Tips Bisnis Kecil: Buat Perubahan Besar di Tahun 2014

Membangun sebuah bisnis tak terkecuali bisnis kecil membutuhkan lebih dari sekedar komitmen dan kerja keras. Bisnis yang baik akan ditopang oleh kekuatan dari manajemen, produk atau service yang ditawarkan serta kreativitas dan inovasi baik dari segi produk atau marketing. Bisnis kecil harus memiliki berbagai strategi kreatif dalam memasarkan produk serta menjaga kualitasnya.

Di awal tahun 2014 sebaiknya bagi para pemilik bisnis kecil memulai perubahan besar untuk mengembangkan bisnis. Perubahan besar tersebut nantinya diharapkan akan membawa bisnis anda mencapai kesuksesan. Jika anda tak membuat perubahan apa-apa baik dari segi bisnis maupun marketing maka bisnis kecil anda seiring dengan kompetisi yang semakin ketat akan mudah untuk gagal.

Berikut tips untuk bisnis kecil yang akan membuat perubahan besar di tahun 2014.

1. Target

Searching for a Niche Group - Magnifying Glass

Untuk bisnis kecil sebaiknya anda mulai memfokuskan diri pada target market. Ingat bahwa produk atau service dari bisnis kecil anda bukan untuk semua orang. Mulai segera putuskan apa yang ingin anda jual, persempit fokus anda dan mulai menata strategi dari target tersebut.

2. Be Different

 zebras-dare-to-be-different-moush

Sebuah bisnis kecil membutuhkan hal yang membedakannya dari kompetitor untuk bisa menonjol ditengah masyarakat. Bisnis kecil anda harus berbeda sehingga mampu menarik perhatian masyarakat. Berbeda disini dalam artian bisa dari segi brand maupun strategi marketing. Bisnis kecil biasanya hanya memiliki budget terbatas untuk advertising, hal ini tentunya berbeda dengan bisnis besar yang memiliki budget besar untuk itu. Solusinya hanya satu berbeda dari kompetitior anda dan stand out!

3. Build a Team

6a00d834535c6c69e20176162af457970c

Tim yang kuat dan solid merupakan aset utama bagi sebuah bisnis tak terkecuali bisnis kecil anda. sebaiknya anda tidak merekrut pegawai untuk mengisi satu posisi. Namun yang harus anda lakukan sebagai pemilik bisnis kecil adalah merekrut orang terbaik untuk menjadi bagian dari tim yang akan membangun bisnis kecil anda. berikan orang-orang terbaik yang anda rekrut kesempatan untuk maju dan mengembangkan bisnis kecil tersebut bersama-sama.

4. Be Fast

Faster_Internet-e1346361972417

Waktu merupakan hal paling berharga untuk sebuah bisnis. Anda perlu memperhatikan time managemen dengan baik sehingga customer dan pegawai merasa senang terlibat dengan bisnis kecil anda. misalnya saja waktu pengiriman barang dijadwalkan sampai hari jumat, kejutkan customer dengan mempercepatnya di kamis sore. Hal ini tak hanya mempercepat waktu anda namun membuat bisnis kecil anda lebih dipercaya dimata customer. Tentunya hal ini akan mampu membuat perubahan besar bagi bisnis anda di tahun 2013

5. Appreciate Customers and Employees

iStock_000004504396XSmall

Hal yang harus dilakukan pada bisnis kecil anda agar mampu menciptakan perubahan besar di tahun 2013 adalah dengan menghargai mereka. Anda bisa mengucapkan terima kasih pada mereka dan ini menunjukkan bahwa anda menghargai mereka. Kirimkan kartu atau parsel di hari-hari spesial untuk menunjukkan perhatian anda.

6. Be Consistent

Konsistensi merupakan hal utama yang menunjukkan kesuksesan sebuah bisnis tak terkecuali bisnis kecil. Jika di tahun sebelumnya bisnis kecil anda sering tidak menunjukkan konsistensi maka di tahun 2013 ini anda harus menunjukkan perubahan.  Setiap customer harus bisa yakin bahwa bisnis anda profesional dan konsisten pada brand yang diusungnya.

7. Sell Soft

Hard selling selalu tak menyenangkan dan terlebih lagi untuk customer. Sebagai pemilik bisnis kecil soft selling merupakan langkah yang baik untuk merebut hati customer. Perlakukan customer anda dengan baik dan jangan hanya menginginkan uang mereka. Anda harus mendengarkan dan memahami keinginan serta kebutuhan mereka sehingga nantinya mereka akan merasa bahwa anda tak hanya mengejar keuntungan semata. Ini merupakan hal yang perlu anda lakukan untuk membuat perubahan besar di tahun 2013.

8. Update your Website

Website merupakan salah satu hal paling murah dan efektif untuk menjangkau target market anda, terlebih lagi untuk bisnis kecil yang notabene belum banyak dikenal. Namun dengan ketatnya kompetisi diluar sana maka website anda membutuhkan sesuatu yang luar biasa untuk bisa dikenal. Hal yang perlu anda ubah di tahun 2014 ini adalah desain website anda. Jika terlalu biasa dan tak menarik maka anda perlu melakukan update. Tak hanya desainnya saja website anda membutuhkan content yang up to date, fresh dan selalu diupdate secara berkala. Atau Anda sedang mencari desain website berkualitas untuk bisnis Anda? Dapatkan 50+ pilihan desain websiter berkualitas dengan harga terjangkau. Lihat detailnya disini.

Siap lakukan perubahan besar di 2014 ini?


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G