Semua pebisnis pasti sudah tahu, brosur adalah sarana promosi paling efektif karena harganya relatif lebih murah dibanding dengan material marketing lainnya. Saat membuat brosur, seringkali kita hanya fokus pada foto, gambar dan elemen desain lainnya.

Namun tahukah Anda, jika pesan atau informasi yang kita berikan di brosur tersebut tidak menarik, Anda akan kehilangan perhatian pembaca.

Lalu, bagaimana cara membuat brosur yang bisa mengundang ketertarikan orang banyak? Ikuti 15 tips di bawah ini untuk membuat konten brosur yang dapat mencuri perhatian calon kosumen atau klien Anda.

1. Singkat Namun Tetap Informatif

Cara membuat brosur yang pertama adalah siapkan konten dengan tulisan sesingkat mungkin namun tetap bisa membawa calon konsumen atau klien Anda pada inti informasi yang ingin Anda sampaikan.

Jika customer Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung mengarahkan mereka untuk menghubungi Anda melalui nomor telepon, alamat, e-mail ataupun website.

keep it simple

Via CarlyJBlog

2. Atur Tulisan pada Konten

Setelah Anda menentukan konten penting yang akan Anda sampaikan ke dalam brosur, cara membuat brosur selanjutnya adalah mengatur tulisan pada informasi tersebut agar lebih mudah dibaca oleh customer. Berikut adalah beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan:

  • Ukuran font
  • Gaya font
  • Poin-poin
  • Text Box
  • Infografis

flyers

Via unistock

 

3. Gunakan Judul yang Menarik

Judul adalah teks pertama yang dibaca oleh orang yang melihat brosur Anda. Judul yang bombastis dan fantastis dapat membawa emosi konsumen sehingga menarik perhatian mereka.

Cara membuat brosur dengan judul yang menarik dapat Anda mulai dengan mencari beberapa alternatif kata kunci atau menggunakan masalah yang biasa dialami oleh konsumen. Contohnya: “Ingin Menurunkan 10 kg dalam sebulan?” atau “Ingin Wajah Putih Merona Dalam 7 Hari?”

attention

Via lightspandigital

 

4. Sebutkan Benefits dari Produk Anda

Ketimbang hanya menyapu bersih seluruh bagian brosur dengan menuliskan penawaran dari produk Anda, tidak ada salahnya menyebutkan beberapa benefits atau manfaat yang bisa didapatkan oleh konsumen jika memakai produk Anda.

Cara membuat brosur dengan cara ini juga sangat efektif sehingga customer bisa mengetahui kenapa mereka harus mencoba produk yang Anda tawarkan.

advantages

Via memegenerator

 

5. Unggul dari Kompetitor

Temukan cara untuk menyampaikan kepada konsumen apa yang akan Anda berikan sehingga produk Anda adalah pilihan terbaik dibandingkan dengan produk dari kompetitor Anda.

im going to beat gif

Via GifofDerby

 

6. Periksa Ulang Kembali Tulisan Anda

Tidak hanya Anda yang harus membaca dan memeriksa ulang kembali kalimat atau tulisan yang dicantumkan dalam produk.

Mintalah 1 atau 2 orang untuk membantu Anda mengecek dan memeriksanya juga. Cara membuat brosur dengan cara ini dilakukan agar menghindari kesalahan pada penulisan atau typo yang dapat membuat brosur Anda terlihat tidak berharga.

typo meme

Via memestache

 

7. Cantumkan Call to Action

Jangan biarkan orang-orang yang berpotensial menjadi konsumen Anda, hanya membaca brosur produk Anda saja.

Cara membuat brosur dengan call to action bisa Anda lakukan dengan mencantumkan kalimat seperti “Pesan Sekarang”, “Telepon kami sekarang juga” atau “Daftarkan diri Anda di website kami”. Hal ini membuat konsumen yakin bahwa Anda ingin mereka menghubungi Anda.

call to action

Via imgflip

 

8. Tonjolkan Penawaran Spesial

Jika Anda memiliki beberapa penawaran spesial atau diskon, Anda dapat menonjolkannya pada brosur. Hal ini dapat menambah keinginan konsumen untuk segera memakai atau membeli produk yang Anda tawarkan.

