cover buku

Desainer: dityaliqhyu

 

Mungkin Anda sudah pernah mendengar istilah “Don’t judge a book by its cover” – jangan menilai sebuah buku dari cover bukunya saja. Sebagai design marketplace berbasis online pertama yang mempopulerkan konsep crowdsourcing di Indonesia, Sribu.com juga tidak menginginkan klien-kliennya memilih menggunakan (atau tidak menggunakan) jasa kami semata karena melihat “cover”-nya saja. Kami percaya, tak kenal maka tak sayang; tak kenal fitur-fitur dan keuntungan yang ditawarkan Sribu, maka tak heran jika akhirnya para klien potensial jadi “tak sayang” dan apatis terhadap Sribu.

Itulah mengapa, kami sangat senang jika ada klien yang bersedia berbagi pengalamannya bekerjasama dengan Sribu.com. Seperti Joe Hartanto, seorang penulis buku yang mempercayakan Sribu.com untuk memenuhi kebutuhannya akan sebuah cover buku baru berjudul “Property Cash Machine”.

 

Kompetisi desain cover buku property cash machine ini sendiri sudah rampung dijalankan, dan dalam waktu satu minggu saja, sudah terkumpul sebanyak 89 desain, dengan desain cover buku karya dityaliqhyu yang keluar sebagai juaranya.

 

Joe, selaku contest holder, mengaku puas dengan karya yang berhasil disumbangkan oleh para desainer penuh talenta yang telah tergabung dengan Sribu.com. Berangkat dari brief yang sangat sederhana, sang pemenang, dityaliqhyu, berhasil membuat karya yang sangat menarik, menggabungkan kedua aspek dominan yang merupakan judul dari buku itu sendiri, yakni “property” dan “cash”, ke dalam satu bentuk rumah yang terbuat dari rangkaian uang-uang kertas.

 

Namun, menurut kami, tak hanya karya sang pemenang saja yang patut diapresiasi. Di antara puluhan karya luar biasa, mata kami tak bisa terlepas dari lima karya berikut ini.

 

cover buku

Desainer: anang_sobex

 

Cover buku karya anang_sobex ini cukup eye-catching dengan aksen keran dan uang-uang kertas, yang melambangkan aliran dana yang deras. Satu saja kekurangannya, cover buku ini belum mampu meng-capture poin utama kedua yang sebenarnya krusial untuk diangkat, yakni “property”.

 

cover buku

Desainer: kewen

 

Kami tertarik dengan cover buku karya kewen berikut ini, terutama karena gambar utamanya yang terlihat sangat mencolok, yakni barisan property berwarna yang tampaknya semakin meninggi dan membesar, menunjukkan kenaikan yang gemilang dari bisnis property, tepat seperti apa yang ingin disampaikan di dalam buku Property Cash Machine itu sendiri.

 

cover buku

Desainer: YM313

 

Meski masih berstatus Junior, YM313 telah menunjukkan potensinya untuk bisa bersaing dengan desainer-desainer bertalenta lainnya di Sribu.com melalui karya-karya yang diikutsertakannya dalam beberapa kontes, termasuk cover buku yang satu ini. Hampir serupa dengan karya kewen, pada cover bukunya ini, YM313 menggunakan ornamen pita emas yang dibentuk menyerupai atap rumah yang semakin meninggi untuk menggambarkan peningkatan gemilang secara terus menerus.

 

cover buku

Desainer: aldyakbar

 

Saar kami pertama kali melihat cover buku kiriman aldyakbar ini, kesan pertama yang muncul dalam benak kami adalah: professional dan eksklusif. Persepsi tersebut muncul karena penggunaan tone warna ungu tua-nya yang elegan, apalagi saat bercampur dengan warna putih dan emas. Pesan-pesan yang seharusnya disampaikan juga dapat dikomunikasikan, misalnya dengan pemberian aksen atap di atas kata “Property” dan simbol Rp yang dibuat menyatu dengan latarnya.

 

cover buku

Desainer: risqon83

 

Di antara keempat karya lainnya, mungkin cover buku karya risqon83 ini yang paling berbeda. Namun, tetap saja menarik, menurut sudut pandang kami. Mengapa? Keistimewaannya ada pada kolase yang membentuk rumah, yang peletakannya sengaja dibuat tak simetris. Hal ini menambah kesan luwes, dan tidak kaku, menyiratkan bahwa meskipun topiknya cukup serius, namun penyampaiannya tak melulu harus serius. Menurut kami, cover buku ini akan menjadi lebih popular di kalangan pembaca yang usianya lebih muda.

 

Berbicara mengenai Marketing Mix, desain cover buku termasuk dalam salah satu elemen yang harus diperhatikan dari sisi Product, karena cover buku yang menarik dapat ikut mempengaruhi keputusan untuk membeli dan membaca buku tersebut. Itu sebabnya, jika Anda seorang penulis yang ingin menerbitkan sebuah buku, pastikan cover buku Anda tak hanya mencerminkan isi dari buku Anda sendiri, namun juga cukup menarik perhatian ketika disejajarkan di atas rak dan diapit oleh ratusan judul-judul buku lainnya.

 

Jika Anda ingin meredesain cover buku Anda, atau membutuhkan aneka jenis desain lainnya, jangan ragu lagi untuk menghubungi Sribu. Kami selalu siap membantu Anda mewujudkan segala kebutuhan Anda akan desain berkualitas dengan harga terjangkau, dan dalam waktu yang singkat.

 

Salam,

Ryan Gondokusumo

Founder of Sribu.com


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G