content3-941x627Apakah Anda pernah mencoba untuk benar-benar memahami tentang content marketing?

Sebenarnya content marketing adalah kegiatan di mana Anda menceritakan mengenai merek Anda dan menjawab pertanyaan pelanggan tentang produk atau jasa tanpa harus membayar sepeser pun untuk menjalankan kegiatan tersebut

Sebuah merek yang melakukan content marketing dengan baik adalah mereka yang sadar bahwa konten yang diciptakan haruslah dapat membangun kepercayaan. Baik Anda membuat konten untuk pelanggan potensial, pelanggan lama, analis industri, atau orang lain di luar itu. Tujuan utama di balik upaya tersebut haruslah untuk membangun tingkat kepercayaan yang lebih tinggi pada konsumen melalui konten yang diciptakan.

Jika Anda pemilik merek yang ingin meningkatkan kepercayaan target market melalui konten yang Anda ciptakan, Sribu akan berbagi pengalamnan dalam membangung content marketing melaui 5 langkah singkat yang menjadi kunci untuk membangun kepercayaan pengunjung:

1.  Tentukan Pembaca dan Hasil Anda

Time-to-Think-ContentMerek harus selalu berpikir tentang untuk siapa mereka menulis dan mengapa mereka menulis. Jauh lebih mudah untuk membangun kepercayaan (dan meningkatkan angka penjualan) ketika pembaca yang tepat diberikan konten yang tepat pula. Kemudian merek juga harus berpikir tentang mengapa mereka menulis. Apa tujuan dari kampanye content marketing mereka. Jika kepercayaan adalah objeknya, maka pastikan untuk tidak menonjolkan terlalu berlebihan dan terlalu cepat.

2.  Tentukan jenis konten, frekuensi, dan lokasiurl

Meskipun jenis, frekuensi, dan penempatan tidak otomatis membangun kepercayaan, tapi itu membantu sekali. Kepercayaan dimulai dengan menempatkan informasi yang mereka inginkan di tempat-tempat dimana mereka bisa mendapatkan keuntungan dari itu. Jadi, jika pembaca Anda kebanyakan mencari konten melalui email, maka pastikan Anda membuatnya tersedia untuk mereka. Jika Anda ingin menempatkannya di website perusahaan, maka buatlah desain website yang sederhana dan mudah dinavigasi. Content marketing yang bagus tetapi jika tidak terlihat, maka tidak akan mampu mebangun kepercayaan.

3.  Bagikan, promosikan, dan libatkan

Bagian dari proses membangun kepercayaan adalah memastikan bahwa kata yang keluar tersedia dalam konten. Ada garis tipis antara kesadaran membantu dan promosi spamming. Pastikan berbagi pada platform dimana pembaca aktif. Selanjutnya, bagikan konten dengan hati-hati dan buat pembaca dengan cepat melihat mengapa mereka ingin mengkonsumsi konten tersebut. Akhirnya, jika pembaca membutuhkan waktu untuk terlibat lebih auh dengan konten, jangkaulah mereka agar mereka tahu Anda mengapresiasi dukungan mereka.

4.  Buat hubungan dengan merek Anda sederhana

Jika Anda melakukan semua pekerjaan untuk membuat konten yang hebatm maka Anda harus sangat termotivasi untuk membuatnya mudah untuk siapapun terhubung dengan merek Anda. Pastikan itu mudah untuk menarik pembaca agar lebih berminat untuk terhubung dengan merek Anda melalui email, telepon, RSS, dan lainnya.

5.  Analisis tanggapan dan mengoptimalkanSocial-Media-v2-

Merek harus melihat konten agar tahu apa yang sedang di lihat, dibagi dan terlibat dengan konsumen. Jika konten tertentu menggambarkan tanggapan yang bagus meskipun beberapa diabaikan maka merek harus mengoptimalkan untuk menciptakan lebih dari apa yang terhubung dengan pembaca. Ini tidak hanya menarik lebih banyak pembaca, tetapi juga lebih banyak kesempatan untuk membangun kepercayaan dengan pembaca.

Perlu diingat, lima langkah diatas, seperti layaknya semua proses yang berjalan, pasti membutuhkan waktu. Setelah proses membuahkan hasil, buatlah hubungan yang berkelanjutan dan pelajari serta cari tahu lebih lanjut tentang mereka. Selanjutnya sebuah merek harus trus beraktualisasi diri dan bertanya pada diri sendiri, “Apakah content marketing ini sesuai kebutuhan pelanggan?” dan dapat membantu saat dibutuhkan.

Bagaimana dengan pendapat Anda? Apakah Anda sudah mencoba salah satu tips diatas atau mempunyai tips yang lain? Silahkan share pendapat Anda pada kolom komentar.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.