Search Engine Optimization (SEO) telah menjadi jargon yang cukup populer belakangan ini. Beberapa orang memang telah benar-benar memahaminya dan merasakan manfaat SEO yang baik. Beberapa lainnya pura-pura mengerti, setengah mengerti, hanya sekedar pernah mendengar istilahnya atau belum mengerti sama sekali mengenai SEO.

Untuk mendapatkan pemahaman yang menyeluruh mengenai SEO, kita bisa berangkat dari memahami hal-hal mendasar yang berkaitan dengan SEO itu sendiri.

Dengan begitu, akan lebih mudah untuk menentukan tujuan dan manfaat dari SEO dan penyedia jasa SEO yang akan digunakan untuk bisnis Anda.

SEOVia MediaWeb

 

Apa itu SEO?

SEO adalah sebuah proses mengoptimalisasi website sehingga dapat mudah ditemukan secara organik di mesin pencari. SEO akan mempertemukan target konsumen dengan produk atau layanan yang relevan sehingga mengubah “pengunjung” menjadi “pembeli”.

Tidak hanya untuk mencari produk atau layanan, pada dasarnya SEO dapat diterapkan dalam pencarian informasi secara umum.

Misalnya, ketika saya ingin mengetahui mengapa brand identity perusahaan itu penting, saya akan langsung diarahkan oleh mesin pencari atau search engine ke sebuah website yang telah melakukan SEO secara baik dan benar.

SEO Result


Penting untuk diketahui bahwa ada dua macam SEO, yaitu 
SEO organik dan SEO non-organik/buatan. Berikut adalah beberapa karakteristik dan manfaat dari kedua jenis SEO tersebut:

  • SEO Organik
    • Menunjukkan hasil dalam waktu yang relatif lebih lama, tapi ketika berhasil biasanya akan bertahan dalam jangka panjang.
    • Tidak mahal.
    • Dapat menghasilkan setidaknya 80% search traffic
    • Blogging merupakan cara paling ekonomis dalam meningkatkan ranking melalui SEO organik.
  • SEO Non-Organik
    • Relatif lebih cepat menunjukkan hasil namun biasanya hanya bertahan dalam jangka pendek.
    • Mahal (biasanya melibatkan iklan berbayar atau iklan pay-per-click).
    • Bagus untuk target konsumen secara tepat.
    • Ranking dapat menukik tajam jika berhenti melakukan SEO non-organik.

 

Gambar berikut menampilkan perbedaan dari SEO yang dilakukan secara organik dan non-organik.

organic vs non-organic SEO
Via
SEM & SEO Management

 

Manfaat dari SEO non-organik (ditandai dengan kotak biru) akan terasa lebih instan dan cepat namun menyangkut biaya yang tidak murah; dicapai dengan memasang iklan di Google AdWords dan customer retargeting.

SEO non-organik dapat dikenali dengan mudah karena pada halaman hasil pencarian Google, akan ditandai dengan kotak kuning yang bertuliskan ‘Ads’ atau ‘Iklan’.

Sedangkan SEO organik (ditandai kotak merah) memiliki manfaat yang dapat dirasakan lebih lama –konten website Anda akan terus muncul di papan atas pencarian Google. Manfaat SEO ini dicapai dengan penggunaan keyword yang benar dan optimal yang akan di-crawl berdasarkan algoritme Google

Dengan teknik dan analisa yang cermat, bukan tidak mungkin website Anda merasakan manfaat dari SEO organik tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal.

Oleh karena itu, sangat disarankan, terutama perusahaan berskala kecil, menengah dan start-up, untuk menerapkan pendekatan SEO organik agar keberlanjutan bisnis juga dapat lebih terjamin meskipun hasilnya tidak instan.

 

Beberapa hal yang patut diperhatikan dalam melakukan SEO organik adalah:

1. Memahami perilaku konsumen dalam memilih kata kunci

Memahami perilaku konsumen dalam menggunakan kata-kata kunci di mesin pencari sangatlah penting karena dengan begitu kita akan bisa bekerja secara lebih efisien dalam membuat konten.

Menurut eCloudBuzz, Google masih menjadi mesin pencari paling banyak digunakan di tahun 2016, dan untungnya, Google menyediakan layanan Google Keyword Planner yang menunjukkan kata-kata kunci yang populer dipakai para konsumen ketika mencari produk atau layanan yang relevan. Klik di sini untuk adalah panduan dalam menggunakan tools tersebut.

 

Keyword Planner

 

2. Menggunakan kata-kata tersebut secara konsisten

Setelah mengetahui kata-kata yang biasa digunakan oleh pembaca di Keyword Planner, saatnya untuk menggunakan kata-kata tersebut di dalam konten website Anda.

Gunakan kata-kata tersebut secara strategis di dalam blog maupun jenis konten lainnya selama tidak terkesan memaksa, dan anda akan merasakan manfaat dari SEO organik.

