Banyak cara yang telah tim Sribu lakukan untuk mengembangkan komunitas Sribu dan Sribulancer. Salah satunya adalah melakukan berbagai ajang dan aktivitas sebagai apresiasi untuk teman- teman freelancer yang sudah giat berkontribusi di komunitas Sribu dan Sribulancer.

Kali ini , Sribu telah memilih Yossava sebagai Freelancer of The Year -2016 dari Sribulancer. Dari Sribu sendiri, juga telah terpilih Designer of the Year 2016, yaitu ASRULLAH alias Master Iapoye. Yay!

20170207_175100

Selamat kepada Asrullah yang sudah cukup sibuk berkreasi di Sribu sepanjang tahun 2013 – 2016 sehingga pantas menyandang prestasi Designer of The Year -2016 mengalahkan ratusan freelancer lainnya.

Yuk simak perbincangan langsung dengan Asrullah – Desainer terpilih kami di tahun 2016.

Q: Selamat yah Asrullah! Gimana nih perasaannya saat mendengar kabar terpilih sebagai Sribu Designer of the year 2016? Apakah sudah ada firasat sebelumnya?
Terimakasih Sribu. Pastinya saya senang sekali dan tidak terbersit firasat sama sekali nih.

Q: Sudah sering menang kontes di Sribu yah ? Masih ingat berapa banyak kontes yang diikuti dan yang dimenangkan?
Yah, cukup banyak yang diikuti sebanyak lebih kurang 6.000 uploads dan juga sudah pernah menang sebanyak 120 kali plus 8 kali sebagai runner up. Lumayan deh. 

Q : Luar biasa, pantas sekali kalau Lapoye bertengger sebagai master #1 di Ranking Desainer Sribu . Selama tahun 2016, apa proyek atau kontes yang paling berkesan di Sribu?
Setiap kali menang kontes rasanya pasti berkesan. Tetapi salah satu kemenangan yang paling berkesan justru bukan di tahun 2016, tetapi kemenangan di kontes Sribu yang pertama kali yaitu di tahun 2013.

“Saya memilih untuk berhenti dari pekerjaan saya dan fokus untuk freelancer sampai sekarang. Alhamdulillah… :)”

Q : Itu pasti masih awal- awal bergabung yah? Boleh cerita sedikit sepak terjang Asrullah di dunia design? Bagaimana prosesnya bisa menjadi freelancer di Sribulancer?
Kenal sama dunia freelancer khususnya Sribu saya sih baru 4 tahun yg lalu. Saat itu, saya masih bekerja di salah satu perusahaan AVD di Medan. Kebetulan satu Siang saat kerjaan sedang kosong, saya iseng browsing kaskus untuk baca- baca threads.

Nah, ada 1 judul thread yang masih saya ingat sampai sekarang “Buat desainer yg mau cari uang tambahan bisa coba masuk ke link ini”. Saya sih tidak memikirkan soal uangnya, karena saya dulu berprinsip ” Mana mungkin bisa dapet duit dari internet” hehehe.  Jadi niat awal saya masuk ke Sribu hanya untuk mencari ilmu supaya bisa diterapkan di dunia kerja.

Singkat cerita, saya registrasi dan ikut beberapa kontes tanpa memikirkan sedikitpun tentang hadiahnya, murni hanya ikut- ikutan tanpa memikirkan bisa menang. Melihat hasil- hasil yang diikutsertakan sungguh bagus- bagus semua dan membuat saya semakin bersemangat. Mantap nih ilmu- ilmunya!

a610782ace
Winning design Asrullah

 

Tidak lama bergabung ( sekitar 1 minggu), saya mendapat telepon oleh staff Sribu yang mengabarkan kalau saya telah menang di kontes logo Moku. Saya sih masih tidak langsung percaya, tetapi saat membuka email ternyata benar. Saya pun menyelesaikan sesi file transfer ke klien.

