Salah satu kunci sukses dalam membangun bisnis adalah dengan memperhatikan Company Branding. Alasan mengapa Company Branding itu penting adalah karena pada dasarnya branding merupakan cara untuk mendefinisikan bisnis milik Anda kepada kalayak publik.

Company Branding juga dapat menggambarkan identitas bisnis Anda, namun lebih bertujuan untuk menciptakan brand image yang baik di mata customer. Berikut ini adalah 7 hal yang perlu Anda perhatikan ketika memembangun Company Branding :


1. Awali Dengan Mendefinisikan Brand Secara Jelas

Mendefinisikan sebuah brand harus dilakukan secara benar. Sebelumnya, Anda harus melakukan review terlebih dahulu mengenai produk atau servis apa yang Anda tawarkan dan pastikan bahwa perusahaan Anda mampu menembus persaingan pasar.

Seharusnya Company Branding yang dilakukan dapat mempromosikan bisnis Anda, menjaring para pelanggan, dan juga membuat perusahaan terlihat berbeda dari kompetitor Anda.

Selain itu, branding dari sebuah produk juga bisa disertai dengan branding perusahaan, sehingga baik produk maupun perusahaan Anda dapat terdefinisi dalam waktu bersamaan.

who are you gifs
Via Wikia


2. Perhatikan Karakter dan Tampilan Brand

Layaknya manusia, brand juga memiliki karakter pribadi yang dapat meningkatkan kepercayaan, nilai, dan tujuan dari produk Anda.

Tanpa sebuah karakteristik yang jelas, brand tidak akan ada gunanya karena karakter dan tampilan brand yang Anda bangun harus dapat menggambarkan kualitas produk dan ciri khas yang membedakannya dengan produk lain.

Salah satu cara mudah membentuk karakter adalah dengan pembuatan logo yang bisa melambangkan perusahaan Anda atau dengan membangun website dengan tampilan yang sepadan.

Jika Anda merasa desain bukanlah bidang expertise Anda, gunakan jasa freelancer untuk membantu Anda mendesain website dan logo yang merepresentasikan nilai dari perusahaan Anda.

steve jobs presentation
Via All About Steve Jobs

 

3. Pertimbangkan Secara Tepat Apa Yang Akan Membuat Company Branding Berjalan Sukses

Perlu diketahui bahwa kepercayaan dan tujuan yang jelas dalam mempromosikan produk, serta dukungan pihak-pihak terkait dapat membantu Anda dalam melakukan company branding secara tepat.

Memiliki tujuan yang jelas akan membantu tim Anda untuk berjuang mencapai sebuah goal  yang jelas. Semua hal tersebut juga akan memberikan posisi yang bagus apabila Anda dapat menetapakan brand dan identitas yang sangat jelas.

we can do it gifs
Via Tumblr


4. Membangun Hubungan Jangka Panjang Dengan Customer

Jangan pernah sekalipun memberikan penawaran yang sangat menggiurkan dan ekspektasi yang terlalu tinggi jika pada akhirnya hanya menghasilkan janji palsu.

Bangunlah brand image dengan kejujuran mengenai perusahaaan dan produk atau servis yang Anda tawarkan. Company branding secara jujur akan membantu Anda membangun hubungan jangka panjang dengan customer.

customer relation
Via Miodatos


5. Konsisten Pada Apa Yang Telah Anda Sampaikan Pada Customer

Konsistensi Anda dalam mempromosikan sebuah produk juga dapat memberikan karakter tersendiri terhadap branding perusahaan Anda. Menunjukkan konsistensi dari kualitas pelayanan Anda juga akan menghasilkan hubungan timbal balik yang akan meningkatkan kepedulian dari customer terhadap brand Anda.

Oleh karena itu, penting untuk diingat bahwa menjunjung tinggi konsistensi dalam membangun company branding akan mempermudah pelanggan untuk mengingat perusahaan Anda. Mereka juga akan percaya bahwa apa yang Anda tawarkan adalah produk yang bagus dan terpercaya.

be consistent gifs
Via Purdue CCO


6. Menjadi Inovatif Itu Penting

Menembus pasar yang besar itu memang sulit. Akan ada banyak sekali produk yang serupa dengan milik Anda. Dengan memberikan inovasi-inovasi baru yang berguna, masyarakat akan menunjukkan apresiasi terhadap usaha yang telah Anda lakukan.

Mereka akan mulai menggali lebih dalam mengenai Anda dan pada akhirnya justru menjadi customer Anda.

innovation
Via Dcu


7. Tinggalkan Company Branding Tradisional

Company branding pada masa lampau dan sekarang jelas berbeda. Hargai customer Anda dengan tidak menampilkan brand Anda secara berlebihan atau dengan menempel logo perusahaan di semua tempat.

Mulai sekarang, tinggalkan cara itu dan buatlah sesuatu yang justru akan membangun rasa penasaran customer terhadap perusahaan dan produk yang Anda tawarkan.

clutter advertising
Via Stephan Dahl


Itulah 7 hal yang perlu Anda perhatikan dalam membangun Company Branding. Ketika Anda berhasil membangun sebuah brand yang cukup baik di mata customer, maka dengan sendirinya kesuksesan akan Anda dapatkan.


Antaresa Mayuda

Antaresa Mayuda

Copywriter, Content Marketer dan Translator. Saya memiliki latar belakang pendidikan yang sangat jauh dari dunia tulis menulis, tetapi bagi saya menulis sudah menjadi bagian hidup, saya sangat menikmatinya.