Time Management. Business Concept.

Manajemen waktu adalah salah satu tantangan terbesar yang akan Anda hadapi sebagai pengusaha. Pada awal bisnis, mungkin Anda tidak memiliki banyak karyawan, sehingga terpaksa harus tetap bekerja keras. Pasti itu membuat Anda sering merasa kelelahan dan kehabisan waktu. Jadi bagaimana Anda membuat semuanya dapat dilakukan tanpa kekurangan waktu. Coba jawab dalam dengan benar lima pertanyaan berikut:

1. Apakah saya punya master plan?

Ini adalah pertanyaan penting. Apa yang ingin Anda capai dalam satu tahun, tiga tahun, lima tahun ke depan? Tuliskanlah itu. Mulailah dengan membuat daftar tujuan untuk setiap tahun. Tulis secara spesifik: Apa rencana bisnis Anda? Bagaimana membayar semua tagihan? Lalu bagi rencana tersebut dalam target tiap bulan dan tiap minggu. Sekarang Anda memiliki cara konkret untuk membuat kemajuan. Setiap hari, lihatlah daftar mingguan tadi dan kerjakan tugas-tugas yang sudah terjadwal.

2. Bagaimana saya akan menghabiskan waktu hari ini?

Anda tahu apa yang perlu dilakukan hari ini, dan bagaimana hal itu akan membuat kemajuan. Tetapkan manajemen waktu untuk setiap tugas, agar Anda selalu berada pada agenda yang tepat. Menghabiskan empat jam di depan internet membaca berita-berita terbaru tentang artis hanya akan membuang waku. Cukup habiskan waktu di depan internet satu jam saja. Tetapkan waktu untuk makan siang, olahraga, dan istirahat. Ketahui bagaimana hari Anda berharga.

time managemenet 2

3. Apakah tugas ini berkaitan dengan tujuan saya?

Ketika mempertimbangkan waktu, penting untuk menggunakannya dengan bijak. Setidaknya setengah dari waktu dalam sehari dihabiskan dalam kegiatan yang mendekatkan dengan tujuan Anda.

4. Apakah saya menghindari gangguan?

Jauhi media sosial saat bekerja. Beritahu keluarga bahwa ruang kerja yang ada di rumah tidak boleh disentuh. Jangan memeriksa handphone setiap jam. Menerima panggilan bisnis selama waktu kerja yang telah dijadwalkan. Mendorong diri sendiri untuk selalu disiplin, akan membuat Anda memiliki fokus yang lebih baik.

5. Apakah waktu saya telah digunakan dengan baik?

Waktu adalah hal paling berharga, jadi tanyakan pada diri sendiri jika aktivitas yang dilakukan adalah demi kepentingan menuju kesuksesan. Apakah Anda perlu menjadi kasir toko? Belanja keperluan toko? MembuatĀ  daftar hadir karyawan? Manajemen waktu yang baik tidak akan membiarkan Anda melakukan hal yang seharusnya dikerjakan orang lain. Segera tentukan apa yang harus di delegasikan, dan ambillah waktu untuk mengerjakan sesuatu yang lebih bernilai untuk mengembangkan bisnis Anda.

time managemenet 1

Waktu tidak akan bisa berputar kembali, itulah sebabnya waktu adalah harta yang paling berharga dan harus digunakan dengan sangat efektif. Dengan manajemen waktu yang baik, Anda akan lebih produktif dan semakin dekat dengan kesuksesan. Terus bekerja keras agar waktu dapat digunakan dengan sangat efektif.

Apakah Anda memiliki tips lain untuk meningkatkan manajemen waktu? Jangan sungkan untuk berbagi. Silahkan tulis pendapat Anda pada kolom di bawah ini.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.