Website dapat menjadi suatu media yang akan membantu Anda dalam menjalankan berbagai macam strategi marketing dan bisa juga menjadi media informasi mengenai suatu perusahaan.

Tanpa adanya website, maka bisnis Anda akan kehilangan salah satu media yang cukup penting tersebut.

Selain itu sebagai seorang pemilik bisnis, Anda pun perlu mengetahui di mana konsumen Anda berada.

Tapi apa yang terjadi jika mereka mengetahui bisnis Anda, namun tidak dapat menjangkau Anda? Itulah sebabnya Anda perlu membangun sebuah website profesional untuk bisnis Anda.

Baik memiliki produk secara online atau offline, website telah menjadi sebuah komponen penting dari usaha Anda.

Apabila perusahaan Anda memiliki website profesional yang mampu mendeskripsikan dirinya secara detail, pengalaman lengkapnya, dan juga kredibilitasnya dalam membangun sebuah bisnis, tentunya dapat menciptakan image yang terkesan profesional.

1. Apa itu Website?

Dikutip dari halaman developer Mozilla, website adalah sekumpulan halaman web yang menggunakan satu domain name yang sama. Meskipun menggunakan domain name yang sama, namun masing-masing dari halaman web tersebut memiliki explicit link berbeda yang memungkinkan pengguna untuk berpindah dari satu halaman web ke halaman lainnya.

Untuk mengakses suatu website, Anda cukup mengetikkan nama domain pada web browser dan kemudian halaman utama web atau homepage akan langsung ditampilkan.

website gif

Via Webdesignledger

Website perusahaan adalah sebuah website profesional yang sengaja dibuat oleh suatu perusahaan atau pemilik bisnis untuk menyediakan berbagai informasi detail mengenai bisnis tersebut.

Website perusahaan biasanya terdiri dari beberapa halaman web seperti homepage, about us, product, pricing, employment, terms & condition, address dan juga contact us.

Membuat sebuah website profesional untuk perusahaan bisnis sebenarnya lebih mudah dari yang Anda pikirkan dan bahkan lebih murah dibandingkan dengan biaya marketing yang Anda lakukan secara offline.

Anda dapat melakukannya sendiri secara otodidak, meminta bantuan teman, atau membayar jasa web developer yang banyak disediakan oleh freelancer di internet.

2. Pentingnya Website Perusahaan Bagi Suatu Bisnis

Kita telah memasuki zaman di mana segala sesuatunya terhubung dengan Internet. Namun di luar sana masih banyak pemilik bisnis yang tidak mengetahui manfaat website bisnis.

Mereka berpikir bahwa bisnis yang mereka jalankan adalah bisnis kecil yang  hanya terdiri dari dua atau tiga orang karyawan saja. Bahkan produk yang mereka miliki pun bukanlah sesuatu yang bisa dijual secara online.

technology

Via Newscult


Namun pada kenyataannya, website profesional dapat menjadi satu bagian penting bagi sebuah bisnis.

Tidak peduli produk atau pun jasa apa yang Anda tawarkan. Lagipula website tidak hanya digunakan untuk berbelanja online saja, tetapi juga untuk mencari berbagai informasi dan juga kepentingan lainnya, seperti:

  • Media Marketing

Secara tidak langsung, Internet telah membuat perubahan yang sangat signifikan dalam dunia marketing. Strategi marketing yang dulunya dilakukan secara offline, kini lebih banyak dilakukan secara online.

Oleh karena itu sebagai pemilik bisnis, Anda pun harus mulai mempelajari ilmu digital marketing. Salah satunya adalah dengan membangun sebuah website bisnis yang profesional karena salah satu manfaat website adalah dapat membantu Anda dalam menjalankan berbagai macam strategi marketing dengan biaya yang terbilang murah

  • Media Informasi

Ternyata website juga bisa berperan penting dalam menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh customer.

Anda dapat menambahkan halaman website berupa about us yang akan menjelaskan bisnis Anda secara detail, halaman address yang menunjukkan lokasi bisnis dan juga halaman kontak untuk menghubungi Anda. Selain itu informasi yang Anda tulis pun dapat diperbaharui kapanpun Anda inginkan.

  • Media Iklan

Setiap harinya ada jutaan orang di dunia yang selalu mengakses Internet, sehingga tidak heran jika Intrnet telah menjadi salah satu media iklan yang sangat efektif.

Jika bisnis Anda memiliki sebuah website profesional yang  menduduki posisi pertama pada mesin pencari Google maka Anda tidak perlu lagi membayar website lain sebagai media iklan karena anda dapat dengan mudah mengiklankan produk-produk terbaru Anda melalui website perusahaan yang Anda bangun.

advertising platform

Via Behance
  • Media Komunikasi

Dengan memiliki sebuah blog ataupun website perusahaan, Anda dapat memberitahukan customer mengenai produk terbaru, promosi, event, foto, atau konten apapun yang ingin Anda komunikasikan kepada customer.

