Anda mungkin berpikir bahwa 9 to 5 job yang Anda miliki sekarang sudah terlalu membosankan. Hampir setiap hari Anda mengerjakan hal yang sama secara berulang tanpa adanya tantangan baru. Sehingga pada akhirnya Anda memutuskan untuk keluar dan mencari kebebasan dengan melakukan kerja freelance. Namun menjadi seorang freelancer sukses itu tidak semudah yang dibayangkan. Berikut ini 13 rahasia ampuh menjadi freelancer yang sukses :

  1. Memulai Kerja Freelance Dengan Adaptasi

Sebelum memutuskan menjadi full-time freelancer, ada baiknya Anda mencoba beberapa proyek freelance terlebih dahulu. Anda dapat mengerjakannya sepulang kerja atau disaat weekend. Tujuannya adalah untuk membangun portfolio dan reputasi kerja freelance Anda.

  1. Jangan Menerima Job Dengan Bayaran Super Murah

Putus asa karena tidak mendapatkan pekerjaan freelance, maka Anda terpaksa menerima proyek apapun meski bayarannya tidak sebanding dengan apa yang harus Anda kerjakan. Pada saat Anda masih mencoba-coba menjadi freelancer boleh saja melakukannya demi reputasi dan pengalaman, tapi setelah itu sebaiknya Anda berpikir ulang. Lakukan negosiasi agar memperoleh penawaran kerja freelance terbaik.

counting money

Via Giphy

 

  1. Fokus Pada Bidang Yang Dikuasai

Mencoba hal baru dalam bekerja itu memang baik, tapi jika kerja tidak sesuai dengan skill yang Anda miliki maka hasilnya tidak akan maksimal. Oleh karena itu Anda harus menentukan fokus kerja freelance pada bidang yang Anda kuasai.

  1. Melakukan Research

Untuk menjadi seorang freelancer yang sukses maka Anda perlu melakukan research terlebih dahulu. Misalnya, Anda ingin menjadi seorang freelance copywriter, maka Anda perlu melakukan research mengenai apa yang Anda harus lakukan dan apa yang diinginkan oleh client dari seorang copywriter. Hal ini tentu akan lebih memudahkan Anda untuk melakukan proses selanjutnya.

searching

Via Giphy

 

  1. Menunjukan Profesionalitas Sebagai Freelancer

Profesionalitas dapat Anda tunjukan kepada client melalui portfolio proyek yang pernah Anda kerjakan. Bisa melaui sebuah website, artikel yang pernah Anda tulis, desain yang pernah Anda buat, atau dalam bentuk lainnya.

  1. Menyampaikan Progress

Selalu menyampaikan progress pekerjaan yang sedang Anda kerjakan kepada client, hal tersebut akan membuat client terkesan dan menganggap Anda bekerja secara professional. Tujuan lainnya adalah agar client dapat dengan mudah memantau pekerjaan Anda. Sehingga jika terjadi kesalahan dalam pekerjaan yang Anda kerjakan, maka Anda tidak melakukannya terlalu jauh. Anda juga bisa menggunakan beberapa aplikasi Project Management and Planning untuk proyek freelance Anda.

 

  1. Bekerja Sesuai Deadline

Beberapa client akan menentukan deadline terhadap pekerjaan yang harus Anda selesaikan. Apabila Anda menyetujui, maka pekerjaan freelance wajib untuk diselesaikan sesuai dengan deadline yang ditentukan. Sekali Anda mencari alasan, maka kepercayaan client terhadap Anda bisa langsung menurun.

typing

Via Giphy

 

  1. Tetap Mengutamakan Kualitas

Meskipun Anda belum pernah bertemu dengan client secara langsung, yang namanya kerja freelance itu tetaplah sebuah pekerjaan yang harus diselesaikan dengan baik. Sudah sewajarnya client pasti akan  mencari freelancer dengan hasil pekerjaan yang sangat berkualitas. Jika hasil pekerjaan Anda tidak berkualitas maka revisi akan datang bertubi-tubi atau bahkan client akan mencari freelancer lain yang lebih bagus.

  1. Membangun Network

Tidak seperti membangun traditional network, sebagai seorang freelancer Anda dapat membangun network secara online. Contohnya adalah melalui facebook group, linkedin, online forum dan lainnya. Atau bisa juga dengan mengirim email secara langsung kepada calon-calon client Anda.

social networking

Via Giphy

 

  1. Memperhatikan Sifat Client

Setiap client memiliki sifat yang berbeda-beda. Sebaiknya kenali dulu apakah client Anda akan membuat masalah dengan Anda. Jika Anda menemukan client yang selalu menambahkan job desk Anda, maka sebaiknya Anda memberanikan diri untuk menyampaikan bahwa apa yang dia minta tidak ada dalam perjanjian awal.

  1. Belajar Untuk Mengatakan Tidak

Semakin hari tawaran kerja freelance yang akan Anda dapatkan akan semakin banyak. Namun karena tergiur dengan bayaran yang cukup banyak maka Anda menerima semua pekerjaan tersebut tanpa mempertimbangkannya dengan matang. Hasil yang akan Anda dapatkan adalah dipusingkan dengan berbagai macam deadline.

say no

Via Giphy

 

  1. Meminta Referral Dari Client

Anda jangan pernah malu untuk meminta referral dari client melalui email ataupun pesan. Anda bisa menulis sepert ini, “Hi, senang bisa bekerjasama dengan Anda, semoga di lain waktu kita dapat bekerjasama lagi. Jika teman dan keluarga Anda membutuhkan bantuan mengenai perkerjaan yang serupa, maka Anda dapat mereferensikan saya. Terima kasih”

  1. Just Do It!

Keputusan untuk menjadi seorang freelancer memang harus dipertimbangkan dengan baik. Namun jika sudah diputuskan maka just do it!

do it

Via Giphy

 

Itulah rahasia ampuh menjadi freelancer sukses. Dengan menjadi freelancer sukses maka Anda tidak akan menyesal telah meninggalkan pekerjaan lama Anda. Berbagai proyek freelance pun akan siap menanti Anda!!


Antaresa Mayuda

Antaresa Mayuda

Copywriter, Content Marketer dan Translator. Saya memiliki latar belakang pendidikan yang sangat jauh dari dunia tulis menulis, tetapi bagi saya menulis sudah menjadi bagian hidup, saya sangat menikmatinya.