 

3. Perhatikan aspek pendukung SEO

Salah satu aspek pendukung dari sukses atau tidaknya sebuah proses SEO adalah desain website itu sendiri.

Secara ilmiah, semua jenis bisnis membutuhkan website karena pasar menuntutnya demikian. Harus dipertimbangkan aspek seperti website yang mobile-friendly, navigasinya mudah, desainnya tidak memusingkan.

Jika tidak, mungkin website Anda perlu didesain ulang segera! Terlebih, peranan konten yang berkualitas juga krusial dalam menyukseskan SEO tersebut.

Mantan CEO Yahoo! Indonesia, Budi Putra mengatakan bahwa desain website yang baik akan memberikan bumbu tersendiri pada konten sehingga semakin menarik banyak pembaca.



4. Sebarkan konten  

Anda harus memiliki strategi dalam menyebarkan konten website sehingga penyebarannya akan lebih efektif. Jangan pernah lupakan social media dalam proses ini. Di tahun 2015, Social Media Marketing (SMM) masih memiliki pernanan yang penting dalam meningkatkan traffic website e-commerce sebesar 7%.


5. Ukur hasilnya

Dalam proses monitoring dan evaluasi ini, kita dapat memantau tingkat traffic, engagement maupun kunjungan terhadap website kita.Beberapa produk gratis seperti Google Analytics atau Google Webmaster Tools dapat digunakan untuk mengukur aspek-aspek tersebut.Manfaat dari hasil evaluasi tersebut adalah Anda dapat menentukan kata kunci mana yang efektif dan tidak, atau aspek apa yang memerlukan peningkatan.

Analytics Screenshot

 

Mengapa SEO Dibutuhkan?

Dalam bisnis tentu saja seluruhnya harus dapat terukur, dan salah satu manfaat SEO adalah setiap elemen di dalamnya dapat diukur, dievaluasi dan dikoreksi sehingga SEO masih menjadi pilihan yang masuk akal dalam berbisnis. Beberapa alasan lainnya adalah:

1.SEO lebih hemat dan efektif

Mungkin terdengar mengejutkan untuk mengetahui bahwa SEO yang organik dapat mengalahkan iklan berbayar atau paid-per-click ads.

Namun, fakta yang ditunjukkan riset dari Moz, SEO berhasil menaikkan 75% search traffic menggunakan kurang dari 15% biaya marketing.

Sementara, paid-per-click ads hanya meningkatkan 25% search traffic dan menggunakan 80% biaya marketing. Mind blowing!

mind blownVia AusternInternational

 

2. SEO adalah investasi

Di sini saya akan membahas SEO seperti sebuah investasi properti

  • Fondasi SEO = kata-kata kunci pilihan yang tidak sembarangan dipilih.
  • Struktur bangunan SEO = website dan konten di mana kata-kata kunci tersebut dibentuk sedemikian rupa sehingga enak dilihat atau dibaca.
  • Lingkungan SEO = links yang ditautkan di dalam konten yang ketika semakin relevan dan baik kualitas tautan tersebut, akan tercipta juga lingkungan yang baik. Seluruh kontrol ada di tangan Anda dalam membentuk itu semua.
propertyVia AA-Property

 

Manfaat SEO

Selain penting, SEO juga memiliki manfaat bagi bisnis apabila dapat dijalankan dengan baik dan benar. Beberapa manfaat tersebut adalah:

1. Membawa Lebih Banyak Pelanggan

Sudah pasti salah satu alasan sebuah bisnis memiliki website adalah untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan menyingkirkan kompetitor.

Dengan ditambah SEO yang tepat, Anda dapat menarik pelanggan dan mengembangkan bisnis anda DUA KALI lebih cepat dibanding tanpa SEO.

Apabila Anda rela meluangkan waktu mempelajari manfaat dan teknik penggunaan SEO, website Anda akan menarik pelanggan yang tepat, yang pada akhirnya akan convert menjadi pembeli.

Attract CustomerVia Digital Lighthouse

 

2. Conversion Rate yang Lebih Bagus

Website dengan loading speed yang lama akan membunuh bisnis Anda. Dengan SEO yang benar akan berjalan lebih cepat, lebih mudah untuk dinavigasi, dan memberikan penampilan yang enak dilihat di segala macam gadget.

Memiliki kelebihan ini akan memberikan Anda manfaat berupa pelanggan yang mudah berubah menjadi pembeli tetap bisnis Anda

Increase ROIVia PicReel



3. Meningkatkan Brand Awareness

Ketika SEO dilakukan dengan baik dan benar maka ranking dan kemunculan website di mesin pencari menjadi semakin optimal.

