Designer of the Month October

Simak perbincangan Sribu dengan Designer of the Month untuk bulan October 2012: Reky Sanjaya a.k.a Rock Mayers.

Kepada Sribu, Reky buka-bukaan tentang inspirasi, style dan harapannya dalam dunia desain.

Hi sribuddies,

Kita sampai lagi ke masa “itu” nih. “Itu” tuh … masa yang paling mendebarkan saat Sribu memilih designer of the month. Dan, yang beruntung menjadi designer of the month Sribu untuk bulan October 2012 adalah … *drumroll* … Mr. Rock Mayers! *tepuk tangan*

Melihat sepak terjang dan keuletan pria bernama asli Reky Sanjaya ini dalam mengikuti kontes-kontes desain yang diselenggarakan di Sribu.com, Sribu angkat jempol deh. Bayangkan, sudah lebih dari 70 kontes desain yang ia ikuti. Pun, kategorinya bervariasi, mulai dari desain logo, stationery, banner ads, mascot, packaging hingga desain company profile. Maka, tak heran jika kini ia menyandang ranking “Semi Pro”.

Nggak usah berlama-lama lagi deh ya, langsung saja Sribu hadirkan perbincangan Sribu yang hangat dan penuh cinta kasih – lebay – dengan Reky. Cek-cek-cekidot…

Sribu (S): Hey, Reky! Duh, Sribu seneng deh dapat kesempatan ngobrol-ngobrol dengan kamu. Btw, kamu adalah designer of the month Sribu untuk bulan October 2012 lhooo… Selamat yah!! Hmmm, aduh, Sribu jadi kehebohan sendiri. Tapi, Sribu mau tahu dong, sebenarnya inspirasi desain Reky tuh dapat dari mana sih? Kok, sepertinya idenya nggak habis-habis untuk membuat desain baru?

Reky (R): Hmmm, sebenarnya simple aja kok. Yang aku lakukan adalah mencari referensi dengan melihat situs-situs desain, blog-blog tutorial desain, dan yang paling penting … berimajinasi. Hehehe…

(S): Ooh, jadi dari sekedar berimajinasi bisa ditransformasikan menjadi desain yang oke ya? Boleh juga tuh, nanti Sribu coba yah… Anyway, kalau tahapan-tahapan yang kamu lakukan dalam membuat desain biasanya apa aja? Misalnya nih, apakah kamu sketch atau gambar-gambar konsepnya dulu di kertas, baru kamu buat di aplikasi desain, atau kamu lebih suka langsung eksekusi di aplikasi desainnya?

(R): Yah, terkadang sih sketch kasar dulu di kertas. Tapi, kayaknya lebih sering langsung dibuat di program desainnya deh, hehehe… Soalnya, takut idenya hilang kalau kelamaan.

(S): Wah, sama tuh! Sribu juga suka kehilangan ide kalau nggak cepat-cepat dieksekusi. Eh, tapi Sribu boleh tahu dong, gimana sih awalnya Reky terjun ke dunia design?

(R): Sejujurnya, saya sudah jatuh cinta dengan desain grafis cukup lama sih. Dan, alhamdulillah saya diberikan Tuhan talenta menggambar. Jadi, saya belajar ya otodidak saja, karena saya yakin darah dan jiwa saya ada di dunia ini. 

(S): Sejak kapan kamu terpanggil untuk menggeluti dunia desain?

(R): Well, sejak masih duduk di bangku sekolah sih pastinya.

(S): Wah, sudah lama juga ya. Sribu acung jempol deh buat kamu! Eh, btw kamu sekarang usianya berapa?

(R): Saya kelahiran Jakarta, 14 Juni 1986. Jadi, sekarang usia saya 26 tahun.

(S): Wow, masih muda, tapi sudah menemukan cinta sejati di bidang desain. Great! Eh, tapi Sribu penasaran deh, apa kamu memiliki tipe cewek – eh, oops – maksudnya, tipe project desain tertentu yang kamu sukai? Contohnya di kontes desainnya Sribu deh, kan ada beberapa kategori tuh, seperti desain logo, brosur, website, dan sebagainya.

(R): Hahahaha, saya suka dengan desain logo. Ah, tapi semua desain yang menyangkut advertising saya suka kok mengerjakannya.

(S): Nah, kalau style desain, kamu lebih suka apa? Sribu kasih contoh, misalnya photo manipulation, vector atau shape begitu.

(R): Semua style saya suka sih, karena bagi saya, terkadang skill tidak harus terpaku pada satu style saja kan. Dan, jika semua style bisa kita kolaborasikan secara bersamaan, ya kenapa nggak?

(S): Akur! Sribu setuju banget tuh dengan pemikiran tersebut. Nah, kalau media yang dipakai untuk mendesain, apa kamu punya preferensi khusus? Misalnya, kamu lebih suka mendesain dengan menggunakan Photoshop, Illustrator, Indesign atau program lainnya?

(R): Biasanya sih saya menggunakan Photoshop dan Illustrator. Tapi, Indesign juga oke…

(S): Nah, sekarang Sribu mau dengar suka duka kamu selama berkecimpung di dunia desain dong. Sukanya dulu deh…

(R): Kalau sukanya adalah ketika membuat desain, diapprove klien, dan kemudian dipublish.

(S): Nah, kalau dukanya apa dong?

(R): Dukanya ya, kalau hasil desain kurang memuaskan, dan jadinya banyak revisi di sana-sini. Hehehe…

(S): Sribu sangat mengerti, Reky! Memang nggak enak ya kalau harus mengulang-ulang pekerjaan. Ngomong-ngomong, apa ada desainer grafis atau blog desain yang paling kamu suka?

(R): Ada, lebih tepatnya website sih. Namanya TopDesignMag.com.

(S): Hiks, bukan blog Sribu ya ternyata? *mengusap air mata* Tapi, tetap sayang Sribu dan teman-teman sribuddies lainnya dong? – Oh ya, jangan lupakan Sibby! Anyway, Reky… Kamu punya hobi atau interest lain nggak sih selain desain grafis?

(R): Hmmm, aku suka ilustrasi. Tepatnya, aku senang mengilustrasikan cerita atau naskah menjadi sebuah buku. Lebih spesifiknya lagi, buku anak-anak.

(S): Berarti passion kamu memang benar-benar di desain ya. Tapi, Sribu salut banget dengan kesukaan kamu, semoga karya-karya kamu bisa membawa anak-anak Indonesia menjadi lebih cerdas, berprestasi dan membawa harum nama bangsa ya. Amin! Nah, sebagai penutup nih, boleh dong dishare pesan atau saran bagi teman-teman sribuddies lainnya.

(R): Singkat saja sih, “Teruslah berkreasi dan berkarya. Maju terus desainer-desainer Indonesia!!”

(S): Majuuu!!!

Gimana, sribuddies? Perbincangan Sribu dengan Reky, si Designer of the Month Sribu untuk bulan October 2012 seru nggak? Buat kamu yang ingin berkenalan langsung, dan saling share tips dan trik desain dengan cowok ramah ini, Sribu berikan alamat Facebook-nya ya: FB Reky Sanjaya.

* Psst, sembari ngintip profile page-nya Reky, gimana kalau sribuddies sekalian follow Facebook Fan Page Sribu? Atau, kalau sribuddies lebih hobi berkicau, kicau bareng-bareng Sribu di Twitter account @sribudotcom saja yuk.

Apa? Mau lihat profil dan pencapaian Reky alias Rock Mayers di Sribu saja? Ya sudah, nih Sribu kasih linknya: Profile Rock Mayers.

Biar lengkap, Sribu kasih juga deh fotonya:

designer of the month sribu nov 2012

Jadi, sekarang what now? Yah, karena designer of the month Sribu untuk October 2012 sudah terpilih, gimana kalau sribuddies cek kontes-kontes desain yang sedang berlangsung di Sribu.com saja? Eits, jangan cuman dicek yah, tapi ikut partisipasi juga. Siapa tahu saja, bulan depan giliran kamu yang jadi Designer of the Month Sribu.

Salam,
Tim Sribu


Mega Tanuwijaya

  • Indesign bisa buat desain juga ya????

    • Indesign bisa, khusus untuk publishing misalnya desain majalah 🙂