business turning back time

Setiap pengusaha tentu tahu bagaimana rasanya terlalu banyak hal yang harus dilakukan di waktu yang terlalu sedikit. Terutama jika pada fase startup, inilah yang dialami banyak pemilik startup. Namun, jika Anda mampu mengelola waktu dan mengelola diri sendiri dalam menyelesaikan pekerjaan, produktivitas dapat menjadi lebih baik dan waktu yang digunakan dapat lebih maksimal. Selain itu, tekanan dalam bekerja juga dapat dihindari. Berikut ini tipsnya:

1. Tahu mana prioritas Anda

Langkah pertama dalam meningkatkan produktivitas adalah mengetahui hal yang paling penting untuk dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan membuat deskripsi pekerjaan dan daftar proyek, keduanya diurutkan berdasar prioritas. Daftar deskripsi pekerjaan yang jelas adalah hal penting yang harus Anda lakukan terus menerus. Daftar proyek berisi proyek-proyek yang sedang Anda kerjakan-cobalah untuk tidak memiliki lebih dari empat proyek sekaligus. Deskripsi pekerjaan dan daftar proyek harus mencakup antara 80 dan 90 persen dari apa yang seharusnya Anda lakukan setiap hari, kecuali untuk hal-hal tak terduga dan pekerjaan penting mendadak yang kemungkinan besar pasti ada. Dengan ini, Anda akan dapat memutuskan apa yang paling penting bagi untuk fokus pada waktu yang terbatas.

2. Rencana ke depan

unnamed

Sisihkan waktu sekali dalam sepekan  untuk merencanakan agenda pada pekan yang akan datang. Berdasarkan uraian pekerjaan dan proyek, serta tujuan jangka panjang, sebaiknya perencanaan dilakukan pada setiap akhir pekan , untuk merencanakan pekan mendatang. Mulailah dengan menanyakan apa item yang paling penting harus dilakukan untuk menyelesaikan proyek, dan apa fungsi yang paling penting dari pekerjaan Anda. Prioritaskan daftar yang telah dibuat sehingga item yang paling penting ada di bagian atas. Any.do (web dan aplikasi) atau Asana (web dan aplikasi), Kedua tools tersebut sangat efektif untuk meningkatkan produktivitas Anda di pekan yang akan datang, dan akan berlanjut setiap pekan.

3. Buat jadwal dalam kalender

google calendar tips-resized-600

Setelah Anda tahu apa yang perlu dilakukan pekan depan, tetapkan waktu luang atau semacam jeda waktu pada setiap pekerjaan utama yang harus dilakukan. Perlu diingat: Setiap pekerjaan hampir selalu memakan waktu lebih lama dari yang diharapkan. Untuk itu, buat agenda di pekan sebelumnya, masukkan ke deskripsi pekerjaan dan daftar proyek, lalu buat prioritas kembali. Akan lebih baik jika hanya tiga atau empat pekerjaan penting saja dalam satu hari, atau dua puluh tugas penting dalam sepekan. Alat yang cocok adalah Google Calendar atau Outlook.

4. Luangkan waktu untuk tugas berulang

Pertama kali merencanakan hal seperti ini, Anda akan suka meluangkan beberapa waktu untuk tugas berulang atau yang dikerjakan beberapa kali dalam sehari–termasuk menanggapi email, membayar tagihan dan menarik calon pelanggan. Jika Anda mendapatkan banyak email, jadwalkan waktu setiap hari, sebaiknya pada waktu yang sama, untuk menangani kotak masuk. Jika Anda berada di penjualan dan harus menjangkau lima calon pelanggan baru setiap hari, aturlah waktu berulang dalam kalender. Sangat mungkin jika lupa dalam merencanakan waktu untuk jenis tugas berulang sehari-hari.

5. Menyediakan ruang kosong.

mon

Setelah mahir merencanakan agenda dan produktivitas meningkat, Anda akan tergoda untuk menjadwalkan lebih banyak setiap menit & setiap hari. Jangan lakukan hal tersebut. Ini adalah ide yang sangat buruk, karena hal tak terduga selalu datang. Mungkin pelanggan potensial datang dengan tiba-tiba untuk mengobrol. Mungkin anak Anda sakit dan terpaksa harus tinggal di rumah, atau hari Anda berjalan terasa cepat dan tidak mampu melewati segala sesuatu yang telah direncanakan. Apapun masalah yang dihadapi, tidak akan ada waktu dalam seminggu penuh yang persis sama seperti perencanaan, jadi luangkan beberapa ruang tambahan sehingga satu peristiwa yang tak terduga tidak membuang seluruh pekan Anda.

Jika mampu menerapkan strategi di atas, pekerjaan yang harus dilakukan dapat diselaraskan dengan prioritas bisnis utama Anda. Anda akan memiliki cukup waktu untuk menyelesaikan suatu jadwal dan waktu yang cukup untuk memungkinkan hal-hal tak terduga datang. Produktivitas Anda akan meningkat, sehingga hasil kerja juga menjadi lebih baik tiap pekan. Dan sekarang Anda lebih mahir dalam manajemen waktu.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.