Salah satu kunci sukses SEO adalah dengan menggunakan long tail keyword, yaitu kata kunci yang diturunkan dari kata kunci utama yang Anda targetkan. Bahkan dengan penggunaan long tail keyword dapat menyebabkan persaingan SEO menjadi lebih mudah. Namun dalam menentukannya, Anda perlu melakukan riset keyword terlebih dahulu agar long tail keyword yang digunakan bernilai tinggi.

Meskipun long tail keyword tidak memberikan jumlah trafik yang berarti, tapi kualitasnya sangat baik. Para pembaca yang mengunjungi website Anda memang sedang membutuhkan informasi yang sangat spesifik. Oleh karena itu mereka menggunakan keyword yang lebih panjang ketika melakukan browsing hingga akhirnya bisa mengunjungi website Anda.  

keyword

Via Bluebeetle

Pada dasarnya ada beberapa cara melakukan riset keyword yang benar yaitu dengan memanfaatkan SEO tools gratis yang banyak tersedia di internet. Namun sebelum membahas hal tersebut, sebaiknya Anda pertimbangkan terlebih dahulu dua hal penting ini dalam menentukan keyword yang akan digunakan.

– Relevansi

Jika Anda ingin memiliki website bisnis dengan kualitas yang lebih baik maka sebaiknya perhatikan relevansi antara keyword dan bisnis Anda. Sebagai contoh jika bisnis Ada bergerak di bidang penjualan hijab dan sedang menargetkan keyword “Hijab” maka sebaiknya keyword tersebut diganti dengan long tail keyword seperti misalnya “Jual hijab syari instan”.

Irrelevant

Via Gifsec

 

– Lokasi

Hal lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah menambahkan informasi mengenai lokasi pada keyword yang akan digunakan seperti misalnya “Jual hijab syari instan daerah Jabodetabek”. Penambahan lokasi ini memang mempersempit cakupan pengunjung website namun mereka yang mengunjungi berasal dari lokasi yang sama dengan bisnis Anda. Hasilnya tentu saja akan mengakibatkan transaksi bisnis menjadi semakin tinggi.

location

Via Gizmodo

Namun bagaimana caranya untuk melakukan riset keyword secara efektif? Sebenarnya ada banyak sekali caranya, tapi jangan sekali-kali menentukan long tail keyword secara asal-asalan. Berikut ini adalah SEO tools gratis terbaik untuk riset keyword :

1. Google Keyword Planner

Google memiliki beberapa SEO tools gratis yang bisa digunakan untuk melakukan riset keyword. Salah satu tool pada Google Adwords yang diberi nama Google Keyword Planner bisa menjadi pilihan untuk menentukan long tail keyword, terutama bagi Anda yang terlibat dalam campaign Adwords.

Ketika Anda memasukkan satu atau beberapa keyword, dan bahkan memasukan sebuah halaman website maka Google Keyword Planner akan memberikan beberapa keyword yang relevan lengkap dengan simple metric berisi data statistik dan performa dari keyword yang ditampilkan.

keyword-planner

Via Jimdo

2. Google Trends

Dengan menggunakan Google Trends maka Anda dapat menemukan ide keyword baru dengan memasukkan beberapa keyword dan memfilter berdasarkan lokasi, search history, dan kategori. Google Trends ini juga akan menunjukkan seberapa menarik website milik Anda terhadap suatu keyword yang sedang Anda teliti, penyebab interest yang terjadi, dari mana asal pengunjung website Anda tersebut dan bahkan menunjukkan pula beberapa keyword yang relevan dengan keyword yang Anda cari.

google trends

Via Schallcreative

Hal yang menarik dari Google Trends tidak hanya kemampuannya yang bisa menunjukkan jumlah atau volume dari suatu static keyword saja, tetapi Google Trends juga mampu menyajikan data tersebut dalam bentuk grafik yang warna-warni. Selain itu menggunakan Google Trends untuk melakukan riset keyword juga dapat dilakukan dengan membandingkan beberapa keyword terhadap artikel terbaru Anda.

3. Keywordtool.io

Keywordtool.io bisa menjadi alternatif SEO tools gratis tapi masih belum sempurna. Jika Anda sedang mencari beberapa saran long tail keyword sesuai dengan keyword yang sedang Anda pikirkan sekarang, maka Keywordtool.io bisa menjadi sangat bermanfaat.Tools ini akan menyarankan beberapa keyword seusai dengan apa yang sedang Anda pikirkan.

keyword-tool-io

Via Truongmarketing

4. Google Analytics

Google Analytics mampu memberikan data SEO secara lengkap yang akan membantu Anda dalam memahami pengunjung website dan bagaimana cara mereka berinteraksi dengan website milik Anda. Bisa dibilang bahwa tidak ada SEO tools terbaik lainnya yang mampu menyediakan data selengkap Google Analytics.

google analytics

Via Atmire

5. Bing Webmaster Tools

Banyak orang yang melewatkan Bing Webmaster Tools (BWT) dalam meningkatkan SEO website mereka. Padahal Bing Webmaster Tools sangat bagus untuk mengetahui performa website Anda dalam search engine Bing. Selain itu Bing Webmaster juga akan menunjukkan jumlah click website berdasarkan search query yang bersumber dari Bing, insights into crawling, indexation, on-page keyword optimization dan elemen lainnya yang akan berakibat baik terhadap performa website di Google

search-keywords-bing-webmaster-tools

Via Reliablesoft

6. Google Search Console

Google Search Console dulunya dikenal sebagai Google Webmaster Tools. Sama seperti BWT milik Bing, tools ini juga mampu menyajikan data yang sama namun untuk search engine Google. Namun jika Anda menggunakan Google Search Console dan Bing Webmaster Tools sekaligus maka performa pada search engine Google dan Bing menjadi sangat baik.

searchconsole

Via Matthewbarby

7. Moz

SEO tools gratis yang terakhir adalah Moz. Namun Moz sangat cocok digunakan untuk melakukan inbound marketing dan tampilan yang dimiliki pun sangat user-friendly. Ada beberapa fitur gratis dari Moz yang mungkin sangat bermanfaat bagi Anda seperti Open Site Explorer, Followerwonk, Moz Local, Mozbar dan The SERP Overlay.

Keyword-Difficulty-SERP-Analysis-organic-juice

Via Jimdo

Beberapa SEO tools gratis di atas memang dapat membantu Anda melakukan riset keyword yang bernilai tinggi. Namun tidak bisa digunakan untuk mengetahui jumlah pencarian terhadap suatu keyword atau cost-per-click (CPC). Selain menggunakan tools gratis di atas, Anda juga bisa memakai jasa SEO di Sribulancer.


Antaresa Mayuda

Antaresa Mayuda

Copywriter, Content Marketer dan Translator. Saya memiliki latar belakang pendidikan yang sangat jauh dari dunia tulis menulis, tetapi bagi saya menulis sudah menjadi bagian hidup, saya sangat menikmatinya.

  • lasrina tambunan

    hay koko ryan. ko mau tau donk cara marketing koko. aplikasinya ya ko. aku sudah baca hampir setiap postingan koko tp ga ada aplikasi marketingnya. tq ko.

    • @lasrinatambunan:disqus : Ada beberapa cara:
      Online:
      1. via Adwords: https://adwords.google.com. Ini banyak main di keywords dan pastikan grouping-nya benar
      2. Retargeting: via google retargeting atau facebook retargeting.

      Offline:
      1. Partnership dengan sesama startup. Misalnya dengan kartunama.net :). Pastikan target market dan persona klien-nya sama.

      Ke depannya saya akan tulis lebih banyak lagi artikel yang lebih applicable ya :)