E-commerce adalah tren bisnis sedang  populer dalam masyarakat futuristik kita saat ini. Hal itu disebabkan sebagian besar kota-kota modern telah dilengkapi internet dan hal tersebut menyederhanakan berbagai hal seperti melakukan pembayaran di mana saja hanya dengan melalui koneksi internet. Seiring dengan teknologi yang semakin berkembang saat ini, ratusan ribu toko online atau web digital  juga mulai menjual produk melalui satu pasar global.

setup-online-shop

Ada banyak keuntungan dengan menjalankan bisnis secara online. Anda bisa membuat toko online untuk memasarkan produk Anda melalui social media yang Anda pilih. Anda bisa menghemat banyak waktu, tenaga dan juga uang. Anda cukup untuk duduk diam di depan gadget Anda dan melayani setiap pertanyaan dari customer Anda. Tentunya hal tersebut tidak akan menutup kemungkinan mereka akan memberi Anda uang untuk produk yang Anda jual. Yang terpenting, tetaplah berkomitmen untuk mengembangkan bisnis online Anda dan buat customer Anda percaya bahwa Anda tidak sedang melakukan penipuan melalui internet. Kasus yang saat ini terjadi adalah penipuan melalui media internet. Yang saat ini perlu Anda perhatikan adalah tata cara membuat toko online. Dan inilah panduan lengkap untuk memulai toko online pertama Anda!

 

Proses Membangun Toko Online Anda

Sebelum mempertimbangkan untuk meluncurkan website Anda, sangat penting untuk menghabiskan beberapa waktu jauh dari komputer dan membangun ide Anda. Apa jenis produk yang akan Anda jual? Apakah ada pesaing yang kuat? Idealnya, bagaimana seharusnya user interface dari website Anda?

1

Ini semua adalah topik yang sangat penting yang harus Anda pertimbangkan. Ini juga akan banyak membantu untuk membangun nama brand dalam pengembangannya di tahap awal. Anda dapat membeli nama domain yang cocok untuk mengamankan nama perusahaan Anda.

Jika Anda seorang pengusaha dan tertarik untuk bekerja secara online, Anda juga mungkin ingin menggunakan beberapa profil yang berbeda. Anda bisa membuat akun email Google yang baru sehingga nantinya akan memudahkan Anda untuk menggunakan aplikasi Google lainnya, seperti Google Docs dan Google Analytics untuk melacak traffic halaman web Anda. Akun YouTube juga mengikat ke Google via OAuth, sehingga memungkinkan untuk memasarkan toko Anda dengan media video juga.

 

Melakukan Pendaftaran Domain

Setelah Anda memiliki gambaran kasar tentang bagaimana toko online Anda akan bekerja, saatnya untuk membuat beberapa langkah yang berani. Mendaftarkan nama domain dan menemukan web host adalah langkah monumental penting dalam proses peluncuran secara keseluruhan.

2

Sisihkan waktu untuk mengingat domain Anda sebelum membelinya. Setelah Anda membeli satu itu biasanya ditetapkan selama 1 tahun atau sesuai dengan keinginan Anda.

 

Memilih Layanan Web Hosting

Ketika Anda datang ke layanan web hosting, Anda akan mempertimbangkan bahasa back end yang toko online Anda akan berjalan, dan memilih pengaturan server yang tepat. Pastikan bahwa setiap account hosting yang Anda beli akan mendukung PHP dan MySQL database.

3

Beberapa perusahaan Hostgator dan Bluehost menawarkan beberapa solusi yang luar biasa untuk webmaster pertama kali. Biaya rata-rata adalah $ 100 – $ 150/tahun untuk penyimpanan tidak terbatas dan bandwidth.

 

Memilih Paket E-Commerce

Ada dua kategori utama untuk memilih untuk membangun sebuah toko online. Solusi host adalah perusahaan yang menyediakan Anda dengan semua yang Anda butuhkan pada back end dan host script e-commerce di server mereka. Ini berarti Anda tidak perlu melakukan program-program atau upload file apapun. Namun Anda masih memerlukan nama domain untuk mengarahkan dan memberikan toko Anda URL yang berbeda.

4

Sekarang Anda juga dapat bekerja dengan script berlisensi, kedua sumber dibayar dan terbuka. Jenis-jenis sistem e-commerce yang mudah disesuaikan dan membuat sebagian besar web toko online bahkan jika Anda bukan seorang programmer. Proses yang sangat sederhana cukup dengan men-download dan file script re-download ke server hosting Anda dan ikuti beberapa petunjuk instalasi.