9. Ketahui Audience Anda

Cara membuat brosur selanjutnya adalah lakukan riset untuk menentukan siapa saja target konsumen Anda. Brosur yang dibuat tidak sesuai dengan target Anda, jelas tidak akan efektif dan hanya akan membuang waktu, tenaga serta dana karena tidak akan tepat sasaran.

match

Via giphy

 

10. Informasi Harus Relevan

Pastikan informasi yang ada di brosur relevan, agar customer Anda mengetahui di mana perusahaan Anda berada, bagaimana cara menghubungi Anda, pelayanan atau produk apa yang Anda tawarkan dan tidak tawarkan dan informasi yang terkait dengan produk Anda lainnya.

11. Cantumkan Testimonial Pelanggan Anda

Testimonial client atau customer adalah salah satu cara membuat brosur yang efektif karena testimonial dapat menarik perhatian calon pelanggan.

Mereka cenderung mencari pendapat dan tanggapan dari customer yang pernah memakai produk yang ditawarkan, sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Pastikan testimonial tersebut ditulis dengan jelas, profesional dan fokus pada bisnis Anda.

testimonial

Via memegenerator

 

12. Letakkan Informasi Kontak Perusahaan pada Bagian Bawah Brosur

Hal terakhir yang dilihat dan dibaca oleh customer adalah nama bisnis dan kontak perusahaan Anda, informasi tersebut akan terus diingat oleh mereka.

13. Pastikan Font di Brosur Dapat Terbaca

Sudah mengeluarkan banyak pikiran, waktu dan biaya untuk membuat brosur, tetapi brosur Anda tidak dapat terbaca? Itu semua akan menjadi hal yang sia-sia.

Font paling popular yang digunakan untuk brosur adalah Times New Roman, Palatino, Georgia, Courier, Bookman dan Garamond.

Pastikan juga ukuran font pada brosur yang akan Anda buat tidak lebih kecil dari ukuran 10.

i can't read

Via giphy

 

14. “Put Yourself in Your Customer’s Shoes.”

Anda pernah mendengar ungkapan atau idiom di atas? Arti idiom tersebut adalah: Tempatkan diri Anda pada posisi pelanggan. Untuk menghindari bahasa yang terlalu memaksa pelanggan untuk membeli produk Anda, cobalah pikirkan apa yang Anda butuhkan jika Anda berada di posisi mereka.

Tuliskan secara langsung dan buatlah se-simple mungkin.

effective-business-practices-101-48-think-like-a-customer-introduction-to-empathy-38-638

Via slideshare

 

15. Gunakan Kata ‘Anda’

Cara membuat brosur yang baik adalah dengan menggunakan kata ‘Anda’ dalam menyebut nama customer di dalam brosur. Hal itu memberikan kesan bahwa Anda berbicara langsung dengan mereka. Hindari kata ‘mereka’, sebutan tersebut menunjukkan Anda berbicara pada orang yang tidak dikenal dan Anda akan mendapatkan kesan tidak profesional.

Jika Anda masih mengalami kesulitan dalam mengikuti tips-tips di atas ke dalam praktik yang efektif, Anda bisa bekerja sama dengan para freelance copywriter untuk mempermudah usaha Anda dalam melancarkan strategi membuat brosur. Sribulancer menyediakan layanan tersebut dengan para freelancer yang memiliki reputasi baik dalam pekerjaannya.

banner ads flyer


Ghina Amania

Ghina Amania

  • Vernon Brown

    Acorn Print Services was established in 1992 with the aim of serving the local market with an efficient and reliable source of print to suit everyone’s budget.
    With a customer base now covering most of the UK we still believe in our original objectives of supplying high quality, cost effective print whilst maintaining an excellent level of customer service.

    Receipt Books, NCR Pads, NCR Printing, Restaurant Order Pads, NCR Books, Receipt Pad Printing, Receipt Book Printers, NCR Books, NCR Pad Printing, NCR Book Printer