7 Formula Tepat Menyeleksi

FREELANCER PROFESIONAL Di Sribulancer

 

Via www.freepik.com

Problem terbesar para pengusaha saat memakai pekerja full time adalah kebanyakan dari mereka belum terlatih sehingga membutuhkan waktu untuk mengasah skill-nya. Namun disayangkan, seringkali sesudah mereka dilatih & skill sudah meningkat tajam – akhirnya mereka keluar.

Segala waktu, tenaga & biaya yang dikeluarkan sia-sia belaka.

Jalan keluar yang paling pas adalah memakai jasa Freelancer yang sudah ahli dibidangnya, yang bisa dinilai lewat portofolio & review yang dimiliki. Yang lebih menguntungkan lagi, Freelancer hanya digunakan saat dibutuhkan. Jadi biaya Freelancer hanyalah biaya tidak tetap – bukan biaya tetap yang harus dikeluarkan setiap bulan seperti memiliki pekerja full time.

Nah, ada 7 formula tepat yang harus anda ketahui untuk mendapatkan Freelancer berkualitas dengan hasil kerja yang memuaskan, seperti yang bisa anda dapatkan di Sribulancer. Mari kita simak panduan singkat di bawah ini.

 

  1. Tulis Brief dengan Jelas & Rinci
  

Via tutorials.writersdigest.com

Via www.sribulancer.com

 

Tulislah brief anda dengan jelas & rinci supaya Freelancer dapat mengetahui cakupan pekerjaan, tenggal waktu & penawaran harga anda. Brief yang jelas & terperinci akan menarik banyak Freelancer yang berkualitas.

Tips:

  • Tulislah brief anda dalam bullet points agar mudah dibaca & dimengerti. Perjelas ekspektasi hasil yang anda harapkan dengan memberikan referensi contoh yang sudah jadi.

 

  1. Masukkan Harga Penawaran Sesuai Pekerjaan

 

 

via www.sribulancer.com

via www.hafele.co.uk

 

Masukkan harga penawaran yang obyektif sesuai dengan bobot, kualitas pekerjaan & tenggal waktu yang anda harapkan. Agar Anda tepat dalam menetapkan harga, silahkan lakukan perbandingan dengan job serupa yang pernah dimasukkan oleh Client lain.

Tips:

  • Hati-hati saat memasukkan harga rendah di bawah standar karena kemungkinan Freelancer yang masuk belum berpengalaman & berpengaruh pada hasil kerja.

 

  1. Pilih Profil Para Kandidat Freelancer Yang Cocok

 

 

 

Via www.sribulancer.com

Via blog.hubspot.com

 

Pilih profil para kandidat dengan menilai proposal yang dikirim. Dari isi proposal, lihat gaya komunikasi & perhatikan detail yang ditunjukkan para kandidat Freelancer sebagai faktor untuk menyeleksi. Selain itu, kapabilitas yang dimiliki para kandidat harus sesuai dengan pekerjaan yang ditawarkan.

Tips:

  • Pastikan para kandidat yang terpilih memiliki kemampuan berkomunikasi yang dibutuhkan saat bekerja

 

  1. Review Proposal Para Kandidat & Pilih Yang Paling ‘Fit’

 

Via www.funnyjunk.com

Review proposal berdasarkan kemampuan, pengalaman, rating positif dari Client, referensi & harga yang ditawarkan. Akhirnya, pilihlah kandidat yang paling ‘fit’ dengan kapabilitas yang anda cari.

Tips:

  • Pilihlah kandidat yang pernah mengerjakan pekerjaan hampir sama dengan yang Anda tawarkan saat ini & dapat memenuhi tenggal waktu.

 

  1. Set Tanggal Deadline Pengerjaan Sejak Awal Dengan Jelas

 

Via theawesomer.com

Pastikan Anda meminta Freelancer untuk memenuhi tenggal waktu penyelesaian pekerjaan.

Tips:

  • Jangan meminta Freelancer untuk melakukan pekerjaan lebih dari cakupan di brief. Hal ini bisa membuat tenggal waktu tidak terpenuhi & terpengaruhnya reputasi anda sebagai Client karena tidak transparan. Pastikan freelancer bisa komitmen dengan tanggal yang telah di-set.

 

  1. Pro-Aktif Berkomunikasi

 

 

Via www.pexels.com

Via www.sribulancer.com

 

Segera sesudah memberikan pekerjaan, berkomunikasilah dengan Freelancer anda dalam bahasa yang mudah dipahami. Pastikan kembali terpenuhinya cakupan pekerjaan serta hasil yang diharapkan. Tergantung dari kompleksnya pekerjaan, selalulah bersedia untuk dihubungi & diminta keterangan beberapa kali.

Tips:

  • Saat Freelancer bertanya karena ada yang belum dipahami, segera jelaskan tanpa merasa terganggu.

 

 

  1. Periksa Hasil Pekerjaan, Berikan Feedback & Minta Koreksi Bila Perlu

ma hasil pekerjaan, segera berikan feedback untuk memastikan hasilnya sudah benar & sesuai ekspektasi. Bila diperlukan adanya koreksi, segera minta perubahan agar dapat memenuhi timeline pengerjaan.

Tips:

  • Pastikan untuk memeriksa hasil akhir pekerjaan Freelancer. Apabila anda telah setuju & pembayaran telah dilakukan tanpa adanya pemeriksaan, kemungkinan besar akan sulit untuk meminta perubahan atau koreksi sesudahnya.

via GIPHY

Sesudah meneri

So, what do you think? Saya yakin dengan metode yang begitu mudah & sederhana, Anda semakin berpikir, sudah saatnya mencoba meng-hire Freelancer untuk proyek pertama anda.

Hal penting lain yang ada di Sribulancer adalah jaminan kepuasan atas hasil pekerjaan atau uang Anda kembali.

Sribulancer menjamin Client untuk bisa mendapatkan kualitas hasil pekerjaan yang baik dengan cara;

 

Via www.sribulancer.com

 

  • Saat seorang Freelancer sudah diseleksi & fee pekerjaan dibayar lunas oleh Client, dana akan disimpan di sistem escrow hingga pekerjaan sele
  • Saat Client menyatakan job sudah selesai, baru Sribulancer akan membayar ke Freelancer.

Kami sangat sarankan anda selalu mengarahkan Freelancer untuk bertransaksi di Sribulancer.

Jadi, apa selanjutnya?

Dengan menggunakan Freelancer anda dipastikan dapat menghemat biaya, waktu & tenaga.

Dengan Freelancer, anda hampir bisa pastikan hasil yang didapat lebih baik karena Freelancer yang anda seleksi telah memiliki track record yang jelas dari portofolio yang sudah dikerjakan serta review pekerjaan yang sudah diterima.

Terlebih lagi dengan Freelancer, anda akan irit biaya karena biaya Freelancer hanyalah biaya tidak tetap. Anda bayar saat anda butuh.

Ok, let’s get started!

 

via GIPHY

 

Segera buat account anda di Sribulancer lalu pilih jasa Freelancer dari 52 jenis kategori & tingkatkan produktivitas serta efisiensi perusahaan anda.


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G