sir-richard-branson

Sebagai seorang pengusaha, saya sering ditanya apakah punya rahasia – atau setidaknya jawaban yang konsisten – dalam mengembangkan bisnis atau karir saya.

Lalu saya menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan apa yang jadi karakteristik dalam perjalanan kesuksesan Virgin, dan yang penting apa yang akan menjadi buruk ketika melakukan hal yang tidak bisa kita lakukan dengan baik. Inilah 5 rahasia dari saya dalam menjalankan bisnis:

1.  Nikmati Apa Yang Anda Lakukan

Karena memulai sebuah bisnis itu berarti siap untuk benar-benar bekerja keras, membutuhkan banyak waktu, jadi nikmatilah apa yang Anda lakukan. Ketika saya membuka Virgin di basement di West London, saya bukan berbisnis untuk membangun kerajaan. Saya bisnis untuk sesuatu hal yang saya nikmati dan dapat membayar tagihan.

Tidak ada perencanaan ataupun strategi besar. Nama bisnis yang saya pilih pun bisa dibilang datang tiba-tiba. Saat itu saya sedang berkumpul dan minum-minum dengan teman saya, dan mereka menyarankan nama Virgin karena kami masih baru dalam hal bisnis. Tapi ternyata nama itu sudah melekat dan menjadi seperti sekarang.

Bagi saya membangun bisnis itu melakukan sesuatu yang bisa dibanggakan, bekerja bersama orang-orang yang mempunyai bakat, membuat sesuatu yang mempunyai perbedaan nyata pada kehidupan orang lain.

2. Buatlah Sesuatu Yang Mampu Bertahan

Apakah Anda mempunyai produk, jasa, atau brand yang mulai berkembang, tidaklah mudah membangun dan mengembangkan bisnis di era modern. Bahkan Anda harus membuat sesuatu yang benar-benar berbeda untuk menjadi dikenal orang-orang. Lihatlah bisnis yang bisa dibilang paling sukses 20 tahun belakangan. Microsoft, Apple, Google misalnya, mereka melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan dan terus berinovasi. Kini mereka menjadi perusahaan raksasa yang mampu bersaing dan sulit disaingi.

3.  Buat Semua Yang Bekerja Dengan Anda Menjadi Bangga

Anda tidak akan bisa mengembangkan bisnis sendirian. Seorang pengusaha sukses pasti punya orang-orang yang turut berjasa dalam mengembangkan bisnis. Dan mereka semua adalah asset Anda.

4.  Jadilah Pemimpin Yang Baik

Sebagai seorang pemimpin, Anda harus bisa menjadi pendengar yang benar-benar baik. Anda perlu tahu pandangan dan pemikiran Anda sendiri, tetapi harus dengan dukungan dan masukan dari orang lain. Tidak boleh ada monopoli dalam sebuah ide atau gagasan yang baik. Pergilah keluar dan dengarkan apa yang orang-orang katakan.

Sebagai pemimpin, Anda juga harus pandai memuji orang. Jangan pernah mengkritik di depan umum, jangan pernah kehilangan kesabaran, berikan pujian pada tiap pekerjaan yang dapat diselesaikan dengan baik. Pujian dapat membuat seseorang semakin berkembang. Dan mereka biasanya tahu ketika melakukan kesalahan. Sebuah perusahaan harus bisa menjadi keluarga kedua. Budaya seperti ini akan membentuk suasana kerja yang nyaman. Berikan pekerjaan yang tepat pada orang yang tepat. Sesuaikan pekerjaan dengan kemampuan, jangan memberi pekerjaan yang melebihi kapasitas.

5.  Sering Muncul

Seorang pemimpin yang baik tidak hanya menunggu di belakang meja. Saya tidak pernah hanya diam di kantor, saya selalu keluar melihat keadaan dan bertemu dengan orang-orang. Saya selalu membawa buku kecil dan mencatat ide , keluhan, serta pertanyaan dari orang-orang yang saya temui. Ketika saya di pesawat Virgin Atlantic, saya selalu menyempatkan untuk keluar dan bertemu dengan staf dan penumpang. Setidaknya saya akan mendapat 10 saran atau ide. Jika saya tidak menulisnya, mungkin saya hanya ingat satu pada esok hari, tetapi dengan menulisnya, maka saya dapat mengingat semuanya.

Itulah rahasia dari pengusaha sukses Richard Brandson. Anda bisa saja mengikuti langkahnya. Lima hal di atas merupakan kebiasaan nyata dari Richard. Dan nyatanya memang lima hal itu yang membuatnya menjadi seperti sekarang. Cobalah menerapkan pada bisnis Anda, dan lihat perubahannya. Jangan lupa untuk tetap melakukan promosi dengan membuat brosur, kartu nama, atau mungkin membuat website agar bisnis Anda mudah dilihat orang.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.