8

Ketika bisnis kecil berkembang, pasti And akan merasa sangat bersemangat untuk terus menjalankannya. Namun bila sedang dalam keadaan yang kurang baik atau mengalami penurunan, pasti merasa seperti kurang bergairah dalam menjalaninya dan dalam keadaan ini motivasi tentu menjadi sangat dibutuhkan. Berikut adalah tips untuk tetap fokus pada impian Anda dan menghidupkan kembali semangat wirausaha Anda.

1.  Cari sumber pemicu Anda

Apakah ingat alasan atau orang-orang yang membuat Anda memulai bisnis Anda? Apakah itu seseorang yang Anda temui? Seminar yang Anda ikuti? Cobalah untuk mengingat dan berhubungan kembali dengan orang atau pun pengalaman itu untuk menyalakan kembali semangat kewirausahaan Anda.

2.  Tetapkan tujuan baru

Bekerja untuk mencapai tujuan bisnis adalah motivasi yang baik. Tuliskan 3-5 tujuan jangka pendek dengan tenggat waktu tertentu untuk mencapainya. Selain itu, bagi menjadi dua tujuan jangka panjang di mana tugas harus dikelola secara harian dan juga mingguan. Lihat kemajuan yang  Anda alami. Dengan setiap kemajuan, kepercayaan diri cenderung akan meningkat.

3.  Rayakan keberhasilan Anda

Tentu Anda akan merasakan kebanggaan terhadap berbagai hal yang telah berhasil Anda capai. Ingatlah kembali betapa bahagia rasanya ketika mencapai titik kejayaan dalam karir, untuk menjadi pemilik usaha kecil yang sukses, atau untuk membuat keputusan yang dapat merubah hidup Anda.

http://www.dreamstime.com/royalty-free-stock-photography-keep-going-motivation-concept-determination-handwriting-colorful-sticky-notes-image31396027

4.  Carilah inspirasi dari orang lain

Kita semua pasti punya sosok orang yang dikagumi, dan biasanya kita menganggap orang itu hebat baik secara personal maupun ketika di panggung. Mengagumi seseorang dapat menjadi  inspirasi yang akhirnya menjadi motivasi untuk kita bisa sukses seperti mereka. Semakin Anda belajar dari pengalaman orang yang dikagumi, bagaimana mereka bisa keluar dari segala hambatan dan sukses seperti saat ini, itu akan membuat Anda tahu apa yang harus dilakukan untuk sukses.

5.  Katakan “tidak” pada hal negatif

Ketika terjadi suatu peristiwa yang dapat mencegah Anda mencapai tujuan, cobalah untuk tidak jatuh ke dalam pola pikir negatif dan kehilangan motivasi. Sebaliknya, sesuaikan pikiran Anda dan cari peluang yang bisa diambil dari peristiwa ini. Penuhi pengaruh positif dalam diri Anda. Jangan dengarkan berita buruk tentang dunia bisnis, yang bisa menutupi motivasi perasaan positif. Dengarkan hal-hal yang bisa membangkitkan semangat. Hindari teman dan kolega yang memancarkan sikap dan pikiran negatif. Bergaul lah dengan orang-orang yang optimis, orang-orang ambisius yang memiliki keinginan untuk membuat impian menjadi kenyataan.

6.  Keluar dari rutinitas

Pada titik tertentu, hampir setiap pemilik usaha kecil merasa terjebak dalam lubang kegagalan. Untuk keluar dari situ, Anda harus punya motivasi kuat. Jadilah kreatif. Temukan cara baru untuk mengatasi masalah bisnis yang terjadi sehari-hari, atau lebih baik lagi, delegasikan pada karyawan yang bertanggung jawab.

7.  Ambil waktu istirahat

Mungkin yang Anda butuhkan untuk mendapatkan motivasi adalah sedikit waktu untuk berhenti. Lakukan sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan bisnis Anda, bisa dengan pergi memancing, menonton film, bermain musik, atau hal lain. Nikmati akhir pekan dengan tenang.

motivation (1)

Mungkin memang susah untuk bisa bangkit jika kita sudah jauh tenggelam dalam perasaan gagal. Tapi Anda harus bisa mengambil hikmah dari setiap peristiwa dan mencari motivasi diri agar terus bangkit kembali. Percayalah, manusia tidak diciptakan untuk terpuruk dalam kegagalan, manusia diciptakan dengan sejuta akal untuk mengatasi masalah dalam diri.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.