Bagaimana untuk sukses menerapkan Marketing Mix

Pesaing bermunculan. Tuntutan semakin meningkat. Mempertahankan kinerja tetap di puncak menjadi tidak gampang, dan sekarang saatnya untuk berubah dan mengubah “cara main” dengan menerapkan marketing mix.

* Source taken from: BizEngine
Mari kita hadapi itu – Marketing mix memang kompleks. Perubahan musim dan flluktuasi penjualan. Setiap pasar yang baru seakan memanggil anda untuk sedikit melakukan evolusi , fungsinya untuk mengambil tempat dalam operasi bisnis Anda.
Untuk terus berkembang dalam keadaan ini, Anda perlu mengubah bagaimana penempatan barang-barang Anda di pasar.
Inilah dimana marketing mix dapat membantu Anda.
Secara sederhana, itu adalah satu set dari unsur-unsur yang Anda gunakan untuk membuat keputusan pemasaran. Unsur-unsur Marketing mix dipanggil dengan 4P: Product, price, place, and promotion.

Tentu saja, pemasaran yang efektif merupakan proses yang berkelanjutan. Dengan Marketing Mix, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan variabel untuk mendapatkan manfaat maksimal dari fungsi pemasaran Anda. Mengacu pada 4P secara teratur dan menilai apa yang berhasil dan apa yang tidak dalam strategi Anda saat ini. Anda akan lebih siap dengan cara yang lebih efisien untuk mencapainya, tidak hanya untuk tujuan penjualan  jangka pendek, tetapi juga keberhasilan yang menguntungkan untuk jangka panjang.

Tanpa basa-basi lagi, inilah pendekatan dan penerapan 4P ke strategi pemasaran Anda:

Product

Bagaimana untuk sukses menerapkan Marketing Mix
The Starbucks experience: It’s not just about the cup of tall chai latte. It’s also about friendly baristas, warm interiors, pleasant music, and a consistent look and feel across all chains.
* Source taken from:  PhotopediaPhotos via Flickr CC.

Produk Anda terdiri dari semua barang yang Anda bawa sebagai bagian dari penawaran Anda. Ini termasuk setiap fitur berwujud yang menyertai barang Anda untuk membuat brand produk Anda.

Sebagai Contoh produk berwujud seperti tas dan sepatu sudah termasuk dalam aset yang tidak terwujud seperti nilai suatu brand dan pelayanan pelanggan. Demikian juga layanan tak berwujud lainnya seperti pariwisata, industri keuangan, dan informasi dapat datang bersama dengan hal hal lain, yaitu kemasan yang memungkinkan pembeli Anda untuk merasakan nuansa, aroma, dan sentuhan produk Anda.

Dua faktor terbesar yang mempengaruhi keputusan pembeli sebelum mereka membeli barang Anda adalah:

Fungsi: Apa yang pelanggan  anda inginkan atau butuhkan? Apakah produk Anda memenuhi kebutuhan ini?
Penampilan: Bagaimana pelanggan Anda akan melihat tampilan dan nuansa dari produk Anda? Bagaimana mereka akan mengalaminya? Lihatlah contoh-contoh desain kemasaan ini sebagai perbandingan.
Ketika Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Anda mungkin sudah mengembangkan beberapa ide di kepala Anda untuk meningkatkan taktik pemasaran Anda saat ini. Itu karena produk Anda adalah kernel dari strategi pemasaran Anda, dan untuk alasan itu, itu harus menjadi fokus utama dengan mana Anda melakukan semua kegiatan pemasaran marketing mix Anda.

Price

Marketers tidak akan pernah memberitahu Anda untuk bersaing pada harga saja. Meskipun harga adalah salah satu unsur dalam Marketing Mix yang menciptakan pendapatan penjualan, Anda juga harus mempertimbangkan berapa banyak pelanggan Anda bersedia untuk membayar.

Penyesuaian harga hanya dapat diinduksi dengan menemukan berapa pelanggan yang memahami nilai dijual. Melakukan penelitian yang luas tentang bagaimana konsumen berpendapat tentang semua merek yang mirip dengan produk Anda, karena mungkin telah ada kisaran harga untuk produk tertentu Anda akan jual.

Lakukan apa saja untuk meningkatkan penilaian yang dirasakan pelanggan  dari produk Anda, bahkan jika Anda harus  sepenuhnya melakukan Rebrand bisnis Anda. Tujuan dari label harga adalah untuk menyampaikan kualitas produk Anda dan memperkuat sisa usaha pemasaran Anda.

