu untuk memiliki seseorang yang dapat membuat Anda bertanggung jawab mencapai kemajuan bisnis kecil. Baik itu rekan bisnis, mentor, teman, atau anggota keluarga Anda, pastikan untuk memiliki seseorang yang dapat diajak berbicara tentang strategi Anda, apa yang Anda lakukan untuk menindak lanjuti strategi itu sekarang, dan apa yang Anda rencanakan untuk dilakukan di masa depan dalam rangka mencapai tujuan Anda.

Membawa bisnis kecil Anda tumbuh dengan pemikiran strategis bukanlah sesuatu yang bisa terjadi dalam waktu hanya semalam. Dibutuhkan visi, waktu, kreatifitas, dan komitmen untuk mengembangkan ide-ide yang akan ditindak lanjuti menuju perubahan besar. Memiliki strategi besar yang disesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan bisnis Anda serta konsumen merupakan salah satu kunci untuk  sukses meraih pangsa pasar. Gali ide lebih dalam, berpikir besar, dan dapatkan tujuan Anda.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.