bigstock-Efficiency-in-the-Work-Place-a-15768824

Untuk bisa bersaing di dunia yang semakin kompetitif ini, bisnis Anda perlu operasional  yang efisien. “Cepat atau lambat, setiap perusahaan yang tidak beroperasi secara efisien akan keluar dari bisnis,” kata Laurie McCabe, wakil presiden penelitian usaha kecil dan menengah untuk perusahaan riset AMI Partners. Efisiensi bahkan lebih penting terutama pada usaha kecil dan menengah, McCabe menambahkan, karena sumber daya mereka terbatas dibandingkan dengan perusahaan global. Berikut adalah 10 tips untuk menggunakan teknologi jaringan yang dapat membantu produktivitas bisnis bekerja lebih efisien, mengurangi biaya, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan mampu bersaing dengan para kompetitor.

1. Berikan karyawan jaringan yang aman serta akses yang konsisten terhadap informasi.

Bisnis kecil memiliki beberapa keuntungan dibanding bisnis yang lebih besar karena dapat bereaksi lebih cepat terhadap perubahan bisnis. Tapi juga dapat dengan cepat kehilangan keuntungan tersebut jika jaringan perusahaan sering bermasalah, lambat atau tidak aman. Sebuah jaringan yang handal dan aman memungkinkan karyawan mengakses informasi dan alat yang mereka butuhkan untuk mampu bersaing dengan kompetitor.

Communications connectivity

2. Memberikan akses ke karyawan kapan saja dan di mana saja.

Untuk tetap produktif, karyawan harus dapat menjangkau orang-orang dan informasi yang mereka butuhkan dimana saja dan kapan saja. Dengan alat-alat seperti virtual private networks (VPN), karyawan Anda dapat bekerja di luar kantor tetapi masih dapat menikmati akses aman ke jaringan bisnis.

3. Buat proses bisnis yang efektif dengan mitra.

Beberapa perusahaan besar membuat proses bisnis yang efisien dan aman dengan memberi prasyarat untuk melakukan kerja sama bisnis dengan mereka. Untuk memenuhi kebutuhan bisnis mitra Anda, diperlukan jaringan yang handal dan aman.

4. Mudahkan untuk bekerja sama.

Kolaborasi lancar antara karyawan, mitra, pemasok, dan pelanggan adalah cara yang ampuh untuk meningkatkan efisiensi, selain itu juga mampu mengurangi biaya. Sebuah jaringan cerdas memungkinkan Anda mengambil keuntungan bisnis dari kalender interaktif, video conference, komunikasi terpadu, dan teknologi lainnya untuk kolaborasi yang mudah.

efisien 3

5. Memungkinkan karyawan untuk mengunakan sistem telepon mereka di mana pun mereka pergi.

Panggilan tak terjawab membuat keterlambatan proyek, peluang terbuang, dan pendapatan yang hilang. Dengan jaringan yang terintegrasi dan solusi data, karyawan dapat memiliki satu nomor telepon yang berdering bersamaan pada beberapa perangkat, sehingga pelanggan dapat menghubungi orang yang tepat. Staf Anda dapat mengakses semua komunikasi mereka dari mana saja, memeriksa e-mail, pesan suara, dan faks dari satu kotak masuk.

6. Merampingkan komunikasi dengan pelanggan.

Menyampaikan secara cepat menggunakan layanan berkualitas adalah cara terbaik untuk menjaga pelanggan tetap puas. Menghubungkan sistem jaringan telepon Anda ke “Customer Relationship Management” (CRM) adalah cara yang bagus untuk meningkatkan komunikasi pelanggan.

efisien 1

7. Mengurangi waktu perjalanan yang tidak produktif.

Waktu tidak produktif adalah waktu yang dihabiskan di jalan adalah waktu yang tidak efektif dan efisien. Sebuah solusi jaringan telepon yang menawarkan panggilan video dan web conferencing dapat membantu mengurangi waktu dan biaya perjalanan untuk melakukan pertemuan dan sesi pelatihan. Daripada menghabiskan waktu perjalanan, Anda dapat menggunakan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan yang dialihkan pada teknologi.

8. Menyewa penyedia layanan.

Apakah penggunaan jaringan dapat meningkatan efisiensi waktu karyawan Anda? Dalam beberapa situasi, akan lebih menguntungkan untuk menyewa penyedia layanan untuk mengelola administrasi jaringan. Bekerja dengan penyedia layanan  dapat membebaskan staf TI Anda sehingga mereka bisa fokus pada tugas-tugas TI lainnya dan menggunakan waktu lebih efektif.

9. Meningkatkan kepuasan karyawan.

Penuaan sistem telepon dan jaringan lambat dapat menghambat produktivitas karyawan dan mengganggu pelanggan Anda. Dalam beberapa kasus, seorang karyawan mungkin kecewa dan memutuskan untuk pindah. Untuk membantu memastikan bahwa karyawan produktif dan puas, dibutuhkan jaringan  bisnis  yang aman, handal, dan cepat.

efisien 5

10. Mengembangkan rencana teknologi jangka panjang.

Proses penggantian hardware yang sudah usang dapat mengganggu karyawan Anda dan membuat kegiatan kantor macet. Anda dapat meminimalkan gangguan tersebut dengan hati-hati menentukan tujuan bisnis jangka pendek dan jangka panjang dan bekerja dengan vendor jaringan untuk menggunakan teknologi yang sesuai.

Tidak semua bisnis besar sudah menjalankan produktivitas dengan efektif dan efisien. Padahal dengan efisiensi, maka otomatis biaya juga akan berkurang. Dan lebih baiknya lagi, pendapatan akan meningkat, seiring dengan meningkatnya jumlah pelanggan yang datang. Untuk itu, sebelum Anda membawa bisnis ke skala yang lebih besar, tingkatkan dulu efisiensinya, agar hasil yang dicapai dapat maksimal.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.