stress_management

Stres adalah masalah umum bagi para pemilik usaha kecil. Kenyataannya, banyak pemilik usaha kecil sukses yang kebal dari tekanan sejak awal, akhirnya mampu mengelola dan mengembangkan bisnis mereka. Ini semua merupakan bagian dari proses, dan bagaimana Anda menangani streslah yang sering menjadi perbedaan antara kesuksesan dan kegagalan. Sekarang adalah waktu tepat untuk mengendalikan stres dan kembali fokus pada produktivitas. Berikut adalah empat cara manajemen stress pada usaha kecil yang dapat membawa Anda mencapai kinerja puncak.

(1) Pastikan Anda dapat mengendalikan semua Informasi

Informasi yang berlebihan merupakan salah satu sumber  stres yang paling umum bagi pemilik usaha kecil. Setelah Anda memperoleh akses pada teknologi dan membuka diri untuk informasi yang mengalir dari berbagai sumber (email, telepon, media sosial, instant messaging, RSS feed, dll), Anda mungkin akan menghadapi masalah pada masuknya informasi yang berlebihan. Inilah sebabnya mengapa harus memiliki beberapa taktik untuk mengendalikan waktu kerja dan menjaga tingkat stres. Berikut adalah beberapa taktik dalam hal manajemen informasi yang akan membantu Anda mengontrol arus informasi:

  • Matikan notifikasi email, fokus pada hal-hal yang penting,
  • Hanya buka chat dan alat pesan instan untuk pertemuan yang dijadwalkan,
  • Berlangganan email secara hemat; berhenti berlangganan pada email yang jarang dibuka
  • Gunakan alat media sosial untuk penjadwalan dan pelacakan.
stress-tpe-madmagz-960x540

(2) Aturlah Rencana Anda dengan baik

Stres pada usaha kecil juga bisa datang dari tidak dimilikinya rencana yang baik, atau memiliki rencana tetapi tidak tahu bagaimana memasukkannya ke dalam tindakan nyata. Inilah sebabnya menjadi begitu penting untuk memiliki rencana pada setiap aspek-aspek yang berbeda dari bisnis Anda. Rencana Anda harus benar-benar dapat menjelaskan di mana Anda berada sekarang, kemana Anda ingin pergi, dan secara khusus apa yang akan Anda lakukan.

(3) Pelajari Bagaimana Mendelegasikan Tugas

Sebuah inti bagi kesuksesan para pemilik usaha kecil adalah memiliki visi dan mampu melaksanakannya. Menentukan visi dan menindaklanjuti segala kemungkinan untuk hal-hal yang menarik dan inspiratif. Masalahnya adalah, tidak semua pengusaha mampu melakukan delegasi dari awal proses, hal tersebut akan langsung terkait dengan keberhasilan (atau kegagalan) dari bisnis. Dia telah “MENJADI” bisnis. Ada banyak manfaat dalam membangun merek dibawah kendali diri Anda, tetapi juga menjadi sangat sulit untuk melangkah mundur dan membiarkan roda terus bergerak tanpa Anda. Belajar bagaimana mendelegasikan tidak hanya dapat memungkinkan untuk mengembangkan bisnis ke tingkat selanjutnya, tetapi juga dapat menempatkan Anda dalam posisi dimana Anda dapat mengendalikan waktu istirahat. Sehingga Anda bisa menjadi pemilik usaha kecil yang bahagia menjalani segala kesibukan.

get-things-done1

(4) Jadwalkan Istirahat Secara Reguler

Jika Anda seseorang yang senang mengatur jadwal, pengusaha yang terorganisir, Anda mungkin memiliki kalender yang berisi tugas, pertemuan dan proyek-proyek yang dapat menjadi tantangan untuk menentukan waktu bersantai. Solusi terbaik untuk masalah ini sebenarnya adalah penjadwalan teratur/reguler untuk mencegah kejenuhan dan gangguan pikiran pada pemilik usaha kecil. Buatlah prioritas untuk hal-hal yang akan Anda lakukan.

attivita-big8

Stress memang bisa dijumpai siapa saja. Tapi stress juga bisa dihindari oleh siapa saja. Itulah beberapa tips agar Anda dapat terhindar dari keterpurukan yang menjerumus ke tingkat stres. Terapkan manajemen stress dengan baik dan berikan tips-tips di atas pada orang yang Anda tahu rentan terhadap stres.

Apakah Anda memiliki tips lain? Jangan sungkan untuk berbagi. Silahkan tulis pendapat Anda pada kolom di bawah ini.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.