Bahkan sebenarnya Anda juga bisa mengetahui karakteristik mereka melalui website Anda. Jadi intinya website juga bisa dimanfaatkan sebagai media komunikasi dengan para customer.

  • Customer Support

Manfaat website lainnya adalah Anda dapat menghemat budget pada sisi customer support dengan cara membuat ticketing system atau dengan menuliskan FAQ (Frequently Ask Question) sedetail mungkin pada website perusahaan.

Biasanya pelanggan yang mengalami masalah dengan produk Anda akan mencari informasi melalui Internet dan kemudian menemukan website bisnis Anda. Nah, disitulah letak kegunaan website sebagai sarana customer support.

Customer Support GIF

Via Giphy
  • Alamat dan Kontak

Untuk menjangkau bisnis Anda, maka para customer perlu mengetahui alamat dan kontak Anda. Bahkan hampir semua website perusahaan memiliki elemen website berupa halaman contact us yang berisi alamat, email dan nomor telepon.

  • Press Release

Jika anda bekerjasama dengan perusahaan media untuk menerbitkan suatu press release maka bisa dibayangkan berapa harganya. Sebenarnya ada cara lain yang lebih murah dan dapat Anda lakukan sendiri secara online, yaitu dengan memaksimalkan kegunaan website. Selain itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis press release pada website, salah satunya yaitu SEO.

writing gif

Via Giphy

3. Manfaat Website Terhadap Bisnis Anda

Ada banyak sekali manfaat website yang bisa Anda dapatkan, terutama bagi mereka yang menjadi pemilik bisnis. Entah itu bisnis berskala besar atau bahkan yang hanya terdiri dari satu karyawan pun tetap akan merasakan kegunaan website bagi bisnisnya. Sayangnya diluar sana masih banyak pemilik bisnis yang belum menyadari bahwa manfaat website itu sangat banyak. Berikut adalah beberapa manfaat website yang bisa membuat bisnis Anda menjadi  lebih berkembang :

  • Menghemat Pengeluaran Bisnis

Iklan yang dipublikasikan melalui koran, majalah dan media iklan tradisional lainnya akan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan iklan yang dipublikasikan secara online.

Sebagai seorang pemilik bisnis, Anda dapat memaksimalkan kegunaan website sebagai media iklan. Bahkan beberapa perusahaan bisnis mengetahui salah satu manfaat website adalah sebagai media iklan secara online yang bisa memperoleh jumlah audience yang sama dengan cara offline namun dengan biaya yang jauh lebih murah.

money gif

Via Thestorypedia
  • Mengalahkan Kompetitor

Jika bisnis Anda memiliki banyak sekali pesaing atau kompetitor, bisakah Anda hitung berapa dari mereka yang memiliki website profesional untuk bisnisnya?

Atau setidaknya berapa banyak jumlah mereka yang mengetahui manfaat website meskipun tidak pernah diperbaharuinya sama sekali?

Dengan memiliki website perusahaan maka Anda bisa tampil sedikit lebih baik dan memiliki media marketing yang lebih baik. Anda juga bisa menguasai pasar online disaat saingan Anda masih menggunakan cara tradisional.

  • Meningkatkan Jumlah Customer

Perkembangan teknologi dan Internet membuat jumlah pengguna smartphone dan perangkat lainnya yang dapat mengakses Internet menjadi semakin bertambah.

Beberapa di antaranya mungkin bukan menjadi target market Anda, namun secara tidak sengaja tertarik dalam bisnis Anda berkat adanya informasi yang anda tulis melalui website perusahaan. Jika hal ini terus terjadi, maka jumlah customer Anda akan meningkat secara perlahan.

Namun perhatikan juga beberapa cara lain dalam meningkatkan jumlah pengunjung website.

customerrelations_recolored-gif

Via Langrandhealth
  • Memperoleh Feedback

Salah satu manfaat website yang cukup penting adalah mampu menarik minat para customer. Melalui konten yang disajikan, Anda dapat memberikan saran, berkomunikasi secara tidak langsung dan juga membangun reputasi yang baik.

Dengan melakukan dialog seperti itu maka secara tidak langsung Anda dapat mengetahui atau mendapatkan feedback customer melalui website perusahaan.

  • Mencapai Target Bisnis

Seorang pemilik bisnis harusnya menyadari bahwa semakin banyak visitor website maka akan meningkatkan jumlah potential sales.

Namun untuk menambah jumlah visitor, Anda perlu memperbaharui dan mempromosikan konten website perusahaan secara berkala. Semakin informatif konten yang Anda buat pada website, semakin banyak pula visitor yang akan mengunjungi website Anda. Pada akhirnya salah satu manfaat website untuk mencapai target penjualan pun dapat Anda rasakan.

