Deny Desi Ariyanto terpilih sebagai Sribu Designer of the Month: February 2013.

Sribu.com berbincang dengan Deny, pemenang Sribu Designer of the Month – February 2013.

Hi sribuddies,

Predikat Sribu Designer of the Month selalu menjadi incaran desainer-desainer bertalenta yang bergabung dalam komunitas Sribu.com. Dan, bulan Februari 2013 ini, yang mendapat kehormatan untuk menyandang predikat tersebut adalah … Deny Desi Ariyanto! Big applause to him, yeay! 

 

Sejak pertama kali Sribu mengarahkan pandangan ke Deny, Sribu sudah tergelitik untuk mengobrol langsung dengan desainer kelahiran Solo, 23 Desember 1981 ini. Bukan apa-apa sih, Sribu cuman penasaran aja, ingin “membedah” otak kreatif di balik karya-karya desain luar biasa yang dia hasilkan.

Makanya, Sribu super excited pas memilih Deny sebagai Sribu Designer of the Month untuk bulan Februari 2013 ini. Dan, akhirnya rasa penasaran Sribu terjawab dengan bincang-bincang singkat Sribu dengan lelaki yang sekarang berdomisili di kota pelajar, Yogyakarta, ini.

Sribuddies juga penasaran kan? Makanya, simak baik-baik perbincangan kita ya. 😀

Sribu (S): Hey Deny, selamat ya kamu terpilih menjadi Sribu Designer of the Month untuk bulan Februari 2013. Boleh tolong diceritain nggak, gimana sih awal mula kamu berkenalan dengan dunia desain grafis, dan sudah sejak lama kamu terjun di bidang ini?

Deny (D): Hehehe, terima kasih ya, Sribu. Sebenarnya, saya mulai tertarik dengan dunia desain grafis sudah cukup lama, tepatnya sejak tahun 2003. Saat itu, saya baru sebatas menyukai dunia Komunikasi Visual saja, tapi saya baru mulai aktif berkarya sekitar tahun 2005. Hanya saja, pada saat itu, desain masih sekedar perangkat pembantu saja untuk melengkapi pekerjaan utama saya sebagai seorang Marketing. Barulah pada tahun 2008, Desain Komunikasi Visual perlahan-lahan mulai menjadi passion saya, sampai saat ini.

S: Wah, pasti kamu senang ya bisa menemukan passion dalam hidup, dan Sribu pun senang karena berkat passion kamu ini, kita jadi bisa berkenalan deh sekarang. Hihihi. Anyway, bicara mengenai inspirasi nih, dari mana sih biasanya kamu mendapatkan inspirasi untuk karya-karya kamu, dan bagaimana tahapan atau proses yang kamu jalani dalam mendesain?

D: Inspirasi desain bisa bersumber dari macam-macam, misalnya dari hasil browsing dan nonton film.

Sementara itu, mengenai tahapan dalam mendesain, biasanya sih tergantung dari keperluan desain itu sendiri. Misalnya, untuk desain yang tujuannya untuk digunakan sendiri (keperluan pribadi), ya saya biasanya nggak pakai proses lagi, just do it. Ibaratnya, kalau sudah timbul hasrat berkarya yang tak terbendung, ya jika memungkinkan langsung lakukan saja, nggak perlu ditahan atau ditunggu. Hehehe.

Tapi, kalau untuk desain yang tujuannya komersil, mengingat konsumen atau klien di Indonesia ini sangat unik, di mana mereka seringkali membutuhkan jasa desain, tapi belum mengetahui kebutuhan mereka sebenarnya, ya biasanya yang seringkali terjadi adalah transfer edukasi ke klien. Untuk itu, proses yang paling penting untuk dilakukan terlebih dulu adalah melakukan riset untuk mencari tahu kebutuhan klien. Selanjutnya, membuat mockup, dan baru setelah itu diskusi dengan klien sampai menjadi hasil karya yang siap di-publish. Karena, buat saya, sekedar membuat desain tanpa mengetahui dengan jelas kebutuhan, tipikal klien serta target konsumen sama saja dengan membuat sebuah karya yang sekedar indah dipandang mata saja.

