Sebagai salah satu komunitas online freelancer terbesar di Indonesia, Sribulancer telah berkembang menjadi sebuah wadah yang penuh dengan talenta- talenta luar biasa. Kesuksesan Sribulancer sendiri sudah pasti tidak terlepas dari andil para freelancer yang begitu giat terus berusaha mendapatkan pekerjaan dari klien dengan ketrampilan dan servis masing- masing.

Sepanjang tahun 2016, Sribulancer telah banyak menyaksikan hingga ratusan projek freelance yang berhasil diselesaikan dengan sempurna oleh freelancer- freelancer yang bergabung di komunitas online kami.

Dari sekian banyaknya freelancer yang ada, Sribulancer dengan bangga mempersembahkan penghargaan Sribulancer Freelancer of The Year -2016 kepada sahabat freelance kami yang bernama YOSSAVA!

1486868111519

 

Dengan nick Fox Dev, Yossava menawarkan jasa professional web developer, programming dan graphic designer dengan rating 4,5 dari 5 bintang tertinggi di Sribulancer. Kami berbincang- bincang langsung dengan Yossava atas prestasi yang tentunya sangat menggembirakan ini.

Q : Selamat telah terpilih sebagai Sribulancer Freelancer of The Year -2016! Bagaimana perasaannya nih atas predikat freelancer terbaik di tahun 2016?
Sebelumnya saya ingin mengucapkan terimakasih kepada Sribulancer & Team yang telah memilih saya sebagai Freelancer Of The Year -2016. Ini adalah kejutan yang menyenangkan sekali! Saya sangat senang dan bangga karena kerja keras saya diapresiasi oleh Sribulancer.

Q: Yossava pasti sangat sibuk sekali yah sepanjang tahun 2016 dengan job- job yang ada di Sribulancer. Berapa banyak pekerjaan dari Sribulancer yang telah berhasil diselesaikan selama tahun 2016 lampau?
Jumlah job yang saya kerjakan sampai saat ini adalah 41 Project.  Sebagian besar selesai sempurna, beberapa lainnya selesai namun tidak 100% dan sebagian kecil dibatalkan atau saya mengundurkan diri karena beberapa alasan.

Karena bidang yang saya tekuni adalah web programming dan web design yang mana membutuhkan kerja dan waktu yang ekstra, sehingga ada saja kondisi dimana klien atau freelancernya harus melambaikan tangan kamera, menyerah! haha. Namun begitu, ini adalah jumlah project yang besar yang saya dapatkan dari Sribulancer, sekali lagi terima kasih.

Q : Wah! Luar biasa. Masih ingat tidak proyek yang paling berkesan dari Sribulancer selama tahun 2016 ?
Project yang paling berkesan pada tahun 2016 justru bukan project yang selesai dengan cepat, malahan project super kompleks selama 4 bulan berupa website marketplace multi.

Disini, tantangannya adalah saya harus berkomunikasi dengan pihak ke-3 (web agency) dan bukan kepada pemilik website langsung (investor), sehingga proses revisinya tidak langsung, membutuhkan waktu dan deadline ketat. Itu adalah masa- masa yang cukup berat, kadang tidak tidur sampai jam 3 pagi. Tapi setelah selesai, klien memberikan 4 bintang dan saya puas sekali. Dari project ini saya mendapatkan pelajaran berharga tentang cara menghadapi tekanan, programming yang lebih efisien, dan saya menjadi sadar bahwa tidur adalah sebuah nikmat yang sangat besar.

Q: Memang buah kerja keras lebih nikmat pastinya. Boleh cerita sedikit sepak terjang Yossava di Sribulancer? Bagaimana prosesnya bisa bisa menjadi freelancer di Sribulancer?
Sebelum bergabung dengan Sribulancer, saya telah menjadi freelancer di beberapa platform freelancing internasional dan satu platform freelancing Indonesia. Pertama kali saya menemukan Sribulancer lewat mesin pencari, lalu saya mendaftar sebagai freelancer dan saya mendapati bahwa Sribulancer adalah yang paling ideal bagi saya dari segi persaingan antar freelancer dan nilai serta jumlah job yang terpasang di dalamnya, mulai saat itu saya fokus di Sribulancer.

