Hampir semua orang yang berkecimpung di dunia bisnis online telah menyadari manfaat dan tools SEO untuk keberlangsungan bisnis mereka. Bahkan, dengan melakukan aktifitas SEO yang baik dan benar, itu akan dapat membuat website/blog Anda tampil di halaman awal Google.

Kabar baiknya adalah bagi Anda yang (berencana) memiliki website atau blog berbasis WordPress, terdapat beberapa plugin SEO WordPress yang dapat membantu aktifitas SEO Anda. Berikut adalah 13 plugin SEO WordPress terbaik yang dapat Anda gunakan:

1. All in One SEO Pack

all in one seo pack

Via WordPress.org

Berdasarkan infografis Bestplugins.com, All in One SEO Pack merupakan plugin WordPress yang diunduh paling banyak, yaitu sebanyak 20,445,514 kali. Plugin WordPress ini juga bagus digunakan bagi pemula

karena seluruh fitur dasar SEO sudah terdapat di default setting. plugin wordpress ini juga dapat diintegrasikan Google Analytics.

2. Yoast SEO

yoast-seo
Via Techshiny

Plugin WordPress terbaik selanjutnya adalah Yoast SEO. Plugin ini menekankan pada pembuatan konten website yang berkualitas dengan menyediakan fitur meta keywords dan meta descriptions. Melalui fitur itu Anda akan mengetahui seberapa efektif judul dan deskripsi artikel Anda.

download

Via cwmktg

3. SEMrush

SEMrush merupakan tool yang berbayar. Namun, Anda tidak akan menyesal karena plugin SEO  WordPress yang satu ini menyediakan data yang cukup komprehensif. Oleh karena itu, SEMrush biasa digunakan sebagai analytics untuk mengetahui performa kompetitor.

Semrush_Site_Audit

Via dataprix

4. Squirrly

Squirrly merupakan plugin SEO WordPress yang membuat konten website/blog Anda menjadi lebih bersahabat bagi Google maupun para konsumen potensial Anda. Plugin ini bahkan dapat memberikan saran mengenai kata kunci atau topik ketika Anda menulis artikel.

Squirrly

Via WordPress

5. Premium SEO Pack

Plugin SEO WordPress ini merupakan salah satu plugin yang paling komprehensif. Premium SEO Pack bisa mengoptimalisasi website/blog Anda melalui fasilitas yang ada di media sosial seperti Twitter Card atau Facebook sehingga konten Anda dapat dipublikasikan secara otomatis dan terjadwal.

premium seo pack

Via bestblackhatforum

6. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner merupakan plugin SEO WordPress yang dapat digunakan secara gratis. Melalui plugin ini, Anda dapat mengetahui kata kunci apa saja yang ampuh digunakan bagi website/blog Anda agar mendapatkan peluang yang besar untuk muncul di halaman awal Google.

google-keyword-planner-suggestions

Via Wordstream

7. KeywordTool.io

Keyword Tool merupakan salah satu plugin SEO WordPress yang baik karena plugin ini dapat memberikan sejumlah ide kata kunci ketika Anda memasukkan kata kunci yang hendak dikembangkan atau dipakai. Semua ide atau saran dari Keyword Tool diambil dari Google, bahkan dapat diambil juga dari YouTube, Bing dan App Store. Yang paling penting, plugin keren  ini gratis!

keywordtool-io-playmear

Via Playmear

8. Open Site Explorer

Plugin SEO WordPress ini dikembangkan oleh Moz. Open Site Explorer dapat memperlihatkan informasi seperti domain yang terkait atau laman apa saja yang terkait dengan website Anda. Jika menggunakannya secara gratis Anda akan diberi batasan dalam melakukan search. Untuk mendapatkan akses penuh, Anda harus mendaftar ke Moz Pro Subscription.

Moz Pro

Via MozPro

9. Broken Link Checker

Tautan-tautan yang rusak (broken links) di website/blog Anda dapat mengganggu efektivitas SEO Anda. Oleh karena itu, Anda harus selalu memeriksanya. Dengan Broken Link Checker, Anda dapat mengidentifikasi tautan mana saja yang rusak dan kemudian dapat memperbaikinya tanpa Anda harus meng-edit lagi tulisan Anda.

Broken-Links-Checker-Output

Via Bloggingpro

10. SEOquake

SEOquake merupakan plugin SEO WordPress yang tersedia di Google Chrime, Mozilla Firefox, Opera dan Safari. SEOquake dapat memberikan informasi mengenai peringkat halaman, peringkat website di Alexa dan parameter lainnya. Hasil pencarian di SEOquake bahkan dapat diunduh dalam format CSV yang bisa dibuka di Microsoft Excel.

SEOQuake

Via Poweredbysearch

 

11. SEO Smart Links

SEO Smart Links dapat memberikan informasi mengenai blog atau tulisan apa saja yang memiliki pembahasan yang sama dengan tulisan Anda sehingga dapat dijadikan sebagai tautan internal secara otomatis! Untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap, Anda dapat memakai SEO Smart Links Premium.

SEO-Smart-Links-Custom-Keywords

Via Prelovac

12. Zemanta

Plugin ini dapat membantu meningkatkan efektivitas SEO dengan memunculkan intenal related posts dan related images dari artikel yang Anda buat di website/blog maupun website/blog sejenis. Dengan menggunakan Zemanta, konten Anda akan didistribusikan kepada banyak kanal secara otomatis dan memperbesar peluang konten tersebut digunakan sebagai related post oleh blogger lain (Anda akan mendapatkan email pemberitahuan seperti di gambar bawah ini).

zemanta

Via WordPress

13. SEO Friendly Images

Peranan gambar (yang relevan) di dalam konten website/blog Anda sangat krusial dalam menunjang efektivitas SEO. SEO Friendly Images merupakan plugin SEO WordPress dapat secara otomatis menambahkan gambar ALT (alternatif) yang relevan dengan pencarian Google. Dengan begitu, Google akan lebih mudah memahami konteks dari gambar Anda yang kemudian berdampak positif pada peringkat website/blog Anda di laman Google.

Setelah memahami manfaat dan tools SEO, Anda dapat menyempurnakan aktivitas SEO dengan menggunakan salah satu dari plugin SEO WordPress yang keren-keren di atas. Jangan khawatir jika Anda merasa kebingungan atau membutuhkan konsultasi yang lebih komprehensif, Anda dapat menggunakan jasa SEO Sribulancer yang dijamin dapat memberikan hasil positif bagi website/blog bisnis Anda.


Meizar Assiry

Meizar Assiry

Twit as @ijey and Co-Founder of @jongpwk. A Music Machine at @KaneronPictures.