Mungkin beberapa dari Anda banyak yang bertanya bagaimana caranya memiliki website profesional yang gratis? Tanpa keahlian programming di bidang website development, bisakah Anda membuatnya sendiri? Sebenarnya tanpa memiliki keahlian tersebut, Anda sudah bisa memilikinya. Sekarang ini sudah banyak tersedia situs-situs yang bisa digunakan untuk membuat website gratis.

Development-Design-NEW

Via Inovies

Bahkan beberapa situs pembuatan website gratis di bawah ini tidak memerlukan pemahaman dalam hal pemrograman HTML, CSS, dan javascript. Hanya dengan melakukan drag and drop, Anda sudah bisa membuat website gratis dalam hitungan menit, lengkap dengan hosting dan domain gratis.

1. WIX

WIX adalah situs pembuatan website gratis yang paling populer. WIX sangat cocok untuk membuat website berbasis HTML5 yang sangat ramah terhadap search engine. Jika Anda menginginkan kemudahan dalam mendesain website (hanya perlu drag and drop), dan juga berbagai macam pilihan template maka WIX wajib untuk dicoba. Selain itu WIX juga memberikan hosting gratis berkapasitas 500 MB, second level domain, bandwidth hingga 1GB serta dukungan Google Anlytics.

wix

2. WebsiteBuilder

Membuat website gratis yang terlihat professional akan terasa sangat mudah jika menggunakan WebsiteBuilder. Dengan halaman editor yang sederhana, Anda dapat mengatur website dengan cara drag and drop tanpa perlu pemahaman HTML/CSS sama sekali. Situs pembuatan website gratis ini memiliki keunggulan dalam hal koleksi desain yang sangat bervariasi dan template-template yang terdiri dari beragam kategori. Bahkan WebsiteBuilder juga akan memberikan sub-domain gratis kepada Anda.

website builder

3. IM Creator

Tampilan editor drag and drop yang ditawarkan oleh IM Creator terkesan sangat intuitif. Sama seperti situs pembuatan website gratis lainnya, IM Creator menawarkan paket gratis berupa hosting sebesar 50 MB dan second level domain. Namun setiap bulannya, Anda akan mendapatkan update koleksi template yang sangat beragam. Desainnya yang sangat responsif juga membuat semua website yang dibuat melalui situs ini dapat dibuka melalui berbagai macam perangkat seperti komputer maupun mobile phone.

imcreator

4. SiteBuilder

Situs selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat website gratis adalah SiteBuilder. Situs ini menawarkan koleksi desain yang menarik dan sangat profesional untuk digunakan membuat website maupun blog. Sama seperti situs pembuatan website gratis lainnya, SiteBuilder.com juga memberikan hosting gratis dan second level domain. Namun karena gratis, maka pada bagian footer terdapat promotional banner milik SiteBuilder.

site builder

5. Sitey

Sebagai alternatif situs pembuatan website gratis, Sitey terbilang masih berumur jagung namun bisa sangat membantu Anda dalam membuat website gratis yang sangat profesional. Untuk paket gratisnya, Sitey memberikan hosting sebesar 50 MB, upload file hingga 5 MB dan bandwidth 1 GB. Jika menggunakan Sitey, Anda juga  akan mendapatkan website versi mobile dan komputer, image gallery, dan link integrasi sosial media yang sangat mudah.

sitey

6.Weebly

Situs lainnya yang masuk dalam daftar adalah Weebly. Situs pembuatan website gratis ini sudah sejak lama hadir dalam pasar website builder. Weebly juga menawarkan sub domain gratis, hosting tanpa batas, jumlah halaman tidak terbatas, dan bahkan bisa digunakan untuk membuat toko online yang sederhana.

weebly

7. Jimdo

Dibuat pada tahun 2004, Jimdo berhasil menjadi salah satu situs pembuatan website gratis yang paling terpopuler. Dengan menggunakan Jimdo, Anda bisa membuat website gratis berbasis HTML5. Salah satu kelebihannya adalah bisa digunakan untuk membuat toko online professional namun dengan jumlah produk yang terbatas.

jimdo

8. WebStarts

WebStarts menawarkan layanan gratis yang sangat standar dalam hal pembuatan website. Anda dapat membuat website gratis dengan maksimal 5 pages, hosting 10 MB yang sangat terbatas dan bandwidth 5 MB/bulan. Meskipun demikian, membuat website gratis menggunakan WebStarts tidak seresponsif situs lainnya.

webstarts

9. Moonfruit

Salah satu keunggulan dari situs pembuatan website gratis satu ini adalah kemampuannya yang secara otomatis merubah website menjadi tampilan mobile ketika diakses melalui mobile phone. Toko online yang dibuat menggunakan moonfruit juga dapat terhubung dengan facebook secara mudah. Sedangkan untuk fitur gratis lainnya tidak jauh berbeda dengan situs sejenisnya.

moonfriut

10. Webnode

Membuat website gratis untuk toko online juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan Webnode. Situs ini menawarkan bandwidth 1 GB dan hosting gratis (kapasitas 10 MB untuk toko online dan 100 MB untuk website pribadi). Dengan Webnode, Anda dapat menampilkan hingga 10 produk pada toko online yang dibuat.

webnode

11. Webs

Webs adalah situs pembuatan website gratis dengan penawaran paket yang tidak berbeda jauh dengan lainnya. Webs juga memberikan bandwidth 500MB, hosting 40MB dan toko online dengan jumlah maksimal 5 produk.

webs

12. Yola

Anda bisa membuat hingga 5 website gratis sekaligus melalui Yola. Situs pembuatan website gratis ini memberikan hosting bebas iklan, customer support yang berkualitas, statistic website dan hosting 1GB/website. Selain itu yang menarik dari Yola adalah tidak adanya banner dan pop-up iklan.

yola

13. Doomby

Doomby berbeda dengan situs pembuatan website gratis lainnya karena menawarkan jumlah halaman dan bandwidth yang tak terbatas kepada penggunanya. Selain itu hosting gratis yang ditawarkan juga mencapai 250 MB.

doomby

14. Edicy

Jika Anda ingin membuat website gratis untuk keperluan pribadi dan dilengkapi dengan kapasitas hosting gratis yang cukup besar yakni 100 MB, maka Edicy bisa menjadi pilihan yang tepat.

edicy

Melalui situs pembuatan website gratis di atas, Anda dapat membuat website gratis untuk bisnis, portofolio, blog pribadi, dan toko online secara mudah dan gratis. Namun Anda juga bisa memanfaatkan jasa pembuatan website yang ditawarkan oleh ratusan freelancer berpengalaman di Sribulancer.


Antaresa Mayuda

Antaresa Mayuda

Copywriter, Content Marketer dan Translator. Saya memiliki latar belakang pendidikan yang sangat jauh dari dunia tulis menulis, tetapi bagi saya menulis sudah menjadi bagian hidup, saya sangat menikmatinya.

  • Mohd Afri Tangilol

    terima kasih atas perkongsian yang sangat berguna ini…saya sudah banyak cuba perisian untuk buat blog tapi antara semua yang paling mudah dan senang untuk di maintain adalah wordpress…