Ini saatnya untuk membuat mobile site untuk bisnis Anda!

Ini saatnya untuk membuat mobile site untuk bisnis Anda!

Dunia bisnis yang semakin berkembang dan ketat dalam hal persaingan membutuhkan berbagai cara baru untuk menciptakan sebuah brand identity yang salah satunya diwujudkan oleh kehadiran mobile site.

Mobile site merupakan versi spesifik dari website anda yang didesain untuk kenyamanan pengguna mobile phone seperti misalnya Iphone dan Android. Mobile site saat ini sudah merupakan kebutuhan bahkan tingkat kepopulerannya sudah hampir menyamai website.

 

Mobile site merupakan hal yang penting untuk diberikan perhatian khusus dikarenakan jumlah pengguna internet yang mengakses website melalui mobile device semakin bertambah setiap tahunnya. Beberapa website jika tidak disesuaikan dengan mobile device akan menyebabkan kesulitan untuk penggunanya. Mobile screen jauh lebih kecil ketimbang desktop atau ipad yang membuat pengguna internet harus melakukan zooming dan scrolling berkali-kali untuk bisa masuk ke mobile site.

photo source: unsplash.com

Mobile website memang dioptimasi untuk screen yang lebih kecil dan memberikan kenyamanan lebih untuk pengguna mobile device. Mobile site yang didesain dengan baik akan menampilkan menu yang clean dan menarik serta hanya akan mendisplay informasi-informasi yang penting.

Biasanya desain pada mobile site lebih difokuskan pada konten teksnya saja. Tentunya hal ini akan semakin memudahkan pengguna internet di mobile site untuk menjelajahi dan mencari informasi yang mereka butuhkan secara online.

Biasanya sebuah website akan secara otomatis mendeteksi jika pengguna internet menggunakan mobile device dan akan langsung menampilkan versi mobile site nya. Jika pengguna internet membuka website tersebut dari komputer atau ipad maka versi standarlah yang akan muncul. Mengapa saat ini penting sekali untuk membuat mobile site untuk bisnis anda?

Mobile site memberikan banyak kemudahan untuk pebisnis. Seperti misalnya website berita dan publikasi dengan versi mobile akan menampilkan artikel yang lebih mudah dibaca sehingga orang bisa menikmati konten tersebut tanpa kesulitan. Perusahaan yang menjual produk bisa memberikan informasi pada customer mereka yang bisa diakses dengan mudah dari mobile device. Banyak perusahaan yang mendapatkan berbagai keuntungan dari mobile site, seperti misalnya beberapa alasan dibawah ini:

Peningkatan di User Experience

Mobile site memang didesain secara spesifik untuk keperluan di lapangan sementara itu browsing website di smartphone tak praktis dan menyusahkan. Seringkali resolusi gambar yang terlalu besar atau teks dan menu navigasi yang terlalu kecil untuk dibaca tanpa zooming. Mobile site secara signifikan mampu mengembangkan memenuhi kebutuhan user dengan lebih baik dan ini akan mengarah pada kepuasan pelanggan. Hal dikarenakan mobile site memang diperuntukkan untuk dilihat di mobile device.

photo source: unsplash.com

Kecepatan Download Yang Lebih Cepat

Apa yang terjadi saat orang menunggu terlalu lama saat ingin mendownload atau membuka website anda di mobile device? Hal ini tentu akan membuat user kesal yang akhirnya akan meninggalkan website anda. dengan mobile site user akan lebih mudah untuk mendownload informasi di website anda yang akhirnya membuka kesempatan bagi mereka.

Salam,

Ryan Gondokusumo

Founder Sribu.com

Ryan Gondokusumo
Ryan adalah CEO dan Founder dari Sribu.com. 11 tahun pengalaman di management, product development, strategic dan digital marketing