Entrepreneur

Apakah Anda selalu berpikir untuk menjadi bos?

Apakah Anda menganggur dan tidak dapat menemukan perkerjaan yang pas? Dan tiba-tiba melihat iklan tentang bekerja dari rumah?

Mungkin sudah saatnya mempertimbangkan memulai bisnis sendiri.

Tapi apa jenis bisnis baru yang akan dimulai?

Banyak survey yang menunjukkan bahwa kebanyakan orang baik dewasa maupun remaja ingin mempunyai perusahaan sendiri.

Jika Anda memang ingin memulai sebuah bisnis baru, tetapi bingung apa yang akan dijual dan strategi bisnis apa yang perlu diterapkan, jangan terlalu khawatir. Banyak orang yang bingung ketika ingin memulai sebuah bisnis, mereka belum bisa menemukan inspirasi bisnis yang tepat untuk mereka.

Berikut ini beberapa petunjuk yang dapat membantu Anda:

Keinginan Anda. Mungkin Anda termasuk orang yang beruntung karena sudah mempunyai bayangan ingin memulai bisnis apa. Tapi hanya karena punya hasrat terhadap suatu bisnis, bukan berarti itu yang terbaik untuk Anda. Misalnya, Anda mempunyai keinginan membuka sebuah restoran di pusat kota, ini akan sangat berat, penuh tantangan, dan membutuhkan modal yang besar.

Sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya, lihatlah sesuatu secara realistis.

Work-ExperiencePengalaman Anda. Terkadang hal termudah untuk berhasil transisi dari seorang pekerja menjadi pengusaha dan mendapatkan keuntungan secara nyata adalah memulai bisnis berdasarkan pekerjaan yang pernah dilakukan. Karena, Anda mungkin sudah punya daftar kontak pelanggan potensial, mengetahui pasar dan seluk beluk industri itu dengan baik, serta mempunyai daftar distributor yang tepat. Tetapi jangan terlalu terburu-buru memutuskan, bukan berarti dengan pengalaman bekerja di industri tersebut, lalu Anda bisa menyaingi kesuksesan bos Anda.

Hobi atau ketertarikan Anda. Banyak orang bermimpi mengubah hobi menjadi sebuah profesi. Terkadang memang hal itu bisa terwujud, terutama bagi seorang pensiunan yang memulai bisnis. Namun, mengubah hobi menjadi sebuah inspirasi bisnis yang besar itu memakan waktu dan akan sulit dilakukan. Ingat, itu sama saja mengubah sesuatu yang Anda sukai menjadi hal yang bisa membuat Anda stress.

Melakukan sesuatu yang dapat membahagiakan diri sendiri, belum tentu dapat membuat orang lain bahagia ataupun puas. Anda mungkin suka fotografi, tapi belum tentu Anda dapat memenuhi tuntutan pelanggan yang mempunyai berbagai keinginan yang mungkin saja tidak Anda kuasai dan justru membuat Anda tertekan.

Koneksi Anda. Kita tahu saat ini banyak orang memulai bisnis baru hanya karena mempunyai seorang kenalan yang dapat membantu kelancaran bisnis tersebut. Mungkin seorang kerabat Anda mempunyai cukup modal baik materi maupun network untuk sebuah bisnis, dan mengajak bekerjasama dengan Anda untuk bisnis baru tersebut. Strategi bisnis ini seakan mudah untuk dilakukan, karena Anda cukup menjalankan saja, dan segala sesuatunya seakan pasti lancar. Tetapi apakah Anda yakin? Selain itu, pastikan bahwa bisnis yang Anda jalankan memang cocok untuk Anda.

Keahlian Anda. Mengapa tidak melakukan suatu hal yang memang Anda ahli dibidang itu?

Ini berbeda dengan pengalaman maupun hobi. Pernahkah Anda diminta tetangga atau rekan Anda untuk membantu membuat desain poster atau memperbaiki barang mereka yang rusak? Seberapa sering hal itu terjadi pada Anda? Itu bisa menjadi inspirasi bisnis untuk Anda.

Kesempatan Anda. Lihatlah sekitar Anda. Adakah sesuatu yang hilang di lingkungan sekitar Anda? Mungkin sebuah toko, komunitas, atau profesi, yang bisa Anda sediakan? Banyak produk atau jasa yang sebenarnya masih diperlukan untuk tersedia. Mungkin sebelumnya bisnis itu ada di sekitar wilayah Anda, tapi kemudian pindah atau menghilang entah kenapa.  Inilah kesempatan Anda untuk mengambil peluang bisnis ini.

learning-to-ride-a-bike1Terus belajar seumur hidup Anda.  Benar apa yang pepatah katakan, guru terbaik adalah pengalaman, jadi untuk mendapat pelajaran tentang bisnis, mulailah bisnis. Mungkin memang diperlukan pelatihan atau pendidikan tambahan, dan pada awalnya, mungkin Anda tidak akan mendapat ilmu sebanyak mereka yang memang sudah tahu dan mengalami banyak hal tentang bisnis.

Sekali lagi, pikirkanlah matang-matang inspirasi bisnis mana yang akan Anda jalankan. Ketika sudah memutuskan bisnis baru yang akan dijalankan, jangan kaku dalam menjalankannya. Karena pasti akan ada banyak hal yang menuntut Anda fleksibel dan diluar rencana. Buatlah strategi bisnis untuk beberapa kemungkinan yang akan terjadi.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.