Dalam dunia maya tentu banyak istilah atau singkatan yang sangat asing bagi kita. Jika kita masuk ke dunia pemasaran online, maka setidaknya kita harus paham istilah penting yang sangat sering muncul, yaitu SEO. Sangat banyak orang bertanya tentang SEO, atau search engine optimization.

Dalam artikel kali ini, kita akan mengulas dalam panduan belajar SEO yang lengkap: apa itu SEO, cara kerjanya, dan faktor-faktor apa saja yang memengaruhi pencarian.

Apa itu SEO?

Ketika belajar SEO, kita harus tahu dulu apa itu SEO. Jika Anda pernah mencari sesuatu secara online, sebenarnya Anda sudah tahu lebih banyak tentang SEO dari yang Anda kira.

Pikirkan tentang cara kerjanya: Anda menuliskan kata atau frase ke dalam mesin pencari seperti Google yang menjelaskan apa yang Anda cari.

Kemudian pilih hasil pencarian yang terbaik atau paling beruna menurut Anda, dari halaman hasil pencarian yang terlihat seperti ini.

seo1

Tetapi ada beberapa “keinginan” dalam setiap hasil pencarian. Katakanlah pencarian untuk pecinta gadget, si pencari informasi ingin mendapat gadget yang sesuai dengan kebutuhannya dan dilengkapi informasi lengkap. Disisi lain, mesin pencari ingin memberi informasi yang terbaik dan berguna. Sedangkan setiap website tentang gadget ingin muncul di halaman pertama dalam hasil pencarian.

Membuat semua “keinginan” ini bisa saling bertemu adalah tugas dari SEO. SEO professional menggunakan berbagai strategi berbeda untuk membuat website muncul paling atas dari hasil pencarian dan membuatny lebih mungkin untuk di klik. Ini akan membuat website menjadi banyak dikunjungi dan tentu akan membuat lebih banyak uang yang masuk. SEO ini sering menjadi bagian dari strategi pemasaran online secara keseluruhan.

Faktor apa yang memengaruhi pencarian?

Ketika kita mengetikkan kata kunci di Google, ada banyak alamat yang kemudian muncul. Google memerhitungkan ada lebih dari 200 faktor berbeda untuk menentukan hasil tiap pencarian. Tidak ada yang tahu semua faktor, tetapi ada banyak dugaan, yang berarti ada banyak jalan berbeda untuk optimisasi.

Google-algorithms

Mari kita lihat lebih dekat pada beberapa faktor utama yang membuat Google membawa Anda pada sebuah akun pada hasil pencarian.

1.  Pertanyaan Anda

Hal pertama yang coba Google lakukan adalah memahami apa yang Anda maksud dengan permintaan itu. Ini menggunakan teknologi bernama Knowledge Graph untuk membantu lebih memahami sifat dari apa yang mungkin akan Anda cari, dan apakah itu yang akan membuat Anda puas, sebuah daftar, sebuah peta, atau lainnya.

Mereka akan berusaha keras untuk memberikan yang Anda perlukan. Seperti ketika Anda menulis “timer 30 minutes” di Google, maka akan muncul online timer.

seo2

2.  Lokasi Anda

Sebuah mesin pencari tidak hanya memerhitungkan sifat pertanyaan, tetapi juga dari mana Anda mengakses. Misalnya, ketika menulis pizza ke Google, itu akan membentuk asumsi, pencari lebih suka memiliki daftar penjual pizza di sekitar mereka daripada sejarah pizza dari Wikipedia.

seo3

Jadi bisnis lokal harus berupaya untuk memaksimalkan SEO untuk menunjukkan lokasi, bisa saja dengan mengoptimalkan halaman Google Places.

3.  Siapa yang menciptakan

Google menyukai orang-orang yang bermanfaat dengan menulis konten yang baik. Salah satu cara menyelesaikan ini adalah melalui Google Autorship, yang memberikan sebutan khusus untuk penulis yang diverifikasi melalui Google+. Anda dapat mengidentifikasi penulis yang terverifikasi dengan foto kecil di samping konten mereka pada hasil pencarian.

google-authorship

4.  Teman-teman Anda

Faktor lain adalah jaringan sosial masing-masing individu. “Social search” memungkinkan Anda untuk dengan mudah menentukan konten, seperti ulasan restoran, posting blog, foto, dan banyak lagi. Ini terbentuk dari kontak dan teman dalam lingkungan sosial Anda.