  • Membangun Brand Bisnis

Internet memungkinkan para pemilik bisnis kecil untuk membangun brand secara cepat dan dengan budget yang jauh lebih murah dibandingkan cara tradisional.

Membangun brand bisnis dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah melalui website perusahaan.

Anda dapat memaksimalkan kegunaan website untuk menampilkan logo dan tagline. Selain itu konten dan informasi yang Anda tulis di dalam website juga dapat mempengaruhi mindset milik customer terhadap karakteristik bisnis Anda.

WALMART GIF

Via Giphy
  • Menunjukkan Kredibilitas Bisnis

Secara sederhana, website profesional akan menunjukkan kredibilitas bisnis Anda di mata customer. Mereka yang hendak membeli produk atau menggunakan jasa Anda akan melakukan riset kecil mengenai bisnis Anda di internet.

Ketika mereka menemukan bahwa Anda memiliki website profesional, maka mereka akan menganggap bahwa Anda sangat kredibel.

4. Memilih Jasa Pembuatan Website Perusahaan Yang Baik

Jika Anda sudah mengetahui bahwa fungsi dan manfaat website itu sangat banyak sekali, maka sudah saatnya Anda untuk membawa bisnis Anda selangkah lebih baik.

Dalam membangun website perusahaan, biasanya Anda terfokus pada peningkatan jumlah customer atau visitor. Anda melupakan bahwa tampilan dan isi website profesional bisa berperan penting dalam kesuksesan strategi marketing yang Anda terapkan.

Disamping itu, memang bukan pekerjaan yang mudah untuk memilih jasa pembuatan website perusahaan yang baik.

Anda bisa saja membayar sebuah agency yang terdiri dari beberapa tim untuk mengerjakan website Anda, namun sebagai startup maka budget Anda sangat terbatas.

Alternatif lainnya adalah Anda bisa merekrut freelancer berpengalaman dalam bidang website development yang tersedia di Sribulancer.

Beberapa pertanyaan simple berikut ini dapat membantu Anda dalam menentukan website developer yang benar-benar berpengalaman dan mengerti apa yang Anda inginkan:

question gif

Via Giphy
  • Siapa yang menjadi fokus Anda dalam mendesain website perusahaan?

Untuk mengetahui apakah mereka berpengalaman atau amatir, cukup perhatikan saja apa yang menjadi fokus mereka.

Ada tiga kemungkinan jawaban yang muncul yaitu sesuai dengan keinginan klien, sesuai dengan ciri khas website buatan mereka sendiri, dan sesuai dengan kebutuhan customer. Jika mereka menjawab sesuai dengan kebutuhan customer, maka mereka mengerti tujuan dari pembuatan sebuah website perusahaan.

  • Bisakah Anda menunjukkan website yang serupa dengan keinginan saya?

Mereka yang profesional biasanya akan langsung menunjukan beberapa website profesional yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Mereka sudah memahami betul jenis-jenis website yang biasanya diinginkan oleh klien mereka. Atau bahkan mereka menunjukkan portofolio mereka yang serupa dengan kriteria Anda.

  • Bolehkah saya bertemu dengan tim Anda?

Pertanyaan ini akan membantu Anda untuk mengetahui apakah mereka bekerja seorang diri atau secara tim. Jika mereka bekerja secara tim, belum tentu tim mereka solid. Bisa jadi mereka hanya sekumpulan para freelancer yang lokasinya saling terpisah jauh dan hanya saling berbagi project.

  • Bagaimana jika saya ingin memperbarui website perusahaan saya nanti?

Web developer yang baik akan berpikir mengenai jangka panjang dan juga garansi dari website perusahaan yang mereka buat.

Tidak ada pikiran sama sekali jika Anda ingin memperbarui website, maka Anda harus kembali membayar mereka.

Justru mereka biasanya telah membuat suatu content management tool yang mempermudah Anda untuk memperbaharui konten, halaman, dan juga fitur yang ada di website.

Mereka pun akan dengan senang hari menjelaskan kepada Anda seluk beluk website yang mereka buat dan mengajarkan Anda sedikit ilmu mengenai web developer sebagai bekal Anda mengelola website.

Dari tulisan di atas, dapat disimpulkan bahwa fungsi dan manfaat website bagi sebuah bisnis sangatlah banyak.

Website perusahaan dapat menjadi media yang cukup efektif dalam mengembangkan bisnis dan juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan penjualan produk Anda.


Antaresa Mayuda

Antaresa Mayuda

Copywriter, Content Marketer dan Translator. Saya memiliki latar belakang pendidikan yang sangat jauh dari dunia tulis menulis, tetapi bagi saya menulis sudah menjadi bagian hidup, saya sangat menikmatinya.

  • seto pratama

    Mantap! ini dia yang di cari