Dengan begini, brand produk atau layanan milik Anda akan semakin sering muncul dan relevan ketika para konsumen mencari di mesin pencari.

brand awareness gifVia Giphy

 

4. Hemat

SEO dikenal dengan efektivitas dan efisiensinya terutama dalam aspek finansial. Inbound Marketing Report menunjukkan bahwa SEO dapat mendatangkan pengunjung 61% lebih besar daripada strategi menarik konsumen berbayar.

Oleh karena itu, SEO sangat disarankan bagi usaha kecil, menengah, dan start-up.

save money
Via Flickr


5. Menyingkirkan Kompetitor Anda

Coba bayangkan dua bisnis yang berkompetisi di inudstri yang sama, menjual produk yang sama, dengan harga yang mirip.

Perusahaan A memiliki website dengan penampilan yang menarik dan muncul di halaman pertama pencarian Google.

Sedangkan Perusahaan B memiliki website website dengan penampilan yang tidak menarik, loading speed yang sangat lama, tidak responsif, dan muncul di halaman ke-5 pencarian Google.

Perusahaan mana yang menurut Anda akan menarik pembeli? Oleh karena itu, apabila kompetitor Anda telah menginvestasi dalam penggunaan SEO dan Anda belum, sudah jelas alasannya apabila bisnis Anda belum berkembang.

win from competitorVia Giphy

 

SEO Tools

Untuk mempermudah Anda dalam melakukan SEO, internet telah menyediakan banyak tools yang dapat digunakan secara gratis. Berikut adalah beberapa tools yang direkomendasikan:

1. Google PageSpeed Insights

Sekali lagi, terima kasih Google karena telah menyediakan Google PageSpeed Insights yang dapat digunakan dengan mudah dan gratis.

Anda tinggal memasukkan URL website yang diinginkan, kemudian penilaian terhadap performa website tersebut akan ditampilkan secara cukup detil mulai dari aspek kecepatannya, performa di desktop dan mobile, dan aspek lainnya.

Google PageSpeed Insights juga memberikan solusi bagaimana memperbaiki setiap kekurangan yang ada di website tersebut.


 

2. SimilarWeb

Anda dapat menggunakan SimilarWeb untuk membandingkan traffic dari website dengan domain manapun. Ini akan sangat membantu ketika Anda memantau pesaing bisnis Anda.

 

3. SEO Site Checkup

SEO Site Checkup adalah platform yang baik untuk mengaudit website Anda dengan cepat dan juga mengecek potensi error yang mungkin ada di website tersebut.
SEO Site Checkup

 

Bagaimana Memilih Jasa SEO yang Baik?

Dalam memilih jasa SEO, Anda harus memperhatikan beberapa hal agar hasil yang didapatkan sesuai dengan harapan. Hal-hal yang harus diperhatikan adalah:

1. Tentukan Tujuan

Selalu tentukan tujuan yang jelas dalam menjalankan SEO. Terkadang tujuan itu hanya sebatas mengaudit website, mendalami performa kompetitor, atau membandingkan kualitas konten website. Apapun tujuan Anda, pastikanlah tujuan itu jelas.

 

2. Minta Pandangan Ahli SEO yang Anda Percaya

Hal ini dapat sangat membantu terutama ketika Anda kebingungan dalam menentukan tujuan yang jelas dalam melakukan proses SEO. Sribulancer memiliki sejumlah ahli SEO dan menyediakan jasa untuk itu di mana Anda juga dapat berkonsultasi banyak hal berkenaan dengan SEO.

Anda dianjurkan untuk meminta beberapa saran dari para praktisi SEO yang mungkin saja akan memberikan masukan terhadap produk atau layanan Anda untuk lebih hadir di media sosial, membuat lebih banyak blog atau memperbaiki navigasi website Anda.

sribulancer logo

 

3. Minta Daftar Cerita Sukses SEO

Anda sangat dianjurkan untuk meminta contoh-contoh cerita sukses yang dilengkapi dengan data yang terukur dari para penyedia jasa SEO.

Dengan melihat kesuksesan mereka dengan mitranya di masa lalu, Anda akan dapat melakukan pertimbangan dan kalkulasi yang lebih masuk akal dengan bisnis Anda.

 

SEO masih menjadi proses yang relevan dalam meningkatkan ranking, traffic dan kehadiran website Anda di tengah para konsumen potensial. Dengan menyelaraskan penggunaan tools SEO dan marketing strategy, manfaat SEO akan dapat dengan lebih cepat terlihat. Lebih jauh lagi, sangat penting untuk menentukan tujuan dan mempertimbangkan masukan para praktisi SEO sebelum benar-benar melakukan proses SEO.

Mulailah mempertimbangkan untuk menggunakan jasa SEO jika bisnis Anda belum menggunakannya.


Meizar Assiry

Meizar Assiry

Twit as @ijey and Co-Founder of @jongpwk. A Music Machine at @KaneronPictures.