Jika para pekerja hanya dihadapkan dengan tantangan untuk bergabung dengan perusahaan yang berkompeten, sedangkan para pengusaha sukses dan bermotivasi dihadapkan dengan berbagai tantangan, mulai dari memulai usaha itu sendiri hingga mengembangkan bisnisnya dan bersaing dengan kompetitor lain.

Tentu hal itu merupakan sebuah tanda bahwa pengusaha membutuhkan usaha yang berkali lipat, karena tantangan menjadi seorang pengusaha itu lebih berat. Maka untuk menjadi pengusaha yang sukses dan bermotivasi, kita wajib memperhatikan sifat-sifat ini:

1. Bertanggung jawab

Dasar untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses dan bermotivasi adalah tanggung jawab. Meskipun banyak hal yang tidak bisa dipaksakan dalam hidup, orang yang bertanggung jawab mampu mencari jalan keluar dari sebuah permasalahan dan bersikap lebih mandiri, terlebih lagi mengetahui bahwa usaha yang dijalani akan dimulai dari bawah dan nol yang sudah tahu pasti akan melalui banyak rintangan.

resoponsible

Via Giphy

2. Mempunyai tujuan yang jelas

Di balik semua keputusan yang kita ambil, pastinya ada tujuan di baliknya. Seperti memilih menjadi seorang pengusaha, pasti ada tujuan yang jelas untuk menjadi wirausaha di balik keputusan tersebut.

Sama juga saat kita hendak memulai sebuah usaha, kita harus mempunyai tujuan yang jelas akan perusahaan yang kita jalankan. Lalu dari situ kita bisa menentukan jalan dan juga cara untuk mencapainya.

i wanna

Via Giphy

 

3. Bersedia untuk berkorban

Saat seorang pengusaha sudah mempunyai dua sifat di atas, sudah otomatis ia akan terbawa kepada sifat yang ke tiga yaitu, bersedia melakukan pengorbanan yang cukup besar.

Hal tersebut dikarenakan seorang pengusaha yang sukses dan bermotivasi adalah orang yang bertanggung jawab dan sudah memiliki tujuan yang jelas.

Tidak peduli bagaimana cara untuk mendapatkan tujuan yang telah ditentukan dan juga perjuangan yang harus dilakukan, seorang pengusaha yang sukses dan bermotivasi akan melakukan apa saja untuk mencapai tujuannya.

vision

Via Tumblr

 

4. Tetap fokus

Pengusaha yang sukses adalah orang yang selalu fokus walaupun ia mempunyai tanggung jawab lain dalam hidup, entah menjalani tugas sebagai kepala dari sebuah rumah tangga maupun memiliki tanggung jawab di sebuah perusahaan.

Semua itu penting dan tetap menjadi prioritas. Mungkin Anda tidak selalu mempunyai waktu untuk memenuhi semuanya, sehingga harus menyebar fokus dengan urusan lain.

Namun setiap kali meluangkan waktu ke usaha Anda, ingat untuk selalu fokus sehingga dapat memahami kemajuan dan juga kekurangan dari bisnis atau usaha Anda.

focus

Via Tumblr

 

5. Tuliskan Ide dan Tujan Anda

Ide yang cemerlang bisa datang tiba-tiba dalam waktu yang tidak disangka. Akuilah bahwa kita tidak bisa mengingat semua ide yang datang, terlebih lagi ide yang muncul secara spontan dan tidak terpikirkan akan sangat cepat menghilangnya.

Usahakan untuk menyimpan semua ide yang datang dan catat di sebuah buku karena menuliskan ide terbukti sangat bermanfaat. Mungkin tidak dibutuhkan pada saat sekarang, tapi suatu saat Anda akan berpikir keras, berharap ide tersebut akan muncul kembali.

Selain menuliskan ide, Anda juga harus selalu menuliskan tujuan yang ingin dicapai untuk membuat Anda selalu termotivasi.

Pada saat Anda menuliskan ide, Anda akan mendapatkan gambaran pemetaan untuk mencapai tujuan Anda. Dan juga dengan  menuliskan tujuan dapat meningkatkan motivasi Anda.

plan

Via Lovelace Media

 

6. Lakukan sekarang!

Pengusaha yang sukses dan termotivasi selalu menghargai waktu dan sadar bahwa saingannya berada di mana-mana dan selalu siap siaga.

Untuk menjadi pengusaha yang sukses, kamu juga harus menghargai waktu dengan tidak menunda -nunda peluang apapun, baik itu pekerjaan, bertemu dengan orang penting hingga yang sepele, dan menuliskan ide yang datang.

important

Via Whicdn

 

7. Tidak memikirkan jalan untuk keluar

Memang terdengar menyeramkan, namun inilah yang menjadi salah satu motivasi untuk para pengusaha sukses untuk terus berjalan ke tujuannya.

Di saat Anda tidak menyiapkan jalan keluar, di situlah fokus dan juga motivasi Anda meningkat untuk bersedia melakukan apa saja. Ini juga menjadi sebuah bukti kesetiaan para pengusaha sukses dan bermotivasi kepada usahanya.

no way out

Via Media Cache Pinimg

 

Jadi, sudah siapkah Anda untuk menjadi seorang pengusaha sukses? Berikan komentar Anda di kolom chat di bawah ini!


Neschya Hertian

Neschya Hertian

Freelance writer and fashion stylist