S: Wow, insight yang menarik sekali. Sribu setuju banget deh! Eh ngomong-ngomong, apakah kamu memiliki jenis desain khusus yang lebih kamu sukai dibandingkan yang lain? Misalnya, desain logo, brosur, website atau yang lainnya?

D: Ya, saya lebih menyukai desain web.

S: Lalu, kalau soal style, sebenarnya style desain kamu itu lebih condong ke mana ya? Misalnya, apakah lebih dominan ke ilustrasi, kartun, surealis atau yang lainnya?

D: Jujur saja, saya belum memiliki style desain khusus sih. Hehehe.. Tapi, saya lebih menyukai desain yang memberi kesan simpel dan sederhana.

S: Oh gitu.. Nah, bisa nggak kamu cerita sedikit ke Sribu, suka duka kamu sebagai desainer apa? Mulai dari sukanya dulu deh.

D: Sukanya, tentu saja karena Desain Komunikasi Visual melalui desain grafis sudah menjadi passion saya. Jadi, of course saya sangat suka menjalaninya.

S: Kalau dukanya?

D: Dukanya, ada beberapa sih. Hehehe. Pertama, kalau pas kalah pitching, rasanya sedih juga sih, tapi alhamdulillah, tetap selalu bisa bangkit lagi . Kedua, kalau pas nggak kunjung menemukan ide padahal udah dekat dengan deadline, rasanya cukup stressful sih. Hehehe.. Yang ketiga, jujur saja, karir desain grafis saat ini masih sering dianggap hanya sebagai “tukang jahit”, hanya dianggap pelengkap, dan bisa dibayar murah. Itu yang paling bikin saya sedih sih.

S: Ih, benar banget! Sribu setuju banget sama pendapat kamu, dan Sribu pun menolak untuk menganggap desainer bertalenta sebagai “tukang jahit”, apalagi kalau kamu lihat, di Sribu pun terkumpul ribuan desainer lokal bertalenta luar biasa. Well, lanjut lagi ya. Kalau boleh memilih satu desainer grafis atau blog desain yang paling kamu suka, kamu bakalan menunjuk siapa ya?

D: Jujur ya, saya masih belum menemukan desainer grafis atau blog desain favorit sih sampai sekarang.

S: Hiks, kenapa ngga suka sama blog Sribu? Coba dong sekali-kali berkunjung ke blognya Sribu, pasti kamu jadi suka deh. Hehehe.. Okay, enough berpromosi, Sribu mau tahu dong, selain desain grafis, apa ada hobi atau interest lain yang kamu sukai?

D: Selain desain grafis, saya juga suka fotografi dan animasi 2D, serta coding programming. Soalnya, seringkali karena desakan kebutuhan pelayanan cepat yang dituntut klien, akhirnya saya sebagai desainer web harus paham programming web juga. Lagipula, saya rasa sangat penting bagi desainer untuk bisa memaksimalkan otak kirinya dengan baik.

S: Terakhir nih, Den.. Ada pesan dan saran yang ingin disampaikan ke sribuddies nggak?

D: Pesan saya cuman satu: Mari kita sama-sama bersaing dan berjuang secara “bersih” untuk menjadi the next designer for tomorrow.

S: Yeay! Sribu dukung 1.000%!!!  Terima kasih atas wawancaranya ya, Deny. Sukses buat kamu.

Nah sribuddies, cukup banyak juga ya insight yang bisa didapat dari sebuah wawancara dengan Sribu Designer of the Month – February 2013. Kalau sribuddies ingin lebih mengenal Deny secara personal, bisa nih berkunjung ke:

Facebook profile
Twitter page
Blog

Sekarang, monggo dinikmati karya-karya istimewa dari seorang Deny Desi Ariyanto.

Terkesan dengan karya-karya Deny? Jangan mau kalah dong sribuddies. Ayo pacu dirimu untuk menghasilkan karya desain yang tak kalah ciamiknya, dan segera ikutan kontes desain di Sribu.com. Belum pede? Ya udah, baca dulu deh tips-tips desain menarik yang Sribu tampilkan Facebook Fan Page Sribu, atau Twitter account kita @sribudotcom. Ditunggu ya.

Salam,
Tim Sribu
^ Sribu Designer of the Month


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G