seo4

5.  Bagaimana itu dibagikan

Lebih dari sekedar menggunakan jaringan sosial pribadi Anda, mesin pencari juga menggunakan pembagian sosial sebagai sebuah sinyal untuk menentukan tingkat kualitas sebuah konten. Iini berarti tindakan sosial seperti Facebook dan Google”+1s” kemungkinan berperan dalam bagaimana Googke memilih hasil mana yang akan ditunjukkan pada Anda untuk pencarian tertentu.

the-way-we-find

6.  Perangkat Anda

Penting bagi mesin pencari untuk memahami apakah Anda menggunakan computer, tablet, atau ponsel untuk member hasil pencarian.

Pikirkan bagaimana kebutuhan Anda berubah dari satu perangkat ke perangkat lain. Pada laptop, Anda dapat mencari konten untuk dibaca di waktu luang. Pada ponsel, Anda mungkin perlu nomor telepon langsung, atau cara cepat membandingkan harga.

seo-stats

Penting memahami faktor-faktor tersebut dalam belajar SEO.

Tapi apa yang dilakukan SEO?

Belajar SEO berarti kita harus tahu apa yang dia lakukan. Jadi selain memahami dan mempelajari faktor-faktor yang memengaruhi pencarian tadi, apa yang sebenarnya dilakukan SEO?

Meskipun semua jasa SEO umumnya berbagi tujuan yang sama, yaitu untuk membantu sebuah website dapat ditemukan oleh lebih banyak orang dengan lebih mudah, namun cara mereka bisa sangat bervariasi. Tetapi kurang lebih SEO melakukan:

Optimalisasi situs

Bagian pertama dari strategi SEO yang solid berfokus pada sisi teknis dari sebuah website. Setelah Google menemukan informasi tentang sebuah website, yang sering dilakukan SEO adalah memastikan situs tersebut mudah ditemukan dan dijelajahi Google.

site-architecture-and-structure

Penelitian dan optimasi kata kunci

Kata kunci adalah kata-kata yang Anda masukkan ke mesin pencari untuk menemukan sesuatu. Jika kita kembali pada contoh pencarian oleh pecinta gadget, sebuah perusahaan gadget mungkin ingin dikenal dari kata kunci yang terkait gadget seperti “smartphone”,”Tablet”, dan “Smartwatch” sebaik merek tertentu seperti Samsung atau Apple.

Penelitian kata kunci ini berguna untuk menentukan kata kunci yang akan menjadi yang terbaik dalam menargetkan satu lokasi tertentu. Kemudian mereka memastikan situs menggunakan kata kunci tersebut cukup sering dan di tempat yang tepat dalam proses yang disebut optimasi kata kunci.

page-optimisation

Membangun Link

Sebelum mesin pencari seperti Google mempersonalisasi hasil pencarian berdasar teman dan lokasi Anda, mereka menggunakan satu elemen utama untuk mengeluarkan hal-hal yang terbaik dalam web: link.

Website yang terpercaya menghasilkan link ke situs Anda, ia akan mengirimkan sinyal ke Google bahwa Anda bergaul dengan perusahaan yang baik. Jika ini sering terjadi, Google mendapat ide dari yang Anda percaya, website berkualitas, dan membuat itu lebih disukai sehingga pencari akan melihat situs Anda.

Ini berarti SEO menghabiskan banyak waktu untuk bekerja mendapatkan link dalam proses membangun link. Taktik membangun link dapat berkisar dari hanya memnita link dengan menulis di posting tamu, atau lainnya.

link-building

Membantu membuat konten (yang membangun link)

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan link adalah dengan membuat konten yang sangat baik. Entah itu video, posting blog, sebuah alat, komik, atau sumber lainnya, konten yang baik secara alami akan menarik link karena kunjungan orang, konten dibagikan dan banyak yang membicarakannya.

cycle-of-social-and-seo

Ketika Anda meletakkan semua komponen utama dari strategi SEO bersama-sama, hal-hal itu akan terlihat seperti diagram ini.

seo-roi

Itulah tadi tips-tips dalam belajar SEO, mungkin terasa cukup rumit, tapi cobalah praktikan agar tahu bahwa sebenarnya itu cukup mudah dilakukan.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.

  • Infonya begitu menarik .semoga bisa dikupas satu persatu secara detail serta memberikan contoh 2 dalam gambar terimakasih salam sukses