tidak punya uang 4

Anggaran mungkin terbatas ketika ingin memulai bisnis, tetapi itu bukan berarti kamu tidak punya pilihan. Saat ini sangatlah memungkinkan untuk memulai bisnis modal kecil. Ikuti panduan sederhana ini untuk memulai bisnis ketika kamu memiliki sedikit uang atau bahkan tidak ada uang sama sekali.

1. Buatlah sesuatu.

Ya, membuat sesuatu tidak akan menghabiskan persediaan modal awal, padahal produk tersebut bisa dijual dengan harga berkali-kali diatas biaya produksinya. Apa yang ingin kamu buat, semuanya terserah, tetapi ada beberapa tempat dimana kamu dapat menjual secara online saat ini. Seperti Lazada, Zalora, OLX, dll.

tidak punya uang 1

2. Menjual Ulang(reseller) Suatu produk.

Jika kamu tidak ingin membuat sesuatu (atau kamu merasa tidak cukup kreatif untuk membuat sesuatu), banyak pemilik usaha yang bersedia memakai jasa kamu untuk menjualkan produk-produknya. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai cara atau saluran:

  •  “Drop shipping”: Mengatur sebuah toko online dan bermitra dengan perusahaan drop-shipping yang akan melakukan semua pemenuhan pesanan untuk kamu. Platform e-commerce online “Shopify” memiliki panduan pengiriman drop besar.
  •  Toko barang bekas dan garage sale: Jika tahu di mana mencarinya, kamu dapat menemukan item di toko-toko barang bekas, toko-toko antik, pasar loak dan garage sale yang menjual secara online atau di wilayah rumah kamu.

3. Menjual jasa.

Salah satu cara untuk memulai bisnis tanpa modal atau modal kecil adalah dengan menjual jasa, bukan produk fisik. Ada berbagai macam layanan yang dapat kamu tawarkan, tergantung pada latar belakang dan minat. Beberapa akan membutuhkan gelar akademik tinggi, seperti akuntan, sementara yang lainnya memerlukan pengalaman dan pengetahuan tentang bagaimana pekerjaan itu dilakukan (seperti fotografi, memotong rambut atau bantuan pribadi lainnya).

tidak punya uang 3

 

4. Barter untuk mendapatkan apa yang kamu butuhkan.

Sayangnya, sangat sulit untuk memulai bisnis tanpa dana sama sekali. Bahkan menciptakan bisnis freelance menggunakan “Elance” dan “WordPress” atau “Wix” yang gratis akan tetap memerlukan komputer untuk bekerja dan juga internet. Namun, ada cara untuk mendapatkan perlengkapan yang kamu butuhkan untuk memulai bisnis tanpa uang. Misalnya, jika kamu membutuhkan laptop untuk digunakan, cobalah barter untuk mendapatkannya.

5. Memanfaatkan jasa murah.

Seperti disebutkan sebelumnya, kamu dapat menggunakan situs seperti “Fiverr” atau “Elance” untuk mengiklankan produk dan jasa, namun platform ini juga dapat digunakan untuk membangun perusahaan sendiri. Misalnya, banyak desainer menawarkan biaya $ 5 sampai $ 25 untuk sebuah desain logo. Urutkan berdasarkan ulasan dan melihat contoh-contoh yang ada untuk menemukan seorang desainer atau penyedia layanan yang sesuai dengan gaya kamu.

tidak punya uang 2

 

Nah, bukan mustahil kan untuk menjadi pengusaha? Berbisnis itu tidak harus dimulai oleh orang kaya, justru mereka yang memulai dari nol yang berhasil menjadi pemilik bisnis sukses. Mulailah bergerak dan jangan menyerah dengan tantangan bisnis yang nanti pasti akan muncul.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.