Pada awalnya, saya mendaftar semua jenis job mulai dari copywriter, translate, design sampai programming untuk menaikan rating yang masih 0. Bahkan, saya juga membukakan job untuk klien yang berasal dari website pribadi saya. Namun semakin lama saya justru merasa jika keahlian saya yang campur-campur malah terlihat tidak fokus dan profesional, sehingga saya putuskan untuk mengambil job di bidang utama saya yaitu web design dan programming sampai saat ini. Dan seperti harapan, ini adalah langkah yang tepat untuk menumbuhkan kepercayaan klien dan membuat diri saya lebih fokus.

 

Trusted Freelancer dari Sribulancer
Trusted Freelancer dari Sribulancer

 

Q : Sejak awal Yossava bergabung, apa kesan yang didapatkan dari Sribu?
Sejak bergabung dengan Sribulancer pada tahun 2015, hal yang paling berkesan dan menyenangkan dari Sribulancer justru berasal dari support Sribulancer sendiri yang ramah, hangat dan profesional. Hampir setiap persoalan yang muncul dapat selesai dengan cepat.

Q: Kira- kira apa kesulitan- kesulitan saat awal menjadi freelancer di Sribulancer? Lalu bagaimana cara Yossava mengatasinya?
Kesulitan awal menjadi freelancer adalah persaingan review. Freelancer yang telah lama bergabung tentu memiliki lebih banyak review yang meningkatkan kepercayaan klien untuk memilih freelancer dalam projectnya. Namun, hal ini dapat diatasi dengan melampirkan portofolio dari pekerjaan saya sebelumnya, dan cara ini cukup baik untuk mendapatkan pertimbangan klien.

Manajemen waktu adalah senjata ampuh dari Yossava
Manajemen waktu adalah senjata ampuh dari Yossava

 

Q : Tentunya banyak nih teman- teman freelancer yang ingin mendapatkan kiat- kiat menjalani profesi sebagai freelancer di Sribulancer. Boleh berbagi tips pribadi?
Manajemen waktu adalah yang utama. Bagi project besar menjadi project- project yang lebih kecil dan patok target yang jelas untuk dikerjakan. Dari pengalaman pribadi, semakin rumit dan banyak project maka akan semakin sulit untuk memulainya.

Saya pernah mengambil banyak project sekaligus, dan pada akhirnya semuanya tidak berjalan baik, sampai beberapa project harus dihentikan yang berakibat pada rating yang buruk. Ambil dan fokus pada satu project pada satu waktu, jangan khawatir kehabisan project, project lain akan dikerjakan oleh freelancer lain dan project baru tetap akan datang 🙂

Sedangkan untuk menjadi Freelancer of the Year, menurut saya tidak memerlukan tips-tips khusus. Cukup kerjakan project dengan sebaik mungkin, jaga komunikasi dengan klien, dan diskusikan bersama jika ada masalah. Klien pasti akan menghargai usaha Anda dan memberikan rating yang sesuai. Menurut pengalaman saya, klien tidak selalu memberikan rating buruk walaupun ada masalah dalam pengerjaan project, selama freelancer bisa memberikan alasan dan resolusi yang logis.

Jeffrey Way dari Laracast – Salah satu programmer panutan Yossava

 

Q : Selain reward finansial dari Sribulancer, apa manfaat lain yang dirasakan oleh Yossava sebagai freelancer di Sribulancer?
Sribulancer adalah tempat mencari job dan bertemu klien yang paling Ideal. Selain itu, bersama Sribulancer saya dapat menyalurkan hobi saya di bidang design dan programming.

Q : Apa target Yossava di tahun 2017, terutama di komunitas Sribulancer?
Memiliki manajemen yang lebih baik dalam segala hal dan membangun rating yang lebih baik di Sribulancer.

Q : Terakhir, ada kesan atau pesan untuk Sribulancer dan teman- teman freelancer yang masih sedang mencari- cari celah income dari sribulancer?
Tim Sribulancer sudah cukup baik dalam tugasnya masing. Terus giat meningkatkan platform, terutama terkait dengan pesan, notifikasi, sistem milestone dan beberapa hal lain. Untuk teman-teman freelancer, terus semangat karena tiap manusia pasti memiliki kelebihan di bandingkan yang lainnya 🙂

Terimakasih Yossava atas jawaban dan waktunya. Sekali lagi, selamat atas terpilihnya sebagai Freelancer Of The year -2016 di Sribulancer dan kita tunggu terus karya- karya hebat lainnya dari kamu! Baca juga interview bersama Asrullah – Designer of The Year 2016 dari Sribu. 


Fransisca Lim