Peran Desain Dalam Industri Pariwisata

Peran Desain Dalam Industri Pariwisata

Desain dan branding yang kreatif untuk industri pariwisata mendorong keinginan orang untuk melakukan sebuah perjalanan ke tempat wisata tertentu. Branding pariwisata yang sukses dan desain menarik membuat sebuah tempat wisata terkenal di masyarakat. Desain yang bagus dan menarik pada pamflet, brosur serta fotografi akan menunjang kesuksesan industri pariwisata.

 

Menampilkan desain yang indah mengenai sebuah tempat pariwisata akan membuat orang tertarik dan membayangkan apa yang nantinya akan mereka lihat saat mereka berpergian. Sebuah pulau indah yang tak terkenal sebelumnya dengan strategi branding yang tepat serta desain menarik akan membuatnya menjadi daerah tujuan wisata para turis. Ini tentu amat menguntungkan dalam industri pariwisata.

Media cetak dan visual sangatlah berperan penting untuk mempromosikan industri pariwisata di seluruh dunia. Seperti kata pepatah lama sebuah gambar lebih berarti dari ribuan kata-kata. Hal inilah yang mendorong banyak agen pariwisata dan hotel yang menempatkan desain sebagai prioritas utama untuk menumbuhkan industri pariwisata mereka.

Industri pariwisata sendiri mengalokasikan budget besar setiap tahunnya untuk beriklan baik di media cetak maupun elektronik. National Geography Traveler Magazine sendiri saat ini merupakan platform yang cukup kuat untuk mempromosikan industri pariwisata melalui foto-foto cantik dan artikel yang mendukung.

Web desain

1 (1)

Tentu saja industri pariwisata saat ini memang memperoleh keuntungan besar dari desain dengan kebangkitan internet. Hal ini membuat setiap kota, negara maupun negara bagian memiliki situs mereka sendiri. Di situs ini mereka bisa menampilkan hal-hal terbaik yang dimiliki untuk mendorong para turis untuk datang. Internet tak dipungkiri lagi merupakan sebuah marketing tool yang amat kuat dalam industri pariwisata dan memiliki efek yang cukup dramatis terhadap industri pariwisata itu sendiri.

Dalam hal ini sebuah desain web yang bagus dan menarik amatlah penting dalam menunjang promosi sebuah tempat wisata. Desain website tempat wisata ini harus bisa menyajikan hal-hal terbaik yang bisa dinikmati oleh para turis serta menggugah keinginan mereka untuk mengunjungi tempat tersebut yang akhirnya memiliki keuntungan untuk industri pariwisata.

Banner Ads

Banner ads juga amat strategis ditempatkan di halaman depan sebuah website pariwisata. Dalam hal ini sebuah desain yang bagus dan menarik amatlah penting untuk menciptakan kesan indah mengenai sebuah tujuan wisata. Hal yang menjual dari sebuah tempat wisata adalah keindahan serta hal-hal menarik di tempat tersebut. Seperti contohnya tempat wisata di Bandung serta Peran desain dalam industri pariwisata ini adalah untuk menonjolkan keindahan serta keunikan tersebut dan membuat potensi kunjungan meningkat.

Desain Bilboard

Pernahkah anda melihat desain bilboard yang begitu menarik sehingga hal ini amat melekat di benak anda? Desain bilboard dalam industri pariwisata merupakan salah satu strategi marketing yang kuat untuk membuat orang memiliki imajinasi kuat akan sebuah tempat wisata. Hal ini diharapkan akan menumbuhkan keinginan mereka untuk mengunjungi tempat wisata tersebut.

Desain Pamflet dan Brosur

bayu flyer

pamflet dan brosur juga merupakan marketing tools yang baik untuk sebuah tempat pariwisata. Desain brosur dan pamflet yang menarik, eye catching serta profesional akan membuat tempat wisata tersebut kelihatan lebih menarik ketimbang yang sesungguhnya. Pernahkan anda melihat desain brosur dari sentosa island di singapore atau disneyland di hongkong? Lihatlah betapa desainnya amat menarik sehingga membuat tempat wisata tersebut terlihat lebih indah dan menarik minat orang untuk mengunjungi. Peran desain tak dapat dipungkiri amat berpengaruh pada industri pariwisata.

Bagaimana menurut Anda tentang artikel ini? Komentar dan masukan Anda akan sangat kami hargai. Lihat artikel marketing lainnya disini.

Ryan Gondokusumo
Ryan adalah CEO dan Founder dari Sribu.com. 11 tahun pengalaman di management, product development, strategic dan digital marketing