Place 

Sebuah produk yang luar biasa saja tidak menjamin kesuksesan. Tanpa pemasaran yang efektif, orang tidak akan pernah tahu keberadaannya. Sangatlah penting bagi sebuah bisnis untuk mendapatkan target market yang ideal.

Sadarilah bahwa produk Anda terus-menerus bersaing untuk berdiri keluar dari keramaian. Bayangkan diri Anda berdiri di depan kios: Anda dibombardir dengan berita yang menarik, tipografi mewah, dan gambar provokatif.

Majalah apa yang paling menarik untuk anda? Mengapa tampak menarik untuk Anda? Seberapa besar kemungkinan Anda untuk mengambilnya, dan membelinya?

Ini adalah pertanyaan industri majalah ,meminta pembaca setiap hari untuk berinteraksi melalui semua cara yang mereka buat untuk bisa mendapatkan pendapat konsumen ‘- hal-hal seperti polling, survei, dan wawancara – untuk memahami bagaimana mereka membuat tata letak saluran distribusi terbaik untuk segmen pasar mereka.

Prioritas Anda adalah untuk membuat barang-barang Anda tersedia untuk pelanggan Anda. Seperti kata pepatah, barang harus berada di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat. Mereka harus tiba kapan dan di mana saat Permintaan Tingga. Ini adalah di mana Anda merancang sistem distribusi dan dikelola untuk menangani operasi seperti transportasi barang dan penyimpanan.

Masyarakat semakin terbagi menjadi kelompok kelompok tertentu, dan penting bagi anda untuk memahami gaya hidup audiens Anda – rentang usia berapa sajakah? Apa kepentingan mereka? Apa jenis toko yang mereka sukai? Di mana mereka berbelanja secara teratur? Apakah mereka lebih memilih untuk membeli barang-barang mereka di-toko atau online?

Semakin Anda memahami perilaku pembelian, pengiriman produk anda akan lebih mudah dan produk Anda menjadi lebih pas untuk segmen pasar Anda. Hal ini semakin membedakan penawaran Anda dari pesaing dengan menerapkan marketing mix.

Promotion

Pada akhirnya, logistik pemasaran Anda tergantung pada daerah industri Anda . Ini mungkin membuat sistim distribusi menjadi lebih nyaman, misalkan produsen kulit sintetis akan lebih suka menjual ke pedagang besar daripada pengecer, sementara desainer independen kartu ucapan akan lebih memilih untuk mengenakan tarif royalti untuk pengecer atau menjual kartu mereka secara langsung kepada pelanggan.

industri majalah dan surat kabar masih mengembangkan model distribusi yang paling efektif untuk menempatkan produk digital mereka dan juga produk cetak. Untuk sebuah industri yang kompetitif, diversifikasi saluran Anda mendorong eksposur dan memaksimalkan keuntungan pendapatan Anda.

Namun, Anda harus menjaga fokus laser pada segmen pasar Anda – Hal yang terakhir, pertahankan pelanggan setia andam jangan pernah buat mereka bingung.

Di marketing mix inilah kreativitas dibutuhkan: Promosi menyajikan segala sesuatu tentang Anda melalui iklan yang kreatif, promosi penjualan yang efisien, hubungan masyarakat yang kuat,dan penampilan lainnya untuk menunjukkan pada orang lain apa yang Anda tawarkan kepada pasar.  Bahkan dengan budget minimal anda bisa melakukan strategi  promosi  efektif.

Ini berhubungan dengan penempatan produk Anda: materi promosi Anda harus bertujuan untuk berkomunikasi dengan audiens Anda tentang keberadaan dan ketersediaan produk Anda. Bila dilakukan secara teratur, promosi tidak hanya meningkatkan penjualan, tetapi juga mendorong penerimaan produk baru anda karena itu pengakuan yang lebih luas dari merek Anda.

Mari kita lihat situasi Anda saat ini: Apakah Anda menggunakan promosi yang paling cocok untuk pasar Anda? Apakah mereka mengerti apa yang Anda tawarkan?

Beritahu kami rencana Marketing Anda dan biarkan kami menangani segala sesuatunya Sribu.com menyediakan semua bahan yang Anda butuhkan untuk setiap bagian dari Marketing Mix. Dari iklan banner untuk selebaran, poster untuk kemasan, label Infografis, Anda akan mendapatkan lebih dari 100 ide untuk setiap desain dalam waktu tiga hari hanya di sribu!

 Bagaimana untuk sukses menerapkan Marketing Mix 


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G

  • jasmanmenthol zalukhu

    gan hubungan pariwisata dengan marketing mix apa ya