Tapi ketika Anda bekerja dengan uang dan pembayaran online ada banyak risiko keamanan untuk dipertimbangkan. Jika Anda merasa tidak nyaman mengambil banyak tanggung jawab yang bijaksana dalam memilih solusi host.

 

Solusi Hosted eCommerce

Banyak solusi host yang dapat memberikan pengalaman yang luar biasa bagi pengunjung Anda. Panel administrasi juga seragam untuk semua skrip lain, yang harus memberikan interface yang mudah untuk meng-upload foto dan menambahkan entri katalog.

Ada begitu banyak pilihan di luar sana yang membuat Anda merasa sulit untuk memilih salah satu. Mereka pilihan yang layak untuk webmaster standar yang tidak tertarik bermain dengan FTP dan pemrograman IDE. Anda kehilangan banyak kesempatan untuk kustomisasi, tetapi Anda mendapatkan keamanan tambahan dan dukungan staf pribadi.

Shopify

Anda dapat mengecek Shopify untuk melihat layanan luar biasa ini. Situs web mereka dirancang dengan indah dan berisi beberapa demo yang indah. Fitur mereka mencakup toko app pribadi, keamanan SSL, server bandwidth unlimited, template kustom mobile dan banyak lagi!

5

Ini adalah salah satu script yang menawarkan kustomisasi pengguna lebih banyak daripada yang lain. Pada panel admin back end Anda dapat memilih antara puluhan tema untuk diterapkan ke website Anda. Jika Anda memahami HTML / CSS itu mungkin bisa untuk mengedit desain website online. Editor ini mirip dengan Editor WordPress tema dan menawarkan UI yang sangat sederhana untuk pemula.

Shopify juga termasuk live chat dan kontak 24/7 untuk dukungan apapun. Lihat halaman contoh besar mereka jika Anda ingin melihat beberapa toko Shopify. Harga dapat berkisar dari sangat murah sampai yang sangat mahal.

Yahoo! Merchant Solution

Untuk usaha kecil Yahoo! Merchant Solution juga dapat menarik perhatian Anda. Tata letak untuk account MS Y! Standar Anda cukup mudah dan mudah untuk menyesuaikanya. Mereka menyediakan custom traffic analytics dan pengujian split langsung dari panel admin Anda. Gateway pembayaran yang paling populer yang didukung, termasuk PayPal, wesel, cek, dan kartu kredit.

4

Yahoo! adalah sebuah perusahaan besar untuk bermitra. Anda dapat mengatur account pemasaran kecil dan membantu memperluas toko online baru Anda. Selain itu Anda dapat bekerja dengan desainer web yang terampil atau pengembang jaringan usaha kecil termasuk fitur ini. Yahoo! praktis dapat mengelola seluruh toko Anda penyebaran dan peluncuran.

BigCommerce

The BigCommerce adalah toko perangkat lunak. Dapat dibandingkan dengan Shopify dengan fitur yang diperingkas. Mereka menawarkan user interface yang jelas untuk menghindari kebingungan saat pendaftaran. Ini mudah untuk menambahkan fitur baru, produk, pengguna, dan mengambil pembayaran online hanya dalam beberapa menit.

7

Memang jika Anda seorang pengembang, tim telah menghabiskan waktu untuk membangun API online. Periksa pengaturan integrasi dan API di situs web mereka untuk rincian tentang plugin halaman. Anda dapat menyertakan rincian dari banyak account di web seperti Facebook, eBay, 2CheckOut, MasterCard, dan PayPal. Para staf menawarkan banyak kustomisasi template untuk memilih dari sehingga Anda tidak akan pernah khawatir tentang branding.

 

Custom-Owned Scripts

Di sisi lain untuk solusi mungkin lebih mudah bagi pengembang untuk bekerja dalam batas-batas mereka sendiri. Setiap peluncuran situs yang unik akan membutuhkan kondisi unik yang solusi e-commerce lain dapat memberikannya. Dalam 4 script ini, saya yakin Anda akan menemukan banyak hal yang Anda butuhkan.

8

 

Zen Cart

Mungkin salah satu merek paling dikenal untuk script e-commerce di web, Zen Cart ditulis dalam PHP dan mendukung sebagian besar semua lingkungan hosting. Ini gratis untuk men-download dan menginstal pada website sebanyak yang Anda inginkan. Satu-satunya retribusi yang mereka butuhkan adalah meninggalkan link “Powered by Zen Cart” terbuka di daerah footer.

zen-cart

Bekerja dengan Zen Cart yang menyediakan koneksi ke layanan lain. Beberapa dari ini termasuk sebagai modul dan hal itu memungkinkan untuk men-download dari situs web mereka. Lain hanya perusahaan yang telah terikat ke dalam perangkat lunak Zen Cart. Periksa daftar layanan pribadi yang direkomendasikan untuk melihat sesuatu yang keluar.

