Mungkin sebagai freelancer, Anda sering berpikir, “Sudah apply ke banyak pekerjaan freelance tapi kenapa tidak ada klien yang merekrut, ya? Sepertinya proposal saya sudah baik, penawaran harga juga sudah sesuai dengan budget klien. Apalagi yang masih kurang?”

“Saya sudah apply ke banyak pekerjaan, tapi kenapa saya belum juga direkrut oleh klien?”

Perasaan dilema seperti di atas pasti sering dialami oleh para freelancer dalam mendaftar pekerjaan, apalagi jika Anda adalah freelancer pemula yang belum mempunyai pengalaman dalam mengerjakan suatu project.

Jangan khawatir! Sribulancer sebagai tempat sekaligus sahabat untuk para freelancer pastinya akan membantu Anda agar dapat direkrut oleh klien dengan cepat.

Berikut adalah 5 informasi penting yang harus Anda berikan kepada klien  jika ingin langsung direkrut:

  1. Perkenalkan Siapa Diri Anda

who are you gif

Via Tumblr

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam apply job adalah memperkenalkan diri Anda dengan baik. Berikut beberapa tips yang bisa Anda cantumkan dalam perkenalan:

Berikut adalah salah satu cara memperkenalkan diri sebagai freelancer di Sribulancer:

perkenalan freelancer

  1. Lampirkan Portofolio Anda

portofolio

Via Behance

Setelah menjelaskan posisi, kemampuan dan pengalaman, yang dibutuhkan oleh klien adalah BUKTI. Jika Anda sudah menjelaskan panjang lebar tentang potensi Anda namun Anda tidak bisa menunjukkannya atau Anda tidak mempunyai data yang valid untuk membuktikan, bisa jadi klien akan ragu dengan kemampuan Anda.

Portofolio yang baik bukan hanya sebagai alat ‘penjualan’, namun juga harus menunjukkan sesuatu yang menarik dari diri Anda.

Sebagai salah satu contoh, jika Anda seorang designer, maka portofolio yang dapat Anda upload adalah 8-10 project design terbaik Anda.

Contoh lainnya jika Anda adalah copywriter, portofolio yang bisa Anda upload adalah 3-4 konten atau artikel yang pernah Anda publish.

Di Sribulancer, Anda dapat memberikan link URL portofolio pada kolom proposal atau upload file pada fitur yang tersedia. Selain portfolio, fitur ‘Upload File‘ juga padat Anda gunakan untuk melampirkan CV yang profesional.

portofolio freelancer

  1. Kapan Anda Bisa Menyelesaikan Pekerjaan?

Jangan menjadi freelancer yang PHP (Pemberi Harapan Palsu). Klien akan tertarik dengan proposal Anda apabila Anda mempunyai tenggat waktu tersendiri dalam mengerjakan suatu project. Beri penjelasan kepada klien kapan kira-kira Anda dapat memulai dan menyelesaikan tugas.

Kesan bertanggung jawab, selau ingin tepat waktu dan dapat mengatur prioritas akan terlihat apabila Anda melakukan hal ini.

deadline freelancer

  1. Jelaskan Harga Yang Anda Tawarkan

budget employer

Via Tumblr
  • Memperkenalkan diri? Done.
  • Portofolio? Done.
  • Waktu penyelesaian pekerjaan? Done.

One left: Menawarkan harga?

Sekarang Anda masuk dalam langkah di mana Anda bisa ‘bermain’ dengan angka. Menawarkan harga adalah bagian yang krusial dari sebuah proposal. Berikut beberapa tips saat Anda menawarkan harga ke klien:

  • Tentukan standar harga Anda dalam menyelesaikan suatu project
  • Jelaskan apa yang akan klien dapatkan jika menerima harga penawaran Anda
  • Berikan beberapa ‘bonus’ yang akan klien dapatkan jika merekrut Anda

penawaran bid harga freelancer

Di Sribulancer, para klien dan freelancer diberikan kesempatan untuk bernegosiasi sebanyak 3 kali. Pastinya jika Anda seorang freelancer, Anda harus dapat bernegosiasi dengan baik kepada klien.

  1. Berikan Penutup yang Hangat

dramatic exit

Via Imgur

Seperti sebuah film, klien juga akan terkesan apabila Anda memberikan ending proposal yang tidak terlupakan. Tutuplah proposal Anda dengan kata-kata yang hangat dan berikan alasan mengapa Anda ingin membantu klien dalam project tersebut.

Sribulancer menyediakan layanan untuk mempermudah Anda berkomunikasi dengan klien, yaitu fitur ‘Chat‘. Jika Anda mendapatkan balasan dari klien, Anda akan menerima e-mail notifikasi dan langsung membuka ‘Inbox‘ Anda di dalam website Sribulancer.

salam penutup freelancer

Ingat! Contoh proposal di atas hanyalah salah satu contoh dari banyaknya proposal yang dapat Anda buat. Sribulancer yakin bahwa Anda, para freelancer kami yang profesional, mempunyai ‘cara’ tersendiri dalam membuat proposal yang menarik.

Hal yang terpenting dalam sebuah proposal adalah Anda menjadi diri Anda sendiri. Kejujuran dalam menawarkan diri mengerjakan suatu project sangat dibutuhkan dalam suatu proposal. Agar pada saat Anda akhirnya direkrut oleh klien, Anda dapat bekerja dengan kemampuan terbaik Anda.

Jadi, sudah siapkah Anda direkrut oleh banyak client?


Ghina Amania

Ghina Amania