Momen penarikan uang pertama juga cukup tidak terlupakan. Pembayaran Sribu selalu hanya ditransfer pada hari rabu. Saat itu, saya pun menunggu sampai Rabu malam jam 9 malam dan tidak ada uang masuk. Karena dari awal saya memang bukan mencari uang, saya berpikir “ Mana mungkin kerja sebentar dibayar 1,8 juta, ikhlaskan saja sudahlah” :), Keesokan paginya, masuk lagi email dari Sribu bahwa telah terkirim uang sebesar Rp 1,8 juta. Masih tidak yakin, saya cek langsung ke ATM dan rupanya benar.

Masih tidak yakin lagi, saya tarik uang itu dan baru saya yakin bahwa itu uang asli hasil menang dari kontes Sribu hahaha. Setelah kemenangan itu mulai muncul kemenangan- kemenangan lainnya. Sampai akhirnya, saya memilih untuk berhenti dari pekerjaan saya dan fokus untuk freelancer sampai sekarang. Alhamdulillah… :)

 

Q : Haha Asrullah ini benar- benar skeptis sekali. Senang mendengar kisah lucunya. Berarti sejak awal, kesan terhadap Sribu itu biasa saja yah? Lalu, apa kira- kira ada strategi tertentu di Sribu untuk bisa terpilih menjadi Designer of the year?
Iya, kesan awal saya pada Sribu 2013 sih biasa aja, tidak berbeda dengan website kontes lainnya. Tetapi setelah berjalan sampai sekarang, saya semakin tidak terpisahkan dari Sribu :).  Banyak kenangan saya di Sribu selama berkompetisi.

Sebenarnya tidak ada strategi khusus untuk menjadi Designer of the year. Saya tidak pernah bermimpi menjadi top rank di Sribu atau menjadi desainer terpilih. Saya hanya berprinsip untuk memberi semaksimal mungkin dan yang terbaik di setiap pekerjaan, karena bukan batu besar yg buat kita jatuh tapi krikil kecil yg buat kita tergelincir hehehe.

2466cbc403
Desain Moku oleh Asrullah

 

Q : Betul sekali, saya setuju. Boleh sharing tentang kesulitan apa saja yang dihadapi menjadi freelancer di Sribu dan kiat- kiat untuk menghadapinya?
Dari awal sampai sekarang tidak ada kesulitan yg berarti yg saya alami semua nya berjalan lancar. Alhamdulillah :)

Tidak ada kiat- kiat tertentu dari saya, hanya bekerja sungguh- sungguh, jangan pernah menyerah, terus belajar dan berdo’a.

Q : Selain reward finansial dari Sribu, apa manfaat lain yang dirasakan oleh Asrullah sebagai freelancer di Sribu?
Ilmu yg luar biasa dan  mental berkompetisi.

Q : Apa target Asrullah di tahun 2017, terutama di komunitas Sribu?
Target saya sih terus menjaga posisi saya yg sekarang dan untuk Sribu tentu saya akan terus memberikan yg terbaik.

Winning Desain oleh Asrullah
Winning Desain oleh Asrullah

 

Q : Terakhir nih, ada pesan untuk teman- teman desainer yang masih sedang mencari- cari celah menjadi designer freelance?
Pesan saya sih sederhana  saja  : Teknik dan skil desain memang sangat penting, namun yg terpenting adalah kedewasaan dan mental berkompetisi karena jika semua sudah ada, kemenangan hanya masalah waktu :)

Terimakasih Asrullah atas jawaban yang menarik dan waktu yang telah diberikan, baik untuk interview dan kreasi- kreasinya yang menjadikan Sribu sebagai komunitas freelancer desain yang semakin berwarna dan meriah.

Semoga sukses terus dan untuk teman- teman freelancer lainnya, jangan pernah menyerah dan tetap semangat yah!


Fransisca Lim

  • Nesa Mas Gunadi

    bermanfaat banget infonya gan, selamat ya gan, sukses terus

  • Iapoye Grouber

    terima kasih gan..