Jika Anda mengetahui perkembangan API, ada sistem XHTML template sederhana diterapkan ke setiap situs web. Hal ini sangat mudah bagi pengembang web standar Anda untuk membuat tema kustom.

Magento

Magento telah mengembangkan script yang sangat baik untuk situs web e-commerce. Seluruh naskah mereka ditulis pada PHP dan mencakup banyak rincian untuk memulai. Jika Anda akrab dengan pengembangan aktif dan FTP penyebaran memeriksa SVN saat ini. Ini diperbarui sering dan memberi Anda cara yang bagus untuk mengakses file PHP.

9

Tentu saja hal itu mungkin bagi non-programmer untuk bekerja dengan Magento suite. Tapi saya akan merekomendasikan memeriksa pilihan lain jika Anda tidak berpengalaman dalam HTML / CSS. Sesungguhnya mereka yang mencari untuk menyesuaikan toko menakjubkan dengan fungsi yang brilian harus memeriksa fitur produk mereka dan mempertimbangkan pilihan. Ini tidak akan menjadi tugas yang sederhana untuk belajar back end Magento, namun jika Anda sudah familiar dengan PHP atau bahasa pemrograman yang sama Anda harus sangat nyaman dalam waktu 2-3 minggu.

WordPress EShop

Classic WordPress CMS telah berdiri di antara banyak penantang dalam sehari. Namun saat ini ada jutaan website powered by WordPress, baik konten statis dan live blog. Jadi masuk akal bahwa dari waktu ke waktu tim pengembang akan menciptakan satu solusi e-commerce yang terikat ke WordPress. Saya percaya WordPress eShop menyediakan semua situs e-commerce, dari perintah untuk pengiriman untuk diskon kode, semua berjalan dalam admin WordPress.

10

Jika Anda sedikit bingung menelusuri beberapa tab mereka. Pengembang telah memberikan dokumentasi dan contoh-contoh menakjubkan. Proses instalasi mereka juga sangat sederhana, namun cara yang elegan menangani suatu tugas yang kompleks. Mereka telah menyertakan FAQ tab singkat mendemonstrasikan beberapa fitur yang lebih halus mereka.

Dengan metode ini Anda akan memiliki perhatian diri dengan keamanan dan update. Ini adalah yang paling penting bahwa website Anda tetap aman. SQL injection yang terlalu umum, dan di hari ini nomor informasi pengguna pribadi dan kartu kredit jauh terlalu penting untuk kalah.

Interspire Shopping Cart

Interspire adalah sebuah perusahaan pengembangan web yang berada di Australia. Mereka membuat custom script dengan dukungan dan CSS3 administrator back end template. Produk ini termasuk CMS umum, software pemasaran email, dan shopping cart ditampilkan di sini. Mereka mengenakan biaya besar dan kuat untuk software mereka keluar dari kotak ($ 295 per lisensi), tetapi Anda diberi kemungkinan menakjubkan untuk kustomisasi.

11
Cukup software yang berkekuatan Interspire Shopping Cart adalah sama yang membahas kekuatan BigCommerce yang menarik. Satu-satunya perbedaan dengan mereka adalah account hosting berbayar dan Anda tidak memiliki akses untuk mengedit file server. Tapi Interspire adalah suatu sistem yang kompleks mungkin jauh lebih mudah dengan cara ini. Untuk pengembang, Interspire adalah tambang emas kreativitas.

 

Mengambil Merchant Pembayaran Online

Pembayaran kartu kredit mungkin menjadi salah satu cara pembayaran yang sering digunakan orang. Google dan PayPal sudah mulai membentuk pasar tersendiri, namun perusahaan kartu kredit masih tetap mengungguli mereka dan meraup keuntungan. Kartu kredit yang memberikan solusi sederhana untuk pelanggan Anda dan Anda untuk membayar secara online.

12

Anda mungkin akan mendaftarkan dua account yang berbeda. Sebuah merchant account Internet digunakan untuk menerima dana melalui web untuk barang atau jasa. Demikian pula gateway pembayaran atau payment provider yang menghubungkan toko online Anda dengan merchant account Anda. Ini berarti Anda akan dapat menerima pembayaran instan melalui kartu kredit setiap kali pelanggan Anda membeli sesuatu.

 

Metode Pembayaran Alternatif

Metode pembayaran digital telah menjadi jauh lebih mudah untuk digunakan dalam dekade terakhir. PayPal adalah salah satu metode pembayaran digital yang paling populer yang digunakan dalam situs eBay, Amazon.com dan yang lainnya.

13

Banyak layanan yang bekerja sama dengan baik seperti PayPal tetapi belum mendapat perhatian yang cukup. Secara khusus Google Checkout menawarkan proses transaksi yang sangat aman dan cepat. Jika Anda telah menggunakan Gmail atau memiliki Akun Google, maka akan mempermudah Anda untuk menghubungkan ke account Google Checkout yang baru. Back end mereka mendukung widget yang dapat Anda tambahkan ke halaman Anda untuk desain yang lebih baik.

PayPal dan Google Checkout adalah solusi dukungan untuk invoicing. Hal ini dapat berguna jika Anda berencana membeli modul atau domain lebih lanjut. Cobalah tinggal dengan satu account dan gunakan ini untuk semua transaksi bisnis online. Ini jauh lebih cepat daripada menunggu pembayaran.

 

Tambahkan Konten dan Info Produk

Setelah Anda mempunyai domain, hosting, Anda hanya diminta untuk melakukan beberapa pemeliharaan dan pembangunan struktur situs. Tentunya hal tersebut bukan lah awal yang buruk untuk mengurus toko online pertama Anda.

14

Membiasakan diri dengan panel administrator dan bagaimana bekerja dengan halaman produk. Sangat penting bagi klien Anda untuk menerima pengalaman penggunaan yang terbaik di website Anda. Jika anda melihat ada batas ukuran gambar atau aturan kurang proporsional, ada baiknya Anda mengatur ulang konten website Anda.

Seiring dengan daftar produk Anda yang akan mulai bekerja pada copy halaman Anda. Konten yang ditulis di situs web Anda sangat penting untuk mendapatkan pesan Anda penjualan produk Anda. Pengunjung akan tertarik untuk mendengar tentang perusahaan Anda dan banyak orang akan berharap untuk mendapatkan kontak dengan Anda. Jangan lupa untuk memperkaya diri Anda dengan langkah membuat strategi marketing.

 

Memperluas Pemasaran

Toko online pertama Anda harus sudah penuh dengan konten. Ini adalah proses yang sulit untuk membangun dan meluncurkan solusi e-commerce dalam skala penuh.

15

Tidak akan ada yang menyentuh website Anda, jika kegiatan pemasaran Anda terlalu sempit. Untuk itu, Saya sangat menyarankan Anda membuat satu akun Google Analytics. Karena Google Analytics akan menyediakan software pelacakan gratis yang menawarkan beberapa fitur yang luar biasa dan tentunya tidak dapat Anda temukan tempat lain! Dengan tools dari Google Analytics, Anda dapat menemukan halaman yang paling dicari dan situs web terbesar. Anda juga dapat mencoba beberapa tools analitik lainnya untuk menemukan yang paling sesuai dengan Anda.

Jika Anda merasa bahwa strategi pemasaran profesional akan memberikan beberapa hasil yang menjanjikan, Saya sarankan bergabung dengan beberapa lembaga publisher. Google, Microsoft, dan Yahoo! adalah 3 penerbit iklan terpopuler di seluruh Internet. Google AdWords jelas sangat dikenal dan dipercaya di antara ratusan pemasar dan akan menjadi alasan yang baik untuk menggunakannya! Google AdWords juga menyediakan jumlah traffic yang besar dan hasil klik yang ditargetkan untuk produk apa pun yang Anda jual.

 

Kesimpulan

Panduan ini memberikan langkah-langkah konklusif dari langkah-langkah utama untuk menciptakan toko online pertama Anda. Ini bukan proses yang mudah untuk menyelesaikan dari awal hingga akhir. Bahkan web designer profesional juga penuh dengan perjuangan ketika duduk untuk membuat toko online mereka yang baru. Tapi begitu Anda sudah melalui ini beberapa kali hal-hal tampaknya jauh lebih efisien dan akan mengalir lebih mudah. Yang perlu Anda perhatikan adalah selalu meng-update strategi bisnis online Anda.

Solusi yang ditawarkan di sini adalah beberapa dari banyak peluang bagi pengembang toko online. Selain itu jika Anda memiliki kiat-kiat atau strategi lain untuk meluncurkan sebuah toko online, silakan berbagi di kolom komentar di bawah. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

 


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G