4P

Promosi adalah bagian penting dari marketing mix perusahaan. Setelah produk dikembangkan, harga ditentukan, langkah selanjutnya adalah menjualnya. Hal ini tentu membutuhkan kegiatan promosi. Kegiatan ini perlu teknik untuk membawa karakteristik dari produk atau produsen agar sampai ke calon pelanggan. Promosi adalah proses komunikasi yang melibatkan informasi, persuasi, dan pengaruh. Istilah ‘menjual’ sendiri sering disinonimkan dengan promosi. Tapi promosi sendiri lebih luas. Menjual hanya berkaitan dengan pengalihan hak milik barang kepada pembeli, sedangkan dalam promosi, ada teknik merangsang permintaan. Teknik ini meliputi advertising, personal selling, dan metode lain dari stimulasi permintaan.

Teknik advertising dan sales promotion itu tidak langsung dan non-personal, sedangkan personal selling atau salesmanship itu langsung dan teknik personal. Semua teknik ini harus diintegrasikan dengan tujuan pemasaran perusahaan.

Promosi pada dasarnya merupakan upaya penjualan dari perusahaan bisnis dan termasuk fungsi dari menginformasikan, membujuk dan memengaruhi keputusan pembelian oleh calon konsumen dengan tujuan meningkatkan volume penjualan dan keuntungan. Promosi sendiri adalah upaya penjual untuk menjual produk secara efektif. Promosi juga mencakup komunikasi dengan pelanggan untuk mengejar mereka agar membeli produk. Ini adalah tugas dari manajer pemasaran untuk memilih media komunikasi dan memadukannya ke dalam program promosi yang efektif. Ada lebih dari satu alat yang digunakan untuk mempromosikan penjualan. Kombinasi alat-alat ini yang bertujuan untuk mempertahankan dan menciptakan penjualan, dikenal sebagai Promotion Mix. Inilah unsur-unsur dari promotion mix!

promotion mix 2

Advertising

Advertising adalah presentasi non-personal dari barang, jasa, atau ide. Advertising dan pelanggan potensial mengkomunikasikan pesan melalui media umum seperti radio, TV, surat kabar, atau majalah. Ini melibatkan pengiriman pesan standar secara bersamaan untuk sejumlah besar orang. Pesan inilah yang dikenal sebagai advertising. Salah satu jenis advertising yang paling sering digunakan adalah dengan membuat brosur. Promosi menggunakan brosur ini sangat dipengaruhi oleh desain dan isi dari brosur itu sendiri.

promotion mix 3

Personal selling

Personal selling adalah proses membantu dan membujuk konsumen lama dan calon konsumen untuk membeli barang atau jasa secara langsung. Ini melibatkan kontak langsung dan pribadi oleh penjual kepada pembeli.

promotion mix 4

Publicity

Publicity adalah stimulasi tidak berbayar dan non-personal dari permintaan produk atau jasa atau unit bisnis dengan perencanaan pesan yang signifikan secara komersial di media cetak atau media elektronik, atau di panggung.

promotion mix 5

Sales Promotion

Sales promotion terdiri dari semua kegiatan selain poin-poin sebelumnya, yang akan membantu mempromosikan penjualan produk. Kegiatan-kegiatan tersebut tidak berulang dan penawaran satu kali. Menurut American Marketing Association, sales promotion termasuk, “kegiatan-kegiatan pemasaran selain personal selling, periklanan dan publicity yang merangsang pembelian konsumen dan efektivitas agen, seperti tujuan dari menampilkan produk, pertunjukan dan pameran, demonstrasi dan berbagai upaya penjualan tidak berulang bukan dalam rutinitas biasa.”

 

Di atas tadi adalah empat elemen yang membentuk promotion mix. Tujuan utama dari promosi penjualan adalah untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan tetapi sangat berbeda dari personal selling dan advertising. Dalam personal selling, pelanggan diyakinkan oleh seorang penjual dengan tatap muka. Advertising merupakan media komunikasi massa non-personal. Promosi penjualan menjadi metode yang tidak bisa dibuat berulang dan dijadikan rutinitas semata. Tujuan utamanya adalah untuk melengkapi dan mengkoordinasikan personal selling dan advertising. Ini adalah elemen yang mendukung dan memfasilitasi strategi promosi. Promosi penjualan menjembatani kesenjangan advertising dan personal selling.


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G