Pernahkah Anda membaca atau mendengar sebuah iklan yang hanya digambarkan dengan beberapa kata saja tetapi Anda sudah mengetahui maksud dari iklan tersebut? Bisa jadi itu adalah sebuah tagline.

Tagline adalah sebuah deskripsi singkat yang bisa menggambarkan bisnis Anda secara keseluruhan. Selain itu tagline yang menarik juga akan memudahkan konsumen mengingat dan membedakan bisnis Anda. Bahkan beberapa contoh tagline menarik yang dimiliki oleh perusahaan terkemuka telah berhasil meningkatkan brand identity perusahaan dengan reputasi tinggi.

Namun, dalam membuat tagline ternyata tidaklah mudah. Berikut ini adalah tips membuat tagline menarik di mata konsumen :

  1. Awali Dengan Membuat Logo

Jika bisnis Anda belum memiliki sebuah logo, maka Anda harus membuatnya terlebih dahulu sebelum membuat tagline. Pada dasarnya tagline tidak akan berfungsi apapun jika tidak adanya logo, kecuali jika media marketing Anda adalah radio. Perpaduan antara logo dan tagline akan membuat branding Anda menjadi semakin kuat. Tagline perusahaan yang Anda buat juga akan memperkuat maksud dari logo Anda.

logo

Via Tumblr

 

  1. Tunjukkan Keunggulan Bisnis Anda

Kunci utama sebuah tagline adalah membedakan produk Anda dengan para kompetitor dan menekankan kepada konsumen tentang keunggulan bisnis Anda. Jika produk Anda benar-benar memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri dibandingkan milik kompetitor, maka tonjolkan hal tersebut pada tagline perusahaan Anda.

be different

Via Parenting

 

  1. Gunakan Kata-Kata Yang Sederhana

Sebuah logo yang efektif akan mudah dimengerti oleh konsumen hanya dalam hitungan detik, begitu pula dengan tagline. Oleh karena itu dalam membuat tagline diperlukan kata-kata yang sederhana agar mudah dimengerti. Akan tetapi, tagline tidak boleh dibuat hanya dengan satu kata atau bahkan puluhan kata. Contoh tagline menarik yang sederhana misalnya “Connecting People” milik Nokia atau yang membentuk kalimat panjang misalnya “Once you pop, you can’t stop” milik Pringles.

make it simple

Via Veritusgroup

 

  1. Tambahkan Humor Jika Memungkinkan

Jika memungkinkan untuk menambahkan sedikit humor pada tagline, maka lakukanlah. Karena humor pada tagline akan membuat konsumen berpikir lebih jauh tentang produk Anda. Namun jika joke-joke yang Anda sematkan justru memberikan kesan negatif maka sebaiknya Anda mencari cara lainnya agar mudah diingat oleh konsumen.

funny

Via Giphy

 

  1. Buatlah Dengan Kreativitas Yang Tinggi

Tagline perusahaan yang menarik seharusnya memiliki keunikan tersendiri yang membedakannya dengan kompetitor. Untuk menghasilkan keunikan maka diperlukan kreativitas yang tinggi. Jadilah kreatif dan hindari pernyataan-pernyataan yang tidak memiliki arti. Jangan sekali-kali Anda meniru tagline perusahaan lain karena akan menurunkan brand image di mata konsumen.

creative

Via Memegenerator

 

  1. Tetap Utamakan Kejujuran

Ketika menulis tagline, kejujuran sangatlah penting. Jika Anda terlalu berlebihan, apakah Anda yakin bisnis Anda bisa memenuhi janji-janji yang Anda tulis pada tagline? Jika Anda tidak yakin sebaiknya pikirkan kembali. Selain itu Anda juga sebaiknya menghindari kata-kata seperti “Terbaik” atau bahkan “Nomor 1”, karena konsumen akan menganggap Anda terlalu percaya diri dan hiperbola.

honest

Via Wikia

 

  1. Tidak Hanya Dibaca Tapi Juga Didengar

Meskipun tagline tersusun dari beberapa kata yang menggambarkan bisnis Anda, namun ternyata tagline tidak hanya untuk dibaca, tetapi juga didengar. Tagline yang Anda tampilkan pada iklan televisi maupun radio harus menyenangkan untuk didengar. Nada atau intonasi yang tepat akan membuat konsumen mudah untuk mengingat bisnis Anda. Sebagai contoh tagline menarik untuk didengar adalah “I’m Lovin’ It” milik McDonald’s. Setiap orang yang membaca tagline tersebut pasti memiliki nada yang sama.

easy listening

Via Imgur

 

Itulah tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat tagline yang baik di mata konsumen. Namun jika Anda kesulitan dalam menulis tagline dengan susunan kata yang menarik, anda dapat memanfaatkan jasa penulis freelance untuk membantu Anda membuat tagline. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan ide tagline dari beberapa contoh tagline menarik dari beberapa perusahaan terkenal dunia berikut ini:

Nike: Just Do It

Contoh tagline menarik yang pertama adalah “Just Do It” milik Nike. Dengan taglineJust Do It” ini, Nike menunjukkan bahwa perusahaannya tidak hanya menjual perlengkapan olahraga saja. Mereka mendorong Anda berpikir bahwa untuk melewati suatu tantangan tidak perlu menjadi atlet terlebih dahulu, Just do it!

nike just do it

Via Huhmagazine

 

Apple: Think Different

Tagline “Think different” menunjukkan bahwa Apple berbeda dengan komputer pada umumnya. Performa produk Apple dianggap sangat luar biasa dengan desain simple yang membuat para penggunanya merasakan sensasi berbeda dibandingkan komputer dengan sistem operasi lainnya.

Apple Think Differently

Via Mshcdn

 

McDonald’s: I’m Lovin’ It

McDonald’s merupakan contoh tagline menarik lainnya yang tidak hanya enak dibaca tetapi juga didengar. Sebenarnya McDonald’s menyadari bahwa produk yang mereka jual tidak menyehatkan tetapi rasa dan kenikmatan yang ditawarkan membuat semua orang menyukainya.

mc donlad's i'm lovin' it

Via Abff

 

Nokia: Connecting People

Sebagai vendor ponsel terkenal di dunia, Nokia mencoba mengingatkan konsumennya bahwa mereka tetap dapat berkomunikasi menggunakan handphone meskipun terpisah jarak yang sangat jauh sekalipun.

nokia connecting people

Via Magnatas

 

LG: Life’s Good

Orang menganggap bahwa LG merupakan singkatan dari “Life’s Good”. Padahal kenyataannya itu adalah sebuah tagline perusahaan yang menunjukkan bahwa dengan menggunakan produk-produk LG maka kehidupan Anda akan berjalan dengan baik.

LG Life's Good

Via Businesswire

 

Berdasarkan contoh tagline menarik tersebut maka dapat Anda simpulkan bahwa membuat tagline haruslah sederhana, namun memiliki makna yang bisa menggambarkan keseluruhan produk Anda dan membuat konsumen mudah mengenali bisnis Anda.


Antaresa Mayuda

Antaresa Mayuda

Copywriter, Content Marketer dan Translator. Saya memiliki latar belakang pendidikan yang sangat jauh dari dunia tulis menulis, tetapi bagi saya menulis sudah menjadi bagian hidup, saya